Dublin Castle

7 Tempat Wisata di Dublin yang Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan di Eropa

Kota Dublin yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Irlandia mungkin kurang begitu populer kalau dibandingkan dengan Amsterdam, London, Paris, ataupun Roma. Namun, siapa yang menyangka bahwa tingkat kunjungan ke tempat wisata di Dublin ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah penduduk Irlandia? Bahkan, angka kunjungan wisatawan tersebut lebih banyak dibandingkan dengan Amsterdam.

Dublin termasuk dalam salah satu kota terpopuler di Eropa, dengan tingkat kunjungan wisatawan pada tahun 2018 mencapai angka 5,93 juta. Bandingkan dengan jumlah penduduk Irlandia yang diperkirakan berada pada kisaran 4,8 juta jiwa. Dengan adanya fakta mencengangkan tersebut, Anda penasaran seberapa menariknya Kota Dublin, kan?

Kota Dublin memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menarik. Di samping itu, masyarakat kota ini juga cukup ramah dalam menyambut kedatangan para wisatawan mancanegara. Lalu, tempat wisata seperti apa saja yang bisa dikunjungi selama di Dublin? Untuk mendapatkan jawabannya, berikut ini adalah 7 rekomendasi tempat wisata di Dublin yang bisa Anda pertimbangkan:

Guinness Storehouse

Guinness Storehouse menjadi destinasi wisata di Dublin yang ramai pengunjung. Sejak dibuka pada tahun 2000, tempat wisata ini telah menerima lebih dari 20 juta orang. Di sini, wisatawan dapat melihat secara langsung bagaimana Guinness menciptakan produk bir yang telah tersohor. Apalagi, Guinness merupakan perusahaan yang memiliki sejarah panjang, dan merupakan hasil kreasi dari seorang Irlandia bernama Arthur Guinness pada tahun 1759.

Guinness Storehouse
Guinness Storehouse

Saat berkunjung ke Guinness Storehouse, Anda tidak hanya berkesempatan untuk melihat sejarah dari perusahaan Guinness. Bangunan yang menjadi lokasi dari Guinness Storehouse juga punya informasi tak kalah menarik. Apalagi, gedung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1902. Sejak awal pendiriannya, gedung ini sudah difungsikan sebagai lokasi pabrik bir milik St. James’s Gate Brewery. Gedung ini dikenal sebagai gedung bertingkat pertama di Irlandia yang dibangun dengan frame baja.

Dublin Castle

Di Dublin, wisatawan wajib singgah ke bangunan kastil megah yang sudah berdiri sejak tahun 1204, yakni Dublin Castle. Bangunan bersejarah ini dibuat dengan struktur yang kokoh dan terletak di antara dua sungai, yakni Sungai Poddle dan Sungai Liffey. Lokasinya yang berada di antara dua sungai, membuat Dublin Castle mampu menjadi benteng pertahanan yang kokoh dari berbagai serangan musuh.

Dublin Castle
Dublin Castle

Saat ini, Dublin Castle memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya. Kastil yang memiliki luas mencapai 44 ribu meter persegi ini telah digunakan sebagai lokasi pelantikan Presiden Irlandia. Tidak hanya itu, Pemerintah Irlandia juga memanfaatkan Dublin Castle sebagai tempat pertemuan dengan tamu dari berbagai negara. Selain itu, kastil ini juga terbuka kepada para wisatawan, dengan catatan sedang tidak ada acara kenegaraan.

Kilmainham Gaol

Destinasi wisata menarik selanjutnya di Dublin bisa ditemukan ketika berkunjung ke Kilmainham Gaol. Bangunan ini merupakan sebuah penjara tua yang didirikan pada tahun 1796. Di masa lalu, bangunan ini digunakan tidak hanya untuk memenjarakan terpidana laki-laki, tetapi juga wanita dan anak-anak. Kilmainham Gaol juga dikenal sebagai tempat pemenjaraan beberapa tokoh penting Irlandia, termasuk di antaranya adalah Michael Collins, Daniel O’Connel, Ernie O’Malley, dan lain-lain.

Kilmainham Gaol
Kilmainham Gaol

Saat ini, Kilmainham Gaol sudah tak lagi difungsikan sebagai penjara. Bangunan ini pun dikenal sebagai salah satu penjara kosong terbesar yang ada di Eropa. Sebagai gantinya, Kilmainham Gaol digunakan menjadi bangunan museum. Selain itu, gedung yang menyimpan sejarah kelam Irlandia di masa lalu ini juga kerap digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film. Beberapa film tersebut di antaranya adalah Paddington 2, The Escapist, The Adventures of the Young Indiana Jones, dan sebagainya.

St. Stephen’s Green

Kota Dublin sejak dulu juga dikenal memiliki sebuah taman publik yang cantik, bernama St. Stephen’s Green. Taman ini memiliki luas mencapai 8,9 hektare dan dikenal sebagai taman terbesar yang ada di Irlandia. Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1664 dan didesain oleh William Sheppard.

St. Stephen’s Green
St. Stephen’s Green

Taman yang sering cukup disebut dengan Stephen’s Green ini berbentuk persegi. Pada awalnya, akses menuju ke dalam taman sangat terbatas dan di sekelilingnya terdapat dinding pembatas. Namun, pada tahun 1814, dinding pembatas tersebut dihancurkan diganti dengan pagar. Saat ini, Stephen’s Green dapat dikunjungi oleh masyarakat umum secara bebas.

Grafton Street

Dublin juga memiliki Grafton Street yang kerap disebut-sebut sebagai kawasan perbelanjaan termahal dunia. Lokasi tempat ini berada tidak jauh dari Stephen’s Green. Pada abad ke 19, kawasan ini dikenal sebagai pusat prostitusi. Namun, kondisinya saat ini berubah drastis dan sering digunakan sebagai lokasi street performance.

Grafton Street
Grafton Street

Street performance yang ada di Grafton Street sangat beragam. Wisatawan tidak hanya bisa menjumpai pertunjukan musik oleh musisi jalanan. Di sini, ada pula pertunjukan baca puisi, stand up comedy, sulap, dan lain-lain. Menariknya, banyak artis serta musisi terkenal yang pernah memulai kariernya dari tempat ini.

General Post Office

Gedung General Post Office (GPO) di Dublin juga memiliki nilai sejarah yang tak kalah menarik. Bangunan ini memiliki desain arsitektur bergaya Yunani dan proses pembangunannya dimulai pada tahun 1814 dan diresmikan pada 1818.

Gedung ini juga dikenal sebagai saksi sejarah perjuangan rakyat Irlandia. Pada peristiwa Easter Rebellion, GPO dijadikan sebagai ruang pertemuan para tokoh Irlandia. Bahkan, peristiwa pembacaan teks proklamasi Republik Irlandia pada 24 April 1916, dilakukan di depan GPO.

Saint Patrick’s Cathedral

Rekomendasi tempat wisata di Dublin selanjutnya adalah Saint Patrick’s Cathedral. Bangunan ini dikenal sebagai gereja tertinggi dan terbesar di Irlandia. Selain itu, katedral yang didirikan pada tahun 1911 ini juga berstatus sebagai katedral nasional di Irlandia.

Saint Patrick's Cathedral
Saint Patrick’s Cathedral

Hal yang menarik, Saint Patrick’s Cathedral bukanlah satu-satunya katedral di Dublin. Ada pula katedral lainnya, yakni Christ Church Cathedral. Fenomena seperti ini, bakal tidak bisa ditemukan di kota lain. Menariknya lagi, kedua bangunan katedral tersebut sama-sama mempunyai desain arsitektur yang unik.

Itulah 7 destinasi populer di Dublin yang membuat para wisatawan berbondong-bondong datang ke kota ini. Tertarik untuk menjelajahi kota cantik ini juga?

Add comment