Adelaide Festival Center

8 Tempat Wisata di Adelaide untuk Menikmati Pesona Australia Selatan

Kota Adelaide mungkin tidak sepopuler Sydney atau Melbourne di telinga wisatawan Indonesia. Namun, kota pesisir ini punya pesona berbeda yang tak kalah unik dari kota terkenal Australia. Anda harus datang langsung ke berbagai tempat wisata di Adelaide untuk membuktikannya sendiri.

Menyandang status sebagai kota kelima terbesar di Australia, Anda tidak salah mengira jika nama Adelaide terinspirasi dari sosok seorang perempuan. Ya, nama ibukota negara bagian Australia Selatan ini berasal dari nama istri Raja William IV, yaitu Ratu Adelaide, yang menjadi Permaisuri Britania Raya dari Hanover.

Meski sempat dianggap sebagai kota yang sepi, kehadiran beragam agenda festival, bar mungil, seni dan musik kelas dunia mampu menghidupkan Adelaide dan menarik kunjungan wisatawan. Inilah  8 tempat wisata di Adelaide yang wajib Anda masukkan dalam daftar kunjungan.

Adelaide Central Market

Berkunjung ke pasar lokal wajib jadi aktivitas favorit saat berlibur ke Australia, termasuk saat singgah di Adelaide. Anda bisa memanjakan mata dan perut dengan menikmati hasil bumi Australia Selatan di Adelaide Central Market. Mulai dari buah dan sayuran segar, keju olahan tangan, aneka daging asap, dan hidangan laut yang terjamin kesegarannya.

Adelaide Central Market
Adelaide Central Market

Pasar ini telah berdiri lebih dari 140 tahun dan berperan sebagai sentra kuliner Adelaide. Anda dapat mencicipi kopi di Fair Espresso, keju buatan lokal di Say Cheese, hingga berburu buah ara dan madu asal Kangaroo Island di Island Pure. Ikutilah tur berjalan kaki pagi hari guna mendapat pengalaman otentik menyusuri kios-kios di Adelaide Central Market.

North Terrace

North Terrace merupakan rumah berbagai institusi budaya penting di Adelaide. Di kawasan ini Anda bisa menyusuri berbagai bangunan cantik sekaligus bersejarah. Ada Art Gallery of South Australia yang mempunyai sekitar 38.000 karya seni Australia, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

North Terrace
North Terrace

Lalu, singgahlah ke South Australian Museum untuk mempelajari kekayaan alam dan warisan budaya Australia. Dari North Terrace, Adelaide Botanic Garden bisa Anda tempuh dengan berjalan sekitar 20 menit.

Adelaide Botanic Garden

Berlokasi di sisi timur North Terrace, Anda seolah memasuki dunia berbeda saat berkunjung ke Adelaide Botanic Garden. Dibangun tahun 1855, kebun botani ini menampilkan koleksi tanaman obat, flora asli Australia, taman bergaya Mediterania, serta tanaman lain yang juga bertujuan sebagai sarana pendidikan dan penelitian.

Adelaide Botanic Garden
Adelaide Botanic Garden

Anda dapat menghabiskan waktu satu jam atau malah satu hari penuh untuk menyusuri area kebun dengan arsitektur memukau seluas 50 hektar ini. Usai menjelajahi Adelaide Botanic Garden, Anda bisa bersantai di beberapa kafe dan restoran sambil menyantap hidangan lezat ditemani pemandangan memukau.

Port Adelaide

Port Adelaide bukan sekadar pelabuhan, tetapi menjadi tujuan wisata populer Adelaide lewat kehadiran bangunan bersejarah dari abad ke-19. Sebagian besar kawasan ini termasuk Area Warisan Negara, Rata-rata bangunan tersebut berfungsi sebagai museum dan masih terawat baik hingga kini.

Port Adelaide
Port Adelaide

Customs House and Courthouse menjadi saksi bisu pembangunan Adelaide. Museum tematik lain di kawasan ini juga menarik dikunjungi, seperti Museum Kereta Api Nasional, South Australian Aviation Museum, South Australian Maritime Museum, dan Australian Museum of Childhood. Usai menjelajahi museum, meluncurlah ke pasar nelayan di hari Minggu untuk membeli ikan segar langsung dari kapal nelayan.

Rundle Street

Anda bisa menikmati pengalaman berbelanja di bangunan antik dan bersejarah di jantung kota Adelaide, tepatnya di Rundle Street. Kawasan ini adalah rumah bagi berbagai butik fashion ternama Australia, seperti desainer kenamaan Gorman, M.J. Bale, dan Zimmermann.

Anda dapat berbelanja di department store terkemuka di Rundle Mall. Tertarik barang perlengkapan rumah tangga, silakan susuri Norwood Parade. Sementara, barang antik dan karya seni bisa Anda lihat-lihat di Magill Road.

Glenelg

Mengunjungi kota pesisir tanpa singgah ke pantai jelas tidak lengkap. Adelaide punya beberapa opsi untuk pantai. Salah satunya Glenelg yang bisa Anda tempuh selama 25 menit perjalanan dengan trem dari pusat kota Adelaide.

Bukan hanya pantai berpasir putih dan deburan ombak tenang saja yang menyambut Anda di Glenelg. Deretan hotel bersejarah serta kafe dan restoran menarik siap menjadi tempat Anda beristirahat dan bersantap. Pastikan Anda singgah ke Haigh’s Chocolate Store untuk mencicipi coklat terbaik di Australia.

Victoria Square

Tempat wisata di Adelaide berikut mengajak Anda bersantai menikmati hari di Victoria Square. Berada di persimpangan Grote Street dan Wakefield Street, Victoria Square menampilkan taman indah yang menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara. Taman bernama asli Tarndanyangga ini dikelilingi oleh bangunan tinggi bergaya modern dan beberapa bangunan bersejarah dari abad ke-19.

Berada di pusat kota, Victoria Square mempunyai air mancur indah yang menyejukkan mata di tengah terik sinar matahari. Dari sini Anda juga bisa naik trem menuju pinggiran kota Glenelg atau bergerak ke sisi utara taman menuju Rundle Street untuk berbelanja.

Adelaide Festival Center

Hanya sekitar 5 menit jalan kaki dari North Terrace dan Rundle Mall, Anda akan menemukan Adelaide Festival Center, tempat penyelenggaraan berbagai festival meriah di Adelaide. Bangunan ini tampak khas dengan atap menyerupai tenda putih. Tempat ini juga memiliki teater berkapasitas 2.000 kursi, galeri, amfiteater, dan ruang perjamuan.

Adelaide Festival Center
Adelaide Festival Center

Adelaide adalah rumah beberapa festival terbaik di dunia yang digelar sepanjang bulan Februari dan Maret. Adelaide Festival menyuguhkan penampilan teater musik, seni rupa, dan seni tari kelas dunia. Sementara, WOMAdelaide mengubah Botanic Park menjadi area pertunjukan musik, seni, dan tari sekaligus. Lalu, ada pula Adelaide Fringe yang menampilkan program pertunjukan menarik, dari sirkus, komedi, hingga kabaret.

Seru kan menjelajahi 8 tempat wisata di Adelaide tadi? Jadi, segera rencanakan perjalanan Anda ke Australia Selatan untuk melihat dan mengalami sendiri bagaimana pesona Adelaide!

Add comment