Taman Nabeshima Shoto

8 Tempat Wisata di Shibuya Wajib Kunjung & Sayang Untuk Dilewatkan

Berlibur ke Tokyo tidak afdal jika belum ke Shibuya. Ini adalah sebuah distrik khusus di Tokyo yang merupakan pusat bisnis dan komersial. Salah satu ikon kota ini adalah Persimpangan Scramble, yaitu penyeberangan jalan yang sangat ramai dan padat. Ribuan pejalan kaki akan tampak menyeberang secara bersamaan ketika lampu hijau menyala. Pemandangan unik ini menjadi salah satu daya tarik Shibuya.

Selain itu, ada sejumlah tempat wisata di Shibuya yang wajib dikunjungi. Sebagian besar di antaranya merupakan wisata belanja dan wisata sejarah. Jika Anda berencana untuk berlibur ke kota ini dalam waktu dekat, simak terlebih dahulu daftar destinasi berikut ini.

Meiji Shrine

Meiji Shrine adalah sebuah kuil Shinto yang terletak di wilayah Shibuya. Kuil ini didedikasikan untuk roh-roh suci Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shoken. Meskipun demikian, di dalam kuil tidak terdapat makam Kaisar.

Pembangunan kuil dimulai pada 1915 dengan gaya nagare-zukuri ala tradisional. Bahan utamanya adalah cemara dan tembaga Jepang. Bangunan asli kuil sebenarnya telah hancur karena serangan udara pada masa Perang Dunia II. Namun, berkat penggalangan dana publik, kuil ini dibangun kembali dan selesai pada 1958.

Meiji Shrine
Meiji Shrine

Bagi masyarakat Jepang, Meiji Shrine adalah tempat yang paling populer untuk melaksanakan Hatsum┼Źde. Hatsum┼Źde adalah persiapan ibadat tahun baru yang dilakukan di kuil Shinto. Nah, sebagai salah satu landmark spiritual terkenal di Shibuya, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Meiji Shrine.

Persimpangan Scramble

Wisatawan yang berkunjung ke Persimpangan Scramble pasti akan terheran-heran dengan suasana jalanan yang sangat padat. Persimpangan ini dilewati oleh lebih dari 500.000 orang tiap hari. Dalam satu kali lampu hijau, para pejalan kaki yang menyeberang bisa mencapai 3.000 orang.

Persimpangan Scramble
Persimpangan Scramble

Persimpangan Scramble sangat unik. Pada suatu waktu, seluruh kendaraan akan dihentikan dan para pejalan kaki menyeberang dari 4 arah. Pemandangan ini sangat menarik sehingga membuat Persimpangan Scramble menjadi destinasi para turis asing yang datang ke Jepang.

Center Gai

Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Center Gai, sekitar 300 meter dari Persimpangan Scramble. Center Gai (Senta Gai) adalah kawasan pertokoan ramai sepanjang 300 meter dari QFRONT hingga Tokyo Department Store. Di kawasan ini berjejer restoran, toko yang menjual berbagai barang seperti fesyen maupun aksesori, hingga tempat karaoke. Ada pula banyak kafe tempat nongkrong anak muda.

Center Gai
Center Gai

Nah, bagi Anda yang ingin berburu barang-barang produk Jepang, datanglah ke kawasan Center Gai pada pukul 10.00 atau 11.00 pagi. Anda tidak akan menyesal karena tempat ini sangat lengkap.

Shibuya Niku Yokocho

Objek wisata selanjutnya yang bisa Anda datangi di Shibuya adalah Shibuya Niku Yokocho. Ini adalah sebuah theme park dengan tema daging. Ada sekitar 17 kedai yang berada di dalam kawasan Shibuya Niku Yokocho, mulai dari kedai yakitori, bistro, shabu-shabu, hingga masakan Thailand.

Destinasi wisata ini terletak di 13-8 Chitose Kaikan, Udagawa-cho, Shibuya-ku. Dengan berkunjung ke Shibuya Niku Yokocho, Anda bisa mencicipi berbagai jenis olahan daging.

Kokugakuin University Museum

Tempat wisata di Shibuya yang cocok bagi penyuka arkeologi adalah Kokugakuin University Museum. Di museum ini, Anda bisa mendapatkan pengetahuan lengkap tentang sejarah Jepang dan kehidupan masyarakat di Jepang pada masa lampau. Anda juga bisa mengenal lebih dalam sejarah spiritual Jepang seperti Shinto dengan berkunjung ke tempat ini.

Kokugakuin University Museum
Kokugakuin University Museum

6Museum Seni Toguri

Museum Seni Toguri adalah sebuah museum yang berisi koleksi keramik milik seorang pengusaha. Jumlah koleksinya mencapai 7.000 keramik. Ada beragam jenis keramik yang tersimpan di Museum Seni Toguri, antara lain keramik Imari Jepang, keramik yang diwariskan dari Cina, dan keramik Semenanjung Korea.

Anda juga bisa membeli keramik dari toko yang berada di dalam kawasan Museum Seni Toguri ini. Lokasinya adalah di 1-11-3, Shoto, Shibuya-ku. Dari Stasiun Shibuya, jaraknya hanya sekitar 15 menit. Jam operasional Museum Seni Toguri adalah pukul 10.00 pagi hingga 05.00 sore tiap hari.

Museum Seni Yamatane

Salah satu museum terkenal di Shibuya adalah Museum Seni Yamatane. Isi museum ini khusus untuk menyimpan lukisan-lukisan Jepang. Pada waktu tertentu, pameran koleksi museum diselenggarakan di Museum Seni Yamatane. Bukan hanya lukisan penulis kenamaan dari Jepang, properti budaya juga kerap dipamerkan di acara ini.

Museum Seni Yamatane didirikan pada 1966 oleh Taneji Yamazaki. Tiap tahun, museum ini biasanya menyelenggarakan 5-6 pameran. Koleksi di dalamnya adalah lukisan setelah era Meiji. Ada pula koleksi lukisan minyak, Ukiyoe, dan kaligrafi Jepang kuno. Museum ini terletak di 3-12-36 Hiroo, Shibuya-ku. Anda bisa berkunjung mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.

Taman Nabeshima Shoto

Anda juga bisa mengunjungi Taman Nabeshima Shoto yang merupakan sebuah taman langka di Shibuya. Taman ini dilengkapi dengan air mancur yang mengalir secara alami. Suasana di tempat ini sangat hijau dan asri sehingga cocok menjadi tempat untuk bersantai.

Taman Nabeshima Shoto
Taman Nabeshima Shoto

Pada musim semi, Taman Nabeshima Shoto akan menawarkan pemandangan yang sangat cantik. Bunga-bunga sakura bersemi indah. Di sekitar kolam air mancur, tersedia jalur khusus untuk berjalan-jalan bagi para pengunjung. Bagi Anda yang tertarik untuk melihat langsung keindahan tempat ini, datanglah ke 2 Chome 10-7 Shoto, Shibuya-ku.

Nah, inilah beberapa tempat wisata di Shibuya yang sayang untuk dilewatkan. Segera rencanakan liburan ke Jepang dan nikmati keseruan berlibur di berbagai tempat wisata menarik ini.

Add comment