Channel Seven Wheel of Brisbane

8 Tempat Wisata di Brisbane untuk Liburan Tiga Hari

Brisbane, ibukota negara bagian Queensland, menempati kawasan Pantai Timur Australia. Ini menjelaskan mengapa sebutan “Sunshine State” disematkan pada Queensland. Anda dapat menjumpai deretan tempat wisata di Brisbane yang menarik untuk disinggahi, mulai dari wisata alam, seni dan budaya, hingga kuliner lezat.

Dengan penduduk kota berjumlah 2,3 juta jiwa, Brisbane menjadi wilayah tertua di Australia yang telah ditinggali manusia. Penduduk pertama Brisbane adalah suku Jagera dan Turrbal, keduanya adalah suku bangsa asli Australia. Sementara, nama kota ini berasal dari nama Sir Thomas Brisbane, gubernur New South Wales tahun 1821-1825.

Seiring waktu, Brisbane berkembang sebagai kota kosmopolitan di tepi sungai yang mampu memadukan seni budaya modern dengan keindahan alam nan klasik ala Queensland. Jika Anda punya waktu tiga hari berlibur di sini, berikut 8 rekomendasi tempat wisata di Brisbane yang patut dikunjungi.

Brisbane City Hall

Merupakan kantor dewan pemerintah kota, Brisbane City Hall berlokasi di King George Square, tepat di jantung kota ini. Bangunan ini berdiri persis di hadapan Adelaide Street dan Ann Street. Berdiri kali pertama tahun 1920 dan resmi beroperasi tahun 1930, arsitektur renaissance Italia begitu kental dalam tiap sudut bangunan.

Brisbane City Hall
Brisbane City Hall

Rancangan menara jam setinggi 91 meter rupanya terinspirasi dari St. Mark’s Campanile di Venesia. Sementara, desain bangunan utama menyerupai Pantheon di Roma. Bangunan tiga lantai ini mempunyai Museum of Brisbane di lantai dasar. Selain museum, Anda juga bisa ikut tur ke menara jam dan menikmati pemandangan kota Brisbane dari atas.

South Bank

Anda bisa mengandalkan layanan CityHopper, berupa feri gratis yang beroperasi setiap 30 menit sekali untuk tiba di South Bank. Di kawasan ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan. Pertama, bermain pasir di pantai buatan Streets Beach, satu-satunya pantai buatan dalam kota yang ada di Australia.

South Bank
South Bank

Lalu, jika Anda datang pada weekend, kunjungi Night Market atau Weekend Market yang menawarkan berbagai barang, makanan dan minuman lezat. Setiap Jumat malam, ada pertunjukan musik gratis lengkap dengan bar pop up di kawasan ini.

Queensland Gallery of Modern Art

Masih di South Bank, Anda bisa singgah di Queensland Gallery of Modern Art, sebuah galeri seni modern yang beroperasi sejak 2006. Ini merupakan museum seni paling besar di Australia dan bagian dari Queensland Cultural Center.

Queensland Gallery of Modern Art
Queensland Gallery of Modern Art

Luas kompleks galeri ini mencapai 25.000 m2 dan pernah menyelenggarakan berbagai pameran penting berkelas dunia. Misalnya, Picasso and His Collection, Future Beauty, The China Project, dan Asia-Pacific Triennial of Contemporary Art.

Channel Seven Wheel of Brisbane

Channel Seven Wheel of Brisbane akan membawa Anda menyaksikan lanskap kota dengan cara berbeda. Berlokasi di South Bank Parklands, waktu senja menjadi waktu terbaik untuk menaiki bianglala raksasa ini. Bangunan ikonis Brisbane ini memiliki tinggi sekitar 60 meter dari permukaan tanah dan mempunyai 42 gondola.

Channel Seven Wheel of Brisbane
Channel Seven Wheel of Brisbane

Telah beroperasi sejak tahun 2008, Anda bisa naik dan berputar empat kali dengan durasi sekitar 10-15 menit. Perputaran kincir terasa pelan, sehingga Anda bisa puas berfoto dengan latar pemandangan kota Brisbane yang memukau.

Fortitude Valley

Pagi hari memberikan Anda kesempatan menikmati Fortitude Valley dari sisi berbeda. Anda bisa memulai hari dengan bersantap pagi di King Arthur Cafe. Lanjutkan perjalanan menyusuri lebih dari 130 toko di ruas James Street yang diapit pepohonan rindang. Berbagai produk keluaran desainer ternama Australia bisa Anda temui di sini, seperti Lee Mathews dan Zimmermann.

Fortitude Valley
Fortitude Valley

Jika Anda berkunjung pada hari Sabtu, sempatkan mampir ke Valley Market. Berbagai produk hasil karya desainer lokal yang sedang tren ditampilkan di sini, mulai dari aksesori, fashion, hingga karya seni.

Mount Coot-tha

Hanya terletak 7 kilometer dari pusat kota Brisbane, Anda bisa melihat bentangan panorama kota hingga Moreton Island di Brisbane Lookout. Panorama ini terlihat begitu spektakuler saat Anda berkunjung pada sore hari nan cerah.

Lalu, lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi berbagai taman bertema di Brisbane Botanic Garden. Tempat wisata di Brisbane ini berupa kebun raya subtropis. Terletak di kaki pegunungan, kebun raya ini mempunyai berbagai koleksi menarik, seperti kaktus, bambu, bonsai, dan tanaman asli Australia lainnya.

Lone Pine Koala Sanctuary

Punya impian memeluk koala lucu menggemaskan? Anda bisa mewujudkannya dengan berkunjung ke Lone Pine Koala Sanctuary. Ada lebih dari 130 ekor koala yang hidup di suaka koala terbesar di Australia ini.

Anda bukan hanya dapat melihat dari jauh saja, tetapi bisa berinteraksi langsung dengan mamalia lucu ini. Pilih tur Working with Wildlife untuk bersentuhan dengan koala serta mempelajari bagaimana hewan kecintaan orang Australia ini dirawat dan dijaga.

Moreton Island

Ke Brisbane belum sah tanpa kunjungan satu hari di Moreton Island. Sebagai salah satu pulau pasir terbesar di dunia, Anda bisa mendapatkan lebih dari sekadar pantai-pantai lengang nan indah. Sebut saja, laguna berkilau yang menggoda untuk berenang, jalur berjalan kaki, kawanan burung air, hingga mercusuar tertua di Queensland.

Apabila datang pada bulan Juni-November, Anda bisa menyaksikan migrasi paus dari dekat, suatu pengalaman hidup yang tak pernah terlupakan! Selain itu, Anda dapat snorkeling menikmati keindahan bawah laut Moreton Island yang kaya warna, menyelam di Flinders Reef, atau memberi makan lumba-lumba hidung botol di Pantai Tangalooma.

Tiga hari di Queensland terasa begitu singkat karena ada banyak tempat wisata di Brisbane yang patut Anda kunjungi.  Ayo liburan ke Brisbane untuk menikmati keindahan kota ini lebih lama!

Add comment