Sydney Opera House

8 Tempat Wisata di Sydney untuk Pengalaman Liburan Tak Terlupakan

Benar jika Anda menyebut Sydney sebagai kota paling besar di Australia. Menyandang status ibukota negara bagian New South Wales, Sydney mempunyai sekitar 4,34 juta jiwa penduduk, yang sering disebut Sydneysiders. Wisata sejarah, budaya, dan seni berpadu selaras dengan pesona alam Sydney. Maka, menjumpai tempat wisata di Sydney begitu mudah.

Berbagai aktivitas wisata bisa Anda lakukan di Sydney. Kota ini pun menjadi penyelenggara berbagai festival meriah dan terbesar Australia, termasuk Biennale of Sydney yang telah berlangsung sejak 1973.Satu hari jelas tidak cukup mengunjungi semua tempat populer di kota pelabuhan beriklim subtropis basah ini.

Namun, untuk memudahkan Anda berpetualang menjelajahi tiap sudut kota, berikut 8 rekomendasi tempat wisata di Sydneyuntuk pengalaman liburan tak terlupakan.

Sydney Opera House

Bangunan ikonis ini mustahil Anda lewatkan saat berlibur ke Sydney. Berlokasi di Macquarie Street, tepatnya di Bennelong Point, eksterior Sydney Opera House terinspirasi dari cangkang kerang dan tampak mengambang di atas permukaan air.

Sydney Opera House
Sydney Opera House

Pecinta seni pertunjukan wajib menghadiri beberapa dari sekian pertunjukan yang digelar di gedung indah ini. Mulai dari opera, teater, drama, tari, musik, balet, hingga pertunjukan sulap, bisa Anda saksikan di sini. Tentu saja jangan lupa berfoto-foto dengan latar Sydney Opera House sebagai bukti Anda sudah pernah singgah ke Sydney.

Cockatoo Island

Cockatoo Island mengajak Anda menikmati Sydney dengan cara tak biasa. Naiklah feri menuju pulau yang berada di tengah Sydney Harbour untuk menghabiskan malam di pulau kecil ini. Di mana Anda akan bermalam? Kalau Anda tidak membawa tenda sendiri, pesan saja paket kemah mewah. Bukan hanya tenda nyaman, tetapi juga tempat tidur, lampion, dan perlengkapan mandi, serta akses ke pancuran air panas.

Cockatoo Island
Cockatoo Island

Lalu, bangunlah pagi-pagi untuk menanti golden moment matahari terbit dari salah satu titik terbaik di Sydney. Nikmati pula pemandangan Sydney Harbour yang luar biasa dari pulau mungil ini. Untuk tiba di Cockatoo Island, Anda bisa naik feri dari beberapa dermaga di sekitarnya, seperti Circular Quay atau Darling Harbour.

Taronga Zoo

Penggemar satwa wajib mampir ke Taronga Zoo di Bradleys Head Road. Datanglah saat musim semi, maka Anda akan mendapatkan kehidupan sekitar 4.000 spesies hewan bersanding dengan keindahan pemandangan yang tersaji di belakangnya. Temui hewan khas Australia, kanguru dan koala, atau hewan eksotis lainnya, seperti harimau Sumatra, beruang kodiak, gorila Western Lowland, dan walabi.

Taronga Zoo
Taronga Zoo

Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan momen bersama polah lucu hewan-hewan di sini, antara lain singa laut dan penguin. Anda juga dapat menyaksikan kehebatan atraksi hewan laut selatan, pertunjukan burung yang sudah terlatih, dan pertunjukan singa laut yang cerdas.

Haymarket

Mencari kawasan bernuansa Asia di Sydney, Haymarket adalah jawabannya. Tempat wisata di Sydney ini memberi Anda deretan toko dan restoran dari negara-negara Asia. Mudah sekali menjumpai makanan khas Asia di sini, seperti makanan Korea, Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Haymarket
Haymarket

Berlokasi tidak jauh area Chinatown, di kawasan ini juga terdapat Paddys Market. Pasar ini mempunyai berbagai kios yang menjajakan makanan, cendera mata, pakaian, hingga bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Ada lebih dari 1.000 kios yang bisa Anda jelajahi sampai puas.

Bondi Beach

Sydney danĀ  Bondi Beach ibarat satu identitas yang tidak bisa dipisahkan. Belum sah ke Sydney kalau belum singgah ke pantai paling ramai di seantero Australia ini. Bukan hanya kalangan muda-mudi lokal saja, tetapi wisatawan mancanegara pun senang bersantai di Bondi Beach.

Bondi Beach
Bondi Beach

Ombak cukup tenang, pasir putih halus dan bersih, dan laut biru terhampar luas adalah tiga hal yang memikat siapa saja berlama-lama di pantai ini. Ditunjang fasilitas mumpuni seperti kafe, restoran, hotel, dan tempat hiburan di sekitarnya, Bondi Beach menjadi tujuan wisata utama Sydney selain Sydney Opera House.

Art Gallery of New South Wales

Termasuk museum paling populer di Sydney, Art Gallery of New South Wales hanya berjarak 10 menit dari pusat kota. Berdiri tahun 1897, museum ini tampil sebagai galeri seni umum terdepan dan terbesar keempat di Australia. Anda akan belajar sejarah Australia melalui berbagai koleksi seni yang ada, seperti koleksi seni Aborigin, harta karun Asia, dan karya seni megah dari Eropa.

Seni tradisional dan kontemporer begitu selaras, sehingga menghasilkan instalasi seni yang memanjakan mata. Selain itu, Art Gallery of New South Wales juga sering menyelenggarakan beragam pertunjukan, antara lain film, musik, dan pertunjukan lain. Tak heran jika galeri ini selalu dipadati wisatawan setiap tahunnya.

Sea Life Sydney Aquarium

Tempat wisata di Sydney ini cocok untuk Anda yang menyukai kehidupan bawah laut. Ada lebih dari 60 tangki dan tiga oseanarium besar di Sea Life Sydney Aquarium dengan jumlah penghuni 13.000 hewan laut dan 700 spesies. Hewan laut itu terbagi dalam beberapa zona, seperti Jurassic Seas, Shark Walk, Discovery Rockpool, dan Great Barrier Reef yang tersohor.

Mata Anda akan dimanjakan oleh tingkah laku menggemaskan penguin dan lumba-lumba tutup botol. Lihat pula betapa gagahnya ikan hiu, ikan duyung, ikan pari, dan aneka ikan laut tropis nan cantik. Serasa berada di bawah laut sungguhan!

Manly Beach

 

Pantai di sisi utara Sydney ini memang tidak seramai Bondi Beach. Namun, Manly Beach terkenal di kalangan peselancar karena gulungan ombak pantai ini cocok dipakai berselancar.

Anda tidak hobi berselancar? Tenang saja, bersantai di tepi pantai sama menyenangkan. Apalagi, Manly Beach termasuk pantai berpasir putih dengan laut berwarna biru cantik. Berenang, berjemur, bermain pasir, atau sekadar duduk santai membuat Anda seolah-olah lupa tengah berada di kota sebesar Sydney.

Itulah 8 tempat wisata di Sydney yang bisa membuat pengalaman liburan Anda tak terlupakan. Mana tempat wisata pertama yang akan Anda kunjungi?

Add comment