Nakamise

8 Tempat Wisata di Tokyo Wajib Kunjung di 2020

Tokyo merupakan ibu kota dari Jepang yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Kota ini menggabungkan dua hal yang bertolak belakang. Pertama perkembangan teknologi yang pesat dan situs budaya kuno yang terus dipertahankan. Dua hal ini terus berjalan secara berdampingan dan menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai metropolitan terbesar di Jepang, Tokyo menjelma menjadi pusat banyak hal. Tidak hanya ekonomi dan juga pendidikan. Kota ini juga menjadi pusat wisata yang menarik jutaan turis mancanegara untuk datang dan bersenang-senang.

Kalau Anda berniat akan menjelajahi tempat wisata di Tokyo, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dikunjungi.

Menara Tokyo

Salah satu tempat wisata di Jepang yang sangat ikonis adalah Menara Tokyo. Menara dengan gaya mirip Eiffel ini memiliki tinggi sekitar 300-an meter. Meski saat ini Menara Tokyo bukan merupakan menara tertinggi di kota, ikon dan simbolnya tidak bisa dipisahkan dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Menara Tokyo
Menara Tokyo

Menara ini bisa dikunjungi hingga lantai tertentu. Dari lantai yang sangat tinggi, Anda bisa menyaksikan pemandangan dari pusat Tokyo yang sangat menarik, modern, meski di beberapa titik masih mempertahankan seni dan budayanya. Menara Tokyo buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 waktu setempat.

Kuil Sensoji/Asakusa

Berada di kawasan Asakusa, Kuil Sensoji merupakan satu dari sederet kuil kuno paling berpengaruh di Jepang. Kuil ini sudah ada sejak ribuan tahun silam dan beberapa kali mengalami pemugaran. Saat ini Kuil Sensoji merupakan magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah di dunia karena sangat megah dan instagenic.

Ciri khas dari Kuil Sensoji adalah warnanya yang dominan merah, gapura sangat besar, dan tentu saja lampion raksasa yang menggantung. Keunikan inilah yang membuat wisatawan rela datang lebih pagi atau antre untuk mendapatkan gambar dengan latar belakang terbaik.

Shinjuku

Shinjuku adalah sebuah distrik paling ramai di Tokyo yang menjadi incaran cukup banyak pelancong. Hal menarik di kawasan Shinjuku ini ada banyak mulai dari stasiun bawah tanahnya yang megah sampai ke Monumen Hachiko yang menjadi simbol kesetiaan antara anjing dan juga pemiliknya.

Shinjuku
Shinjuku

Kawasan jalanan di Shinjuku juga merupakan pusat perbelanjaan dan juga hiburan. Anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Jepang hingga berburu aneka kuliner kaki lima yang unik. Terakhir di kawasan Shinjuku juga dikenal dengan pusatnya mode ala Jepang yang nyentrik. Anda bisa mengunjungi kawasan ini untuk membeli baju nyentrik, mengganti gaya rambut, atau sekadar menikmati pemandangan yang unik.

Akihabara

Akihabara merupakan salah satu kawasan di Tokyo yang dikenal sebagai pusat barang elektronik. Berbagai barang elektronik terbaru ada di sini dan bisa didapatkan dengan mudah. Anda bisa jalan-jalan di deretan toko kecil atau di toko retail besar kalau tidak mau tertipu dengan barang-barang palsu.

Akihabara
Akihabara

Selain menjadi pusat barang elektronik, kawasan ini juga dikenal sebagai gudangnya video game, anime, hingga merchandise. Kalau Anda suka dengan hal-hal berbau Jepang khususnya anime, musik, dan sejenisnya, Akihabara adalah tempat yang tepat untuk berbelanja sampai puas.

Taman Ueno

Taman Ueno merupakan tempat yang asyik untuk berkumpul dengan teman dan keluarga saat musim semi. Puluhan bunga sakura yang sangat besar mulai berbunga dan berguguran dan menampilkan suasana yang menarik. Anda bisa sekadar jalan-jalan, berfoto, atau piknik untuk melakukan hanami.

Taman Ueno
Taman Ueno

Meski berbentuk taman, kawasan yang berjarak 5 menit jalan kaki dari Stasiun Ueno ini juga punya fasilitas lengkap. Anda bisa datang ke dua museum bernama Tokyo National Museum dan National Museum of Western Art. Selanjutnya ada perpustakaan anak dan fasilitas publik lain yang tidak kalah menarik.

Nakamise

Hal pertama yang harus dilakukan kalau datang ke Tokyo adalah berbelanja oleh-oleh khas. Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk melakukan one stop shopping adalah Nakamise. Kawasan belanja oleh-oleh Nakamise berada tidak jauh dari Kuil Sensoji dan juga Stasiun Asakusa.

Nakamise
Nakamise

Nakamise merupakan deretan toko kuno yang masih eksis sampai sekarang. Ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibeli mulai dari gantungan kunci, kipas, mainan khas Jepang, sampai pakaian khas Jepang seperti yukata atau kimono. Saat membeli di Nakamise tanyakan harga dengan jelas dan tawarlah.

Tokyo Disneyland dan DisneySea

Salah satu daya tarik dari Tokyo yang sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara adalah Tokyo Disneyland dan DisneySea. Taman bermain dengan konsep karakter Disney ini hadir dengan konsep yang unik dan juga megah. Aneka wahana dan pertunjukan ditawarkan setiap hari untuk memuaskan wisatawan.

Tokyo Disneyland
Tokyo Disneyland

Melakukan penjelajahan di Disneyland dan DisneySea tentu tidak akan puas kalau dilakukan dalam waktu beberapa jam saja. Siapkan waktu satu hari agar penjelajahan di semua wahana bisa berjalan dengan lancar dan puas.

Kuil Meiji

Kuil Meiji merupakan kuil Shinto yang cukup besar di Tokyo dan digunakan untuk menghormati keluarga Raja Meiji dan para leluhurnya. Kuil ini selalu dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyaksikan ritual unik atau sekadar melakukan tradisi cuci tangan di Temizuya.

Kuil Meiji
Kuil Meiji

Karena kuil ini merupakan rumah ibadah yang sakral, ada aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Misal dengan membungkuk ke beberapa bangunan atau memberi salam. Demikianlah beberapa ulasan tentang tempat wisata di Tokyo yang menarik dan wajib didatangi saat ke Jepang. Dari beberapa tempat wisata ikonis di atas, kira-kira mana yang ingin Anda kunjungi?

Add comment