Menara Tsutenkaku

8 Tempat Wisata di Osaka, Kota Pelabuhan dan Perdagangan Jepang

Salah satu kota tujuan wisata paling populer di Jepang dan lebih rival dari Kyoto dan Tokyo adalah Osaka. Kota ini berada di sekitar pelabuhan terbesar di Jepang dan menjadi pusat perdagangan. Selain arus keluar-masuk barang, Osaka juga dikenal sebagai pusatnya kuliner, bangunan modern, taman, dan tempat bersejarah lainnya.

Setiap tahun ada jutaan orang datang ke Jepang, khususnya Osaka, untuk menikmati perjalanan wisata yang menarik. Kalau Anda berniat melakukan perjalanan ke Jepang dalam waktu dekat, masukkan beberapa tempat wisata di Osaka ini sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi.

Dotonbori

Salah satu destinasi wisata di Osaka yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Dotonbori. Sudut kota yang selalu meriah dengan spanduk dan neon box ini selalu diincar oleh wisatawan. Mereka datang ke sini untuk menikmati suasana yang khas atau berburu foto di beberapa tempat yang instagenic.

Dotonbori
Dotonbori

Selain menjadi ikon Osaka yang sangat terkenal dengan neon box warna-warni, kawasan Dotonbori juga menawarkan banyak hal menarik. Ada pusat wisata belanja dengan harga barang cukup terjangkau sampai pusat wisata kuliner khususnya street food yang mengisi lorong-lorong gang di sepanjang Dotonbori.

Kastil Osaka

Melakukan penjelajahan ke Osaka tidak akan lengkap kalau Anda belum datang ke Kastil Osaka. Kastil yang dibangun pada abad ke-16 ini dikenal sangat megah dan mewah. Kastil ini dibangun pertama kali oleh Toyotomi Hideyoshi. Sayangnya saat awal abad ke-17 kastil ini harus dihancurkan karena Toyotomi Hideyoshi kalah perang.

Total ada sekitar 2 kali penghancuran kastil dan pembangunan kembali menjadi seperti sekarang. Saat ini Pemerintah Jepang sangat melindungi Kastil Osaka sebagai salah satu warisan budaya dan dibuka menjadi objek wisata paling ikonis di Osaka.

Kastil Osaka

Anda bisa datang ke Kastil Osaka kapan saja. Namun, akan lebih baik kalau datang saat musim semi sekitar bulan April. Saat musim semi, bunga sakura di sekitar kastil akan mekar dan pemandangan yang ditawarkan jadi lebih mengesankan serta wajib diabaikan dengan kamera.

Menara Tsutenkaku

Selain kawasan jalan Dotonbori, Osaka juga memiliki satu ikon yang selalu menarik untuk diabadikan. Ikon itu adalah menara Tsutenkaku. Menara yang memiliki tinggi sekitar 100 meter ini menjulang tinggi sejak tahun 1912 sampai sekarang dan menjadi petunjuk cuaca di Osaka.

Menara Tsutenkaku
Menara Tsutenkaku

Setiap malam tower ini akan menyala dari bawah ke atas. Warna lampunya bermacam-macam dan umumnya sesuai dengan musim atau promosi. Selain itu warna di puncak menara sering digunakan untuk penunjuk cuaca, misal warna yang muncul adalah biru, esok hari kemungkinan besar akan hujan.

Kuil Hozenji

Kuil Hozenji sebenarnya bukan kuil besar di kawasan Osaka. Namun, keunikannya dibandingkan kuil lain membuat wisatawan datang ke sini untuk mencari keberuntungan. Di dalam kuil terdapat sebuah patung Buddha yang sudah berlumut. Patung inilah yang menjadi simbol keberuntungan kalau Anda menyiramnya dengan air.

Kuil Hozenji
Kuil Hozenji

Selain patung Buddha, ada hal menarik lain yang bisa ditemukan di sekitar Kuil Hozenji. Anda bisa mendapatkan suasana menarik di sepanjang lorong-lorong dengan bangunan khas Jepang Kuno. Kawasan ini cocok untuk bersantai dan berburu kuliner lokal seperti okonomiyaki dan teppanyaki.

Shinsaibashi

Puas melakukan penjelajahan dan ingin melakukan wisata belanja sampai puas, ada baiknya untuk datang ke Shinsaibashi. Kawasan ini dikenal sebagai shopping arcade. Ada banyak sekali pusat belanja seperti barang elektronik, pakaian, sampai makanan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Shinsaibashi
Shinsaibashi

Setiap hari Shinsaibashi selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai wilayah di Jepang dan mancanegara. Semuanya datang untuk membeli barang-barang unik, menawar, atau hanya sekadar jalan-jalan untuk menikmati atmosfer yang sangat menarik.

Pasar Kuromon Shiba

Punya waktu sehari untuk menikmati wisata kuliner sampai puas, coba datang ke Pasar Kuromon Shiba. Ada banyak sekali kios yang menawarkan aneka makanan khas Jepang seperti olahan daging sampai aneka makanan segar seperti seafood untuk sashimi sampai sushi.

Pasar Kuromon Shiba

Pasar ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai malam. Umumnya pedagang akan buka sejak siang dan puncaknya di malam hari. Kalau datang ke pasar ada baiknya untuk tidak makan dahulu karena aneka makanan khas Jepang akan membuat Anda kalap untuk mencoba semuanya.

Universal Studio Jepang

Selain Disneyland, Jepang juga masih memiliki theme park megah bernama Universal Studio. Taman bermain yang berada di Osaka ini berisi wahana dengan tema film yang diproduksi Universal Studio seperti Harry Potter. Kastil di dalam film dibangun lengkap dengan isi dan pernak-pernik dunia sihir.

Universal Studio Jepang

Dibuka pertama kali pada tahun 2001, Universal Studio Jepang menyedot jutaan orang setiap tahunnya. Total ada sekitar 10 juta orang dari seluruh dunia datang ke sini untuk menikmati keseruan wahana yang mirip sekali dengan film.

Taman Tennoji

Osaka juga dikenal dengan taman dan ruang terbuka hijaunya yang sangat luas. Salah satu taman itu adalah Taman Tennoji. Taman ini memiliki ribuan pohon termasuk sakura yang akan mekar saat musim semi dan jadi tujuan hanami.

Taman Tennoji
Taman Tennoji

Pengelola juga menyediakan kebun binatang selain taman yang unik. Ada puluhan koleksi dewan yang dipelihara untuk memberikan edukasi pada semua orang khususnya anak-anak. Selain delapan tempat wisata di Osaka yang tersaji di atas, ada banyak destinasi lain yang bisa Anda kunjungi saat bertandang ke Jepang. Selamat merencanakan liburan ke Jepang, buat rencana perjalanan terbaik agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Add comment