Cinque Terre

5 Tempat Wisata Keren di Italia yang Menarik untuk Dieksplorasi

Italia adalah sebuah negara yang memiliki perpaduan sempurna antara pesona alam yang indah,  peninggalan sejarah, serta kuliner khas yang menggugah selera. Tidak heran jika negeri ini menjadi tujuan favorit  turis mancanegara setiap tahunnya.

Beberapa tempat wisata di Italia sangat menarik untuk dieksplorasi karena menyajikan banyak kekhasan yang tak bisa ditemui di tempat lain. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat keren di Italia yang menarik dan wajib Anda jelajahi.

Venesia

Venesia dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Italia yang menjadi favorit turis mancanegara.Para pengunjung di tempat ini bisa menikmati asyiknya naik gondola di atas sungai dengan suasana yang romantis.

Venesia begitu populer di mata para pelancong, kota ini bahkan dikunjungi oleh hampir 30 juta turis setiap tahunnya.Namun, Anda sebaiknya datang di saat yang tepat, yaitusaat air sungai tidak mengering (biasanya dangkal & berlumpur) ataumeluap dan banjir di musim hujan.

Venesia
Venesia

Tak hanya naik perahu gondola di Grand Canal, di Venesia Anda juga bisa memberi makan burung merpati secara langsung, atau sekadar menikmati pemandangan kota yang cantik dan klasik dari ketinggian. Kalau kebetulan Anda melakukan solo traveling, bersiaplah untuk baper. Pasalnya, kota romantis ini banyak didatangi oleh pasangan kekasih dari berbagai penjuru dunia.

Turin

Barangkali masih banyak yang belum mengenal Kota Turin,Berlokasi tidak jauh dari perbatasan Italia dan Prancis,kota ini menjadimarkas klub sepakbola terbesar di italia,Juventus. Namun, tidak hanya terkait sepak bola,sejumlah objek wisata di kota inijuga tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Turin
Turin

Turin dahulu merupakan ibu kota pertama Italia, saat kerajaan Italia dibangun pertama kali pada tahun 1861. Kota ini berperan di era Kerajaan Italia karena telah melahirkan nama-nama besar pada zamannya. Para wisatawan hingga kinijuga masih bisa menikmati gedung model barok peninggalanabad pertengahan yang megah.

Di bidang kuliner, Turin menjadi surganya para pencinta cokelat. Varian cokelat dengan hazelnut yang melimpah,yang banyak diproduksi di kawasan Piemonte ini tenar hingga ke pelosok dunia. Turin juga memiliki restoran terbanyak di dunia, termasuk beberapa restoran bersejarah.  Tiga di antaranya bisa ditemukan di Piazza San Carlo.

Sementara untuk wisata sejarah, di kota ini terdapat Museum Mesir  yang menyimpan koleksi mumi orisinal dari Mesir.Museum ini merupakan yang terbesar kedua setelah museum di Kairo. Sedangkan untuk menyaksikan keindahan Kota Turin dari ketinggian, Mole Antonelliana yang merupakan ikon kota ini menjadi tempat yang tepat untuk disambangi.

Bergamo

Meski belum banyak dikenal oleh turis mancanegara, Kota Bergamo bisa dikatakan sebagai sebuah surga wisatadiItalia bagian utara. Kota tua yang berdiri sejak tahun 49 SM ini dibagi menjadi dua, yaitu La Città Alta (kota atas) dan La Città Bassa (kota bawah).

Bergamo
Bergamo

Di La Città Alta, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan dari ketinggian. Suasana sejuk bisa Anda nikmati di sekitar Piazza Vecchia, Cattedrale di Bergamo e Battistero, dan Basilica di Santa Maria Maggiore Baptistry.

Piazza Vecchia ini merupakan titik pusat kota tua otentik yang dikelilingi oleh perhiasan arsitektur Italia di zaman pertengahan. Sementara Bassa atau kota bagian bawah lebih banyak didominasi gedung dan perumahan yang lebih modern dengan pusat pertokoan Via 20 Settembre.

Florensia

Kota Firenze atau dalam bahasa Inggrisnya Florence merupakan  markas klub sepakbola Fiorentina. Firenze merupakan sebuah kota kecil sehingga mudah untuk dijelajahi. Spot terkenal di kota ini, The Duomo, adalah sebuah gereja Cattedrale di Santa Maria del Fiore. Gereja ini memiliki kubah raksasa dengan fasad yang mengagumkan sehingga menjadi landmark kota Firenze.

Kota Firenze
Kota Firenze

Di depan gereja ini terdapat Piazza San Giovanni, tempat burung-burung merpati berkumpul menunggu makanan. Sementara, Piazza della Signoria menjadi sebuah alun-alun  luas yang banyak dikunjungi para turis. Di area ini juga terdapat Palazzo Vecchio, Galleria Uffizi, dan Museo di Storia della scienza.

Tak jauh dari Galerria Uffizi, terdapat sungai Fiume Arno yang membelah kota Florence. Salah satu jembatan paling terkenal bernama Ponte Vecchio menjadi tempat berjualan dan tempat orang Italia berpacaran.Masih di kawasan ini, para turis bisa melakukan window shopping di deretan butik seperti Salvatore Ferragamo dan Burberry.

Cinque Terre

Cinque Terre merupakan tempatwisatadiItalia berupa desa cantik yang berlokasi di tepi laut mediterania.Kini, kawasan ini mulai banyak dikunjungi oleh para turis.Cinque Terre, terdiri dari 5 desa yaitu Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza, dan Monterosso al Mare

Cinque Terre
Cinque Terre

Kelima desa ini memiliki keunikan masing-masing.Riomaggiore menjadi desa yang paling besar di Cinque Terre. Desa ini dipenuhi rumah berwarna-warni di kedua sisi jalan utama, lengkapdengan pelabuhan kecil di bawahnya.

Desa Manarola yang dikelilingi perkebunan anggur dan terletak di sepanjang sungai menjadi desa paling menawan dan tertua di Cinque Terre. Wajar bila desa ini pernah menjadi lokasi pembuatan Wine Sciacchetrà yang berkualitas tinggi.

Manarola dan desa sekitarnya menjadi sangat populer, terutama di musim panas. Sementara Desa Corniglia merupakan desa yang paling tenang karena terletak diatas bukit dan dikelilingi oleh perkebunan wine. Desa ini tidak memiliki akses ke laut secara langsung.

Desa Vernazza yang merupakan penghasil minyak zaitun terbaik di dunia,  menjadi satu-satunya desa yang memiliki pelabuhan alami di Cinque Terre. Pelabuhan ini didominasi warna pastel serta memiliki restoran, bar, dan piazza yang cantik.Adapun Monterosso al Mare merupakan desa paling sederhana, terletak di tengah teluk kecil,dan dilindungi oleh karang buatan.

Nah, itulah ke-5 tempatwisatadiItalia yang menarik untuk dieksplorasi. Kira-kira, mana tempat yang akan Anda pilih di antara kelimanya saat berkunjung ke Italia?

Add comment