Otaru

5 Kota Yang Menawarkan Keindahan Tempat Wisata di Hokkaido

Jepang tak pernah gagal untuk menyenangkan hati para wisatawan yang datang ke negara ini. Bahkan ada istilah Golden Route untuk menunjukkan 3 kawasan di Jepang yang sangat sering didatangi wisatawan. Kawasan tersebut adalah Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Para pengunjung yang baru pertama kali ke Negeri Matahari Terbit biasanya memilih 3 destinasi ini untuk memulai petualangan.

Akan tetapi, selain Golden Route, Jepang masih memiliki sejumlah daya tarik lain. Salah satunya adalah Hokkaido, pulau terbesar kedua yang ada di wilayah Jepang. Hokkaido juga dikenal dengan wisata saljunya yang indah. Nah, apa saja tempat-tempat menarik yang wajib masuk dalam daftar itinerary Anda ketika liburan ke Hokkaido, Jepang? Simak ulasannya berikut ini.

Sapporo

Sebagai ibu kota Prefektur Hokkaido, Sapporo merupakan destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi. Ada salah satu festival populer yang biasanya diadakan pada musim dingin di Sapporo, yaitu The Sapporo Snow Festival. Pada festival yang berlangsung selama 1 minggu tersebut, Anda bisa menikmati keindahan Kota Sapporo yang ditata sangat cantik dengan konsep salju.

Sapporo
Sapporo

The Sapporo Snow Festival adalah acara bersejarah yang digelar setiap tahun mulai 1950. Event ini bermula dari sejumlah siswa yang membuat patung-patung salju di Odori Park. Aktivitas tersebut kemudian menarik perhatian dan berkembang menjadi event besar dan dinanti-nanti hingga saat ini. Ada 3 tempat penyelenggaraan festival salju, yaitu Odori Site, Susukino Site, dan Tsu Dome Site.

Daya tarik Sapporo yang lain adalah tempat berbelanja oleh-oleh yang sangat beragam. Bagi Anda yang senang mengoleksi benda-benda unik dari perjalanan ke luar negeri khususnya Jepang, jangan lupa untuk mampir ke salah satu toko cendera mata di Sapporo. Karena daya tarik tersebut, lebih dari 2 juta turis datang berkunjung ke Sapporo tiap tahun.

Hakodate

Selain Sapporo, ada pula Kota Hakodate yang populer sebagai destinasi wisata di Hokkaido. Hakodate terkenal dengan pemandangan Gunung Hakodate yang sangat menawan. Anda bisa menyaksikannya langsung dari kota ini. Sajian menu seafood di kota ini juga menggugah selera. Berkunjung ke Hakodate tanpa mencicipi olahan seafood-nya rasanya tidak akan lengkap.

Hakodate
Hakodate

Bukan hanya restoran yang akan Anda temukan di Hakodate. Ada pula Morning Market atau sejenis pasar pagi yang menjual berbagai jenis ikan segar. Kesegaran ikan sangat terjamin karena penjualnya adalah para nelayan yang baru pulang melaut.

Selain wisata kuliner, Anda juga dapat menikmati eksotisme Goryokaku Park yang tampak indah pada malam hari. Ada pula Onuma Quasi National Park yang hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Taman nasional ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan alami. Ada dua danau yang sangat cantik di kawasan ini, yaitu Onuma (danau yang luas) dan Konuma (danau yang kecil).

Otaru

Selanjutnya, Anda bisa berkunjung ke Otaru. Daerah ini terkenal dengan kerajinan kaca yang dibuat secara manual. Pada film bertajuk, “Love Letter” yang berlatar 90-an, Otaru menjadi lokasi syuting yang berlatar kampung perajin kaca. Tak heran jika banyak wisatawan datang untuk melihat secara langsung uniknya suasana di Otaru.

Otaru
Otaru

Hal menarik lain dari Kota Otaru adalah sebuah sungai yang mengalir di bawah Otaru Canal. Pemandangan di sekitar Otaru Canal sangat indah dan romantis sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan bulan madu di Jepang. Di sekitar Otaru Canal juga banyak terdapat museum, restoran, dan toko-toko aksesori. Anda juga bisa menyaksikan karya para seniman yang digelar untuk para turis.

Asahikawa

Setelah Otaru, kota selanjutnya yang menarik untuk dijelajahi di Hokkaido adalah Asahikawa. Salah satu daya tarik Asahikawa adalah kebun binatangnya yang populer. Ada beragam jenis binatang unik dan menggemaskan di Asahikawa Zoo, termasuk di antaranya adalah pinguin. Kebun binatang ini menarik karena para pengunjung dapat melihat binatang lebih dekat dari terowongan kaca.

Asahikawa
Asahikawa

Selain menikmati tempat wisata yang ada di Asahikawa, berburu kuliner juga merupakan hal yang wajib. Nah, salah satu jenis kuliner yang terkenal dan khas dari kota ini adalah Asahikawa ramen. Kaldunya sangat berminyak, bahkan Anda bisa melihat lapisan tipis di permukaan sup. Mienya cenderung tipis, terasa keras, serta bergelombang. Di dalam ramen, ada tambahan bawang, daging babi, rebung, dan telur.

Furano

Tempat wisata di Hokkaido lainnya ada di Kota Furano yang berdiri pada 1 Mei 1966. Kota ini sangat cantik dengan kehadiran hamparan tumbuhan lavender yang biasanya akan mekar pada musim panas. Bagi Anda yang menyukai wisata bunga, Furano adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Furano
Furano

Selain lavender, Anda juga dapat menikmati keindahan bunga-bunga lain, seperti bunga lili, bunga matahari, salvias, dan cosmos. Semua bunga ini mekar sekitar Juni hingga Agustus. Jadi, jika Anda berencana untuk menikmatinya, persiapkan liburan ke Jepang pada pertengahan tahun.

Sementara itu, pada musim dingin, kota ini akan ramai oleh para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas ski. Di sini ada jalur yang biasa digunakan untuk berseluncur di atas salju. Ada dua puncak pada resort ski yang masing-masing terhubung.

Nah, inilah sejumlah tempat wisata di Hokkaido yang tersebar di sejumlah kota. Anda bisa menyusun itinerary perjalanan dengan memilih beberapa destinasi menarik yang ada di kota ini. Dengan demikian, liburan ke Hokkaido, Jepang, tidak akan pernah membosankan. Sudah siap menjelajah?

Add comment