Dazaifu Tenmangu

5 Tempat Wisata di Fukuoka, Seru dan Tak Terlupakan!

Kota Fukuoka merupakan salah satu destinasi para turis di Jepang. Kota ini adalah bagian dari Prefektur Fukuoka dan merupakan pintu masuk menuju wilayah Kyushu (bagian barat Jepang). Ada sejarah panjang di balik berdirinya kota ini. Para pengunjung dapat menyaksikan buktinya dari artefak-artefak yang masih tersisa.

Nama Fukuoka sebenarnya bermula dari Hakata. Nama ini menjadi populer karena berdirinya Kastil Fukuoka pada abad ke-17 di kota ini. Kota ini berada tidak jauh dari Korea, Taiwan, dan Tiongkok. Kota ini pun sangat mudah dijangkau dengan pesawat dan shinkansen dari Tokyo atau Osaka.

Lalu, apa saja spot-spot wisata menarik yang sebaiknya dikunjungi saat berlibur ke Fukuoka? Berikut beberapa di antaranya:

Dazaifu Tenmangu

Dazaifu Tenmangu adalah sebuah kuil yang dibangun untuk menghormati Sugawara Michizane, seorang tokoh politik pada zaman Heian. Karena kejeniusannya, Michizane sering diasosiasikan dengan Tenjin, dewa pendidikan Shinto. Michizane telah berbakat sejak muda. Ia mulai menulis puisi pada usia 11 tahun.

Kuil Tenmangu sangat mudah diakses dari Stasiun Dazaifu. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 250 meter. Di sepanjang jalan, terdapat banyak toko yang menjual perlengkapan yang dibutuhkan oleh para pengunjung kuil. Tiba di area kuil, ada sebuah kolam berbentuk karakter Jepang dengan makna “hati”.

Dazaifu Tenmangu
Dazaifu Tenmangu

Uniknya, ada lebih dari 6.000 pohon plum yang tumbuh di Dazaifu Tenmangu. Michizane memang menyukai pohon plum ini. Konon, pohon plum yang terletak di sebelah kanan aula utama terbang dari Kyoto ke Dazaifu untuk menemani Michizane saat diasingkan. Pada Maret tiap tahun, bunga-bunga pohon plum akan bermekaran dan terlihat sangat cantik.

Yatai

Bukan hanya wisata sejarah, Anda juga akan dimanjakan oleh kelezatan menu makanan khas dari Fukuoka. Salah satu tempat yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah yatai atau sejenis warung kaki lima. Ada lebih dari 200 yatai di berbagai area di Fukuoka, mulai di Tenjin, Nakasu, dan Nagahama. Tak heran, ketika sore menjelang, aroma makanan yang terasa lezat akan tercium di mana-mana.

Yatai
Yatai

Kuliner khas yang bisa Anda jumpai di Fukuoka antara lain hakata ramen, hakata hitokuchi gyoza, dan motsunabe. Ada pula menu lain, seperti yakitori, oden, dan berbagai jenis makanan khas Jepang lainnya. Berada di lapangan terbuka, suasana di yatai sangat santai dan menyenangkan.

Anda bisa mengunjungi yatai mulai pukul 6 sore hingga pukul 2 pagi. Namun, jika cuaca tidak memungkinkan, tempat ini bisa ditutup lebih awal. Bagi Anda yang ingin lebih mengenal kebudayaan setempat, di sinilah tempat yang tepat untuk memulai percakapan dengan penduduk lokal.

Canal City Hakata

Di Fukuoka, Anda pun bisa mengunjungi Canal City Hakata. Ini merupakan sebuah kompleks hiburan dan pusat perbelanjaan yang sangat ramai dan luas.  Tak heran jika Canal City Hakata sering disebut sebagai kota di dalam kota. Di dalam kawasan ini, Anda dapat menjumpai lebih dari 250 toko, kafe, dan restoran, serta bioskop, game center, hotel, dan sebuah kanal.

Canal City Hakata
Canal City Hakata

Bagi yang hobi berbelanja, menyempatkan diri untuk berkunjung ke Canal City Hakata adalah suatu kewajiban. Selain itu, Anda juga bisa menjelajah kuliner ramen yang merupakan sajian khas dari Jepang. Pada sebuah area di kawasan ini, ada pula 8 toko ramen yang terkenal di Jepang.

Dengan konsep seperti kota teater, akan terlihat pemandangan unik di Canal City Hakata. Pengunjung juga bisa menikmati pertunjukkan air mancur dan berbagai pertunjukan lain yang rutin diselenggarakan di Canal City Hakata.

Taman Ohori

Tempat wisata di Fukuoka lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Ohori. Taman ini merupakan sebuah destinasi yang cukup populer di wilayah Fukuoka. Taman Ohori memiliki jalur untuk berjalan kaki dan jogging. Panjang putarannya mencapai 2 km. Para pengunjung juga dapat mengajak binatang peliharaan untuk berjalan-jalan di sekitar Taman Ohori.

Taman Ohori
Taman Ohori

Taman ini telah dibangun pada 1926 silam. Dengan gaya taman klasik dari West Lake di China, tampilan taman ini terlihat eksotis. Di dalam taman, ada 3 pulau yang berada di tengah kolam. Pulau-pulau ini saling terhubung dengan daratan melalui jembatan yang tampak sangat elegan.

Di kawasan yang sama terdapat pula Fukuoka Art Museum. Museum ini mulai dibuka untuk umum pada 1979. Di dalamnya, Anda bisa menjumpai koleksi patung-patung Buddha yang telah dibuat sejak abad ke-11. Selain itu, ada pula karya lukis dan patung yang dibuat oleh para seniman modern seperti Dali dan Miro. Pada momen tertentu, Anda bisa menyaksikan pameran-pameran seni di museum ini.

Shikanoshima

Anda juga bisa mengunjungi sebuah pulau yang berada di Teluk Hakata. Pulau ini dapat dijangkau dengan trasportasi darat, baik mobil aau bus, dari Kota Fukuoka. Dalam sejarah Jepang, pulau ini memiliki peran yang penting. Anda bisa melihatnya dari keberadaan berbagai kuil dan monumen yang terdapat di kawasan Pulau Shikanoshima.

Shikanoshima
Shikanoshima

Di sekitar area pulau, aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berenang, berselancar, berselancar angin, dan sebagainya. Anda juga bisa mengunjungi dek observasi air dan menikmati pemandangan pulau-pulau serta panorama seluruh Kota Fukuoka.

Nah, inilah sejumlah tempat wisata di Fukuoka yang wajib kamu kunjungi. Ada banyak destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan saat liburan ke Jepang. Jadi, rencanakan liburan terbaik Anda sekarang dan nikmati keseruan yang tak terlupakan bersama sahabat atau keluarga.

Add comment