Hungarian Parliament Building

5 Tempat Wisata di Budapest Hungaria yang Murah Meriah

Tempat Wisata di Budapest, Hungaria, menjadi alternatif destinasi liburan murah di Eropa Timur. Kota ini memiliki daya tarik sebagai kota metropolis, tetapi tetap mempertahankan sejarah dan warisan budaya melalui beragam bangunan kuno dan megah.

Menikmati tempat wisata di Budapest tidak membutuhkan biaya yang banyak. Pasalnya, hanya dengan berkeliling kota,para wisatawan bisa menjelajahi tempat-tempat yang indah tanpa harus membayar.

Tidak hanya gratis, banyak tempat-tempat romantis yang bisa ditemui di kota ini. Oleh karenanya, Budapestdikenal sebagai kota romantis di Eropa.Begitu menariknya kota ini membuat angka kunjungan ke Budapest setiap tahunnya mencapai 20 juta orang dari berbagai pelosok dunia. Nah, untuk Anda yang berencana berkunjung ke Hungaria, berikut ini 5 tempat wisata menarik di Budapest yang murah meriah untuk dikunjungi.

Fisherman’s Bastion

Fisherman’s Bastion menjadi tempat yang cocok untuk melihat keindahan Kota Budapest dari ketinggian. Bangunanyang menjadi bagian dari distrik Istana Buda (Buda Castle) ini adalah menara pengintai yang dibangun pada tahun 1895. Lokasiini banyak dikunjungi turis mancanegara karena menyajikan pemandangan terbaik KotaBudapest.

Fisherman’s Bastion
Fisherman’s Bastion

Di sini juga terdapat  tujuh menara yang menggambarkan tujuh suku asli Hungaria yang disebut dengan Suku Magyar.Nama Fisherman’s Bastion diambil dari kisah  para nelayan yang dulu pernah melindungi dinding Istana Buda. Istana ini memiliki arsitektur khas Eropa dengan gaya neo-gothic. Oleh karenanya, para turis sering menjadikan bangunan berwarna  putih ini sebagai latar foto yang cantik.

Sebagai Istana raja, Buda Castle yang dibangun sekitar tahun 1247 memiliki area yang cukup luas. Di tahun 1476, banyak seniman asal Italia yang datang dan turut serta mendekorasi istana ini sehingga terlihat lebih indah. Tidak heran jika kini Buda Castle menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara.

Sungai Danube dan Chain Bridge

Sungai Danube adalah sebuah sungai panjang yang melintasi 10 negara di Eropa, yaitu Jerman, Austria, Bulgaria, Slovakia, Hungaria, Kroasia, Serbia, Moldova, Ukraina, dan berakhir di Laut Hitam Romania. Sungai ini memisahkan wilayah Buda dan Obuda di sisi barat, serta wilayah Pest di sebelah timur.

Sungai Danube dan Chain Bridge
Sungai Danube dan Chain Bridge

Lokasi di sisi Sungai Danube ini banyak menarik para wisatawan, termasuk di antaranya sebuah bangunan memorial sepatu, yaitu patung berbentuk sepatu-sepatu yang berjajar di tepisungai. Lokasi ini menjaditempat memorial bagi warga Yahudi Hungaria yang ditembak mati pada tahun 1944 dan 1945.

Sementara Széchenyi Chain Bridge atau Jembatan Rantai adalah jembatan permanen pertama yang berada di Hungaria. Jembatan ini melintasi Sungai Danube dan menggabungkan wilayah Buda dan Pest. Jembatan yang memiliki patung singa ini resmi digunakan pada tahun 1849, setahun setelah Revolusi Hungaria. Wisatawan yang berkunjungbisa menyaksikan patung singa di setiap sisi batas jembatannyayang dianggap sebagai pelindung.

Hungarian Parliament Building

Tempat wisata di Budapest lainnya yang banyak dikunjungi wisatawan adalah sebuah gedung pemerintahan yang disebut Hungarian Parliament Building. Lokasi ini bisa sekaligus dikunjungi setelah menyaksikan Sungai Danube dan Chain Bridge.

Hungarian Parliament Building
Hungarian Parliament Building

Gedung ini sangat terkenal karena merupakan gedung legislatif tertua di Eropa dan menjadi salah satu landmark Budapest. Dibangun dengan arsitektur gaya Gothic Revival dan Renaissance, gedung parlemen ini memiliki ratusan ruangan dan patung, termasuk puluhan tangga dan gerbang. Tampilannya yang mengagumkan membuattempat ini banyak dikunjungi wisatawan luar negeri.

City Park

City Park juga merupakan salah satu tempat wisata di Budapest yang banyak dikunjungi. Tempat ini merupakan sebuah taman terbuka di kota Hungaria. Wisatawan yang berkunjung biasanya mengunjungi kolam pemandian air panas yang ada di kawasan tersebut.

City Park Hungaria
City Park Hungaria

Szechenyi Medicinal Bath atau kolam pemandian air panas yang terbesar di Eropa ini juga menjadi tempat para turis menikmati gaya arsitektur baroque yang mewah.Masih di areayang sama, terdapat sejumlah spot atraktif seperti Zoological dan Botanical Garden, Museum Transport Budapest, Tivoli Pleasure Park, serta Kastil Vajdahunyad.

Heroes’ Square

Heroes Square merupakan sebuah alun-alun yang cukup bersejarah di Budapest, sehingga  menjadi landmarkkota ini. Di lokasi ini terdapat monumen dan museumserta beberapa bangunan penting lain. Lokasinya yang begitu mudah diakses, membuatnyabanyak dikunjungi wisawatan.

Kawasan yang sering disebut sebagai Lapangan Pahlawan ini merupakan  alun-alun kota terbesar di Budapest. Area ini dibangun pada tahun 1896 untuk memperingati 1000 tahun sejarah suku Magyar. Saat monumen ini dibangun, Hungaria menjadi bagian Kekaisaran Habsburg Austria. Monumen ini dibangun kembali setelah PD II dan patung di masa kekaisaran Habsburg pun digantikan dengan patung pejuang kemerdekaan Hungaria.

Heroes’ Square
Heroes’ Square

Di sini juga terdapat  patung malaikat Gabriel yang berdiri tegak di atas pilar utama, sambil memegang mahkota suci dan salib ganda. Ke-7 kepala suku yang memimpin suku Magyar di Hungaria juga terlihat di sisi bawah pilar tersebut. Sementara, patung raja dan tokoh sejarah penting lainnya tampak tegak di kedua sisi pilar tengah.

Nah, itulah 5 tempat wisata di Budapest yang sayang bila dilewatkan. Tidak hanya murah di kantong, kawasan wisata ini juga menawarkan begitu banyak muatan historis dan estetik di setiap tempat. Jadi, jangan lupa memasukkannya ke dalam wish list tempat impian Anda di Eropa Timur ya!

Add comment