Parliament House

8 Tempat Wisata di Canberra, Kota Politik yang Menarik Dikunjungi

Status Canberra sebagai ibukota negara Australia tentu sudah dikenal seluruh dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Canberra punya pesona tersembunyi selain gedung-gedung pemerintahan maupun gedung parlemen. Mengingat posisi kota berada di bagian pedalaman Australian Capital Teritory (ACT), tempat wisata di Canberra menawarkan berbagai hal yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Canberra termasuk kota kecil, tetapi kehadiran komunitas penduduk yang bekerja di bidang politik dan pemerintahan, serta industri terkait seperti media membuat kota ini begitu hidup. Beberapa universitas ternama Australia berada di sini yang mendorong mahasiswa datang kemari. Maka, kota kecil bernuansa kosmopolitan tampil untuk memesona Anda.

Penasaran ke mana saja saat berlibur ke sini, berikut 8 tempat wisata di Canberra yang menarik dikunjungi.

Old Bus Depot Markets

Besarnya populasi mahasiswa dan perkembangan industri media ternyata menghasilkan kehidupan kreatif di Canberra. Salah satu cara untuk menikmati kreativitas mereka adalah dengan mengunjungi pasar mingguan Old Bus Depot Markets. Di pasar ini Anda bisa berburu berbagai macam barang. Sebut saja, pakaian ala hipster, perlengkapan rumah tangga, kopi-kopi berkualitas, hingga makanan organik lezat dan sehat.

Old Bus Depot Markets
Old Bus Depot Markets

Pasar yang buka setiap Minggu pukul 10.00 sampai pukul 16.00 ini menjadi tempat sempurna untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan penduduk lokal. Alternatif selain pasar akhir pekan, Anda bisa coba berkunjung ke Lonsdale Street, Braddon, untuk berburu barang-barang buatan lokal, seperti perhiasan, pakaian jadi, dan perabotan rumah tangga.

Tidbinbilla Nature Reserve

Hanya 40 menit berkendara dari Canberra, Anda akan berjumpa dengan pemandangan alam liar khas Australia. Tidbinbilla Nature Reserve adalah kawasan hutan lebat yang berlokasi di sebuah lembah luas. Anda dapat menyaksikan bagaimana kehidupan hewan asli Australia hidup di habitat aslinya dari dekat.

Tidbinbilla Nature Reserve
Tidbinbilla Nature Reserve

Ada kanguru, emus, dan kakatua yang bisa Anda jumpai. Trekking, piknik, atau memancing di sebagian kecil Sungai Murrumbidgee yang mempunyai panjang 1.600 km, menjadi aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di kawasan konservasi alam ini.

Parliament House

Ingin melihat bumerang dalam wujud bangunan? Parliament House menunjukkan keajaiban arsitektur modern berkat susunan bangunan menyerupai bumerang. Menggantikan posisi Old Parliament House, gedung baru ini adalah titik pusat dari tata letak kota Canberra.

Parliament House
Parliament House

Meski gedung ini aktif digunakan, Anda bisa mengikuti sesi tur gratis untuk masuk dan berkeliling di Galeri The Green-Hued House of Representatives and The Senate. Tur dengan pemandu ini berlangsung setiap hari pada jam 09.30, 11.00, 13.00, 14.00, dan 15.30. Jangan lewatkan kesempatan melihat sesi Question Time pada pukul 14.00 ke atas, yakni saat para menteri menjalani sesi tanya jawab dengan anggota parlemen.

Australian National Botanic Garden

Australian National Botanic Garden adalah etalase koleksi hidup terbesar berbagai flora Australia. Dikelola oleh Departemen Lingkungan Hidup dan Energi Pemerintah Australia, kebun botani ini menjadi ajang tempat penduduk lokal dan wisatawan belajar mengenai seluk beluk tumbuhan asli Benua Kanguru.

Australian National Botanic Garden
Australian National Botanic Garden

Tidak hanya menampilkan deretan flora untuk dipelajari, kebun raya ini juga berfungsi sebagai sumber daya botani bagi para peneliti. Di sini juga terdapat tempat pembudidayaan tanaman yang keberadaannya di alam liar mulai terancam.

Danau Burley Griffin

Walau berupa danau buatan, pesona danau Burley Griffin tetap sulit ditolak. Tempat wisata di Canberra ini berlokasi persis di tengah kota. Di sekelilingnya terdapat berbagai gedung penting bagian dari pemerintahan Australia, seperti National Gallery, National Library, National Museum, High Court, dan Parliament House.

Danau Burley Griffin
Danau Burley Griffin

Untuk bersantai, Anda bisa berkunjung ke taman-taman yang berada di sekitar Danau Burley Griffin. Danau ini tidak cocok sebagai tempat berenang, tetapi Anda bisa melakukan aktivitas olahraga air, yaitu berlayar, mendayung, atau memancing. Pilihan lain, Anda dapat menyewa sepeda di sekitar danau sambil berolahraga dan menghirup udara segar.

National Gallery of Australia

National Gallery of Australia dikenal sebagai salah satu museum seni paling besar di Australia. Dibangun tahun 1967 dengan status museum seni publik nasional, museum ini memiliki lebih dari 7.500 koleksi seni asal Australia, Aborigin, dan Asia yang ditempatkan di 13 ruang pamer berbeda.

Anda bisa mempelajari sejarah Australia lewat deretan karya seni yang dipamerkan, termasuk keunikan budaya orang Aborigin. Lalu, Anda dapat memperkaya wawasan dengan mempelajari koleksi seni internasional asal Eropa dan Amerika, serta Asia.

Balloon Aloft Canberra

Tempat wisata di Canberra berikut mengajak Anda menikmati pemandangan kota dari ketinggian dengan menaiki balon udara. Penerbangan komersial balon udara ini sudah ada sejak tahun 1986. Dipandu oleh pilot dan ground crew berpengalaman, Anda dapat terbang perlahan menjelajahi kota selama 45-60 menit.

Anda bisa memilih paket perjalanan khusus berdurasi sekitar 3 jam dari berangkat, terbang, hingga tiba kembali. Rasakan serunya naik balon udara sambil mengamati kota Canberra dengan deretan bangunan ikonis, seperti Parliament House dan National Arboretum.

National Zoo and Aquarium

Ini satu-satunya kebun binatang dan akuarium yang berada dalam satu kawasan tempat wisata. Berlokasi di Yarralumla, ujung barat Danau Burley Griffin, Anda bisa melihat berbagai spesies endemik Australia di sini.

National Zoo and Aquarium
National Zoo and Aquarium

Sebut saja koala, dingo, kanguru, walabi rawa, setan Tasmania, wombat, hingga penguin kecil. Jelajahi National Zoo and Aquarium melalui tur interaktif yang memberi Anda pengalaman sekaligus edukasi kehidupan satwa, seperti tur ZooVenture. Cocok untuk Anda yang penasaran bagaimana kehidupan hewan Australia di habitat aslinya.

Dari 8 tempat wisata di Canberra di atas, Anda pasti semakin yakin bahwa kota ini bukan hanya menampilkan sisi politik dan pemerintahan saja. Jadi, berminat untuk merencanakan liburan Anda ke Canberra?

Add comment