Hampton Court Palace

7 Tempat Wisata di London yang Bernilai Historis Tinggi dan Tak Pernah Sepi Pengunjung

Banyak orang yang beranggapan bahwa kota paling populer di Eropa adalah Roma di Italia atau Paris di Prancis. Namun, fakta di lapangan ternyata mengungkapkan hal yang berbeda. Dalam beberapa tahun terakhir, para wisatawan ternyata lebih tertarik menjelajahi tempat wisata di London. Tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota London mencapai angka 19,83 juta. Sementara itu, Paris dan Roma mencatatkan angka kunjungan masing-masing sebanyak 15,93 juta dan 9,6 juta.

Fakta ini memang sangat mengejutkan. Namun, kalau Anda menelusuri keindahan Kota London lebih jauh, kota ini memang layak disebut sebagai kota wisata terpopuler di Eropa. Apalagi, London memiliki berbagai destinasi dengan nilai historis tinggi. Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi pesona Kota London, berikut ini 7 destinasi wisata yang wajib dikunjungi:

Buckingham Palace

Buckingham Palace atau Istana Buckingham menjadi tempat wisata di London yang hampir tak pernah sepi pengunjung. Buckingham Palace dikenal sebagai istana yang menjadi kediaman resmi dari Ratu Inggris. Tempat ini pun sering dipakai sebagai lokasi penerimaan tamu penting serta berbagai acara kenegaraan. Di samping itu, Buckingham Palace juga menjadi destinasi wajib para wisatawan di London.

Buckingham Palace
Buckingham Palace

Pada awal pendiriannya di tahun 1703, Istana Buckingham merupakan bangunan yang berfungsi sebagai balai kota. Namun, King George III kemudian mengambil alih bangunan tersebut dan menjadikannya sebagai kediaman pribadi dan dikenal dengan nama “The Queen’s House”. Baru pada tahun 1837, bangunan ini dipakai sebagai kediaman resmi keluarga kerajaan.

Big Ben

Big Ben menjadi wajah dari Kota London selanjutnya. Banyak orang yang menganggap Big Ben adalah bangunan menara yang disertai dengan jam raksasa di bagian atas. Padahal, nama Big Ben sebenarnya hanya ditujukan pada lonceng raksasa yang ada di dalam menara. Sebelum tahun 2012, nama menara ini adalah Clock Tower. Lalu, nama itu diubah menjadi Menara Elizabeth atau Elizabeth Tower pada tahun 2012 sebagai peringatan 60 koronasi Ratu Elizabeth II.

Big Ben
Big Ben

Menara Elizabeth memiliki ketinggian mencapai 96 meter dan telah berdiri sejak tanggal 31 Mei 1859. Di dalam menara ini, Anda dapat menjumpai keberadaan 5 lonceng jam raksasa yang berbobot mencapai 13,7 ton. Lonceng jam ini juga mempunyai ukuran sangat besar, dengan tinggi mencapai 2 meter dan diameter lebih dari 2,5 meter. Selain itu, menara ini juga memiliki total sebanyak 334 anak tangga yang dipakai untuk menuju ke bagian puncaknya.

Tower of London

Ada pula destinasi populer berikutnya, dikenal dengan nama Tower of London. Bangunan ini adalah sebuah istana yang dibangun oleh Raja William I pada tahun 1078. Sejak awal pendiriannya, Tower of London menjadi bangunan yang penting. Siapapun yang menguasai Tower of London, berarti telah berhasil menjadi penguasa Negara Inggris. Tak heran kalau bangunan ini sering menjadi target penyerangan.

Tower of London
Tower of London

Lokasi Tower of London juga sangat strategis, berada di sebelah utara dari Sungai Thames. Dalam perjalanan sejarah, Tower of London memiliki fungsi yang beragam. Bangunan ini pernah menjadi lokasi penyimpanan barang harga keluarga kerajaan. Bangunan ini juga dikenal sebagai tempat penyimpanan Crown Jewel of England. Selain itu, Tower of London pernah pula digunakan sebagai lokasi koronasi raja.

Westminster Abbey

Keberadaan Westminster Abbey juga tak bisa dilewatkan selama berada di Kota London. Bangunan ini merupakan sebuah gereja bersejarah yang berstatus sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Gereja yang memiliki desain arsitektur bergaya gothic ini bisa Anda temukan berada di sebelah Palace of Westminster dan dikenal sebagai lokasi penobatan sekaligus pemakaman raja dan ratu Inggris.

Westminster Abbey
Westminster Abbey

Westminster Abbey merupakan bangunan yang memiliki sejarah panjang. Gereja ini telah berdiri sejak tahun 960 dan mengalami berulang kali pemugaran serta penambahan bangunan. Hanya saja, bangunan ini mulai digunakan sebagai lokasi koronasi raja dan ratu Inggris sejak tahun 1066. Sementara itu, bangunan gereja yang saat ini berdiri, dibangun oleh Raja Henry III pada tahun 1245 dan kemudian diperluas pada rentang antara 153 sampai 1512.

Hampton Court Palace

Anda bisa pula memilih berkunjung ke Hampton Court Palace, istana bersejarah yang berdiri sejak tahun 1514. Raja William III sempat melakukan renovasi besar-besaran pada bangunan istana ini, dengan maksud agar kemegahan Hampton Court Palace dapat menyaingi Istana Versailles di Paris. Hanya saja, proyek renovasi tersebut dihentikan di tengah jalan.

Hampton Court Palace
Hampton Court Palace

Istana juga dikenal sebagai satu dari dua bangunan istana peninggalan Raja Henry VIII yang masih terjaga dengan baik. Sejak abad ke 18, Hampton Court Palace tidak lagi digunakan sebagai kediaman bangsawan. Sebagai gantinya, istana ini difungsikan sebagai destinasi wisata dan kerap menjadi lokasi pengambilan film. Di sini, wisatawan juga berkesempatan mencicipi sajian dari Privy Kitchen yang dulu dikenal sebagai dapur pribadi Ratu Elizabeth I.

Katedral Santo Paulus

Bangunan bersejarah di Inggris yang populer berikutnya adalah Katedral Santo Paulus. Keberadaannya berfungsi sebagai gereja induk Keuskupan London. Sebagai bangunan yang penting, Katedral Santo Paulus memiliki desain arsitektur megah, dan sempat dikenal sebagai bangunan tertinggi di london pada rentang 1710-1962.

Bangunan gereja ini memang sangat tinggi, dengan ketinggian kubah mencapai 111 meter. Kubah yang ada di gereja ini menjadikannya sebagai salah satu bangunan dengan kubah paling tinggi sedunia. Selain itu, Katedral Santo Paulus yang dibangun pada tahun 604 ini juga memiliki reputasi sebagai gereja terbesar kedua di seantero Inggris sesudah Katedral Liverpool.

The London Eye

Berbeda dengan tempat-tempat wisata di London yang telah disebutkan, London Eye bukanlah destinasi bersejarah. Tempat ini dikenal sebagai roda pengamatan terbesar dengan ketinggian mencapai 135 meter, pertama kali dibuka pada tahun 1999. Setiap tahun, setidaknya ada lebih dari 3,75 juta wisatawan yang datang ke tempat ini.

London Eye dikenal sebagai lokasi terbaik menyaksikan pemandangan Kota London. Di sini, Anda bisa menemukan keberadaan 32 unit kapsul pengamatan. London Eye juga dapat berputar selayaknya wahana permainan bianglala. Untuk menyelesaikan satu kali putaran, London Eye membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Dengan begitu banyaknya destinasi wisata sejarah, tak heran kalau London dikenal sebagai kota terpopuler di Eropa, kan?

Add comment