Aneka Tips Explore Jakarta untuk Newbie3 min read


“Siapa yang peduli dengan keberadaan kita di kota ini?

  Ahmad D, Travel Blogger

Sedang berada di Jakarta? Atau tahun ini berencana ke Jakarta?

Jakarta adalah kota megalopolis yang tidak bisa dipandang dengan mata seorang yang jujur, banyak intrik, hal menarik dan hal-hal yang harus Anda ketahui ketika berkunjung kesini.

Berdasarkan pengalaman selama ini, berikut 23 tips ketika explore Jakarta.

1. Waktu Terbaik ke Jakarta

  1. Bila sedang cuti, maka hari normal adalah saat yang paling pas untuk berwisata ke Jakarta.
  2. Dihari libur panjang, kawasan perkantoran akan sangat sepi, namun kawasan wisata dan hiburan akan sangat ramai.
  3. Dari dan ke bandara paling tepat di luar jam-jam kantor.
  4. Ketika weekend datang, hindari berwisata keluar kota mengunjungi lokasi wisata seperti Floating Market Lembang, tempat-tempat makan terkenal di Bogor, Kebun Raya, Puncak dan lain-lainnya di kota Bogor, Bandung dan Lembang, karena habit umum ketika weekend di Jakarta orang-orang akan berwisata ke daerah yang mempunyai suasana alam.

2. Tips Menghadapi Cuaca di Jakarta

  1. Explore disiang hari? siap-siaplah membawa minuman karena cuaca di Jakarta sangat panas disiang hari.
  2. Ketika musim hujan, Jakarta tetaplah kota yang jarang hujan, namun tetaplah membawa payung karena disore hari menjelang malam tiba-tiba cuaca bisa sangat mendung.
  3. Belilah masker untuk menghadang debu yang masuk dari lalu lalang kendaraan, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat, atau membeli lewat penjual rokok yang biasa berada dekat dengan jembatan penyebrangan.
  4. Berpakaian yang biasa-biasa saja, tidak perlu bergaya-gaya seperti di Eropa, karena udara  disini cukup panas.
  5. Desember-Januari adalah puncak musim hujan di Jakarta, bahkan beberapa area biasa menjadi langganan banjir, dibulan tersebut siapkanlah payung dan sandal jepit.

3. Tips Naik Kendaraan Umum di Jakarta

  1. Pertama naik busway? Siapkan uang Rp40,000 untuk membeli e-money/tiket elektronik, harga ini sudah termasuk saldo sebesar Rp20,000, untuk naik busway sendiri dipatok harga Rp3,500 rute manapun.
  2. Ketika tersedia busway tiga pintu/ busway dengan bus gandeng, maka sangat direkomendasikan untuk tidak naik dipintu tengah atau pintu kedua. Biasanya di pintu ini banyak sekali copet yang siap dengan sangat cepat merebut barang Anda dengan kecepatan kilat. Terkadang copet ini terdiri dari 1 orang lebih.
  3. Tidak disarankan naik busway di jam pergi dan pulang kerja, karena tidak akan ada ruang, walaupun hanya untuk berdiri. Bila berencana pergi explore di jam pagi, maka bisa naik diatas jam 9, atau bila pulang explore di sore hari maka cobalah naik sebelum jam 4.
  4. Tidak perlu khawatir, busway 24 jam, namun tidak disemua halte. Halte-halte besar yang terhubung dengan pusat bisnis dan terdekat dengan statsiun kereta adalah halte 24 jam.
  5. Dari Jakarta mau ke Bekasi? Bogor? Depok? Tangerang? Bisa menggunakan bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway), tersedia hampir disemua halte, harga dibawah Rp20,000.
  6. Bus APTB juga melewati halte-halte busway, dulu bila naik APTB di halte dalam kota dikenakan Rp5000, sekarang gratis.
  7. Naik angkot, bus kota, dll, hati-hati copet.
  8. Bila naik kendaraan umum tidaklah perlu menggunakan pakaian yang sangat mencolok, kalung emas, dll. Perhatikan barang bawaan Anda.
  9. Tempat paling rawan terjadi copet yaitu di tangga jembatan penyebrangan orang, di terminal bus dan bus kota.
  10. Bila ingin naik ojek, maka pilihlah ojek online, karena harganya yang terjangkau, attitude ojek online lebih baik karena sudah diingatkan oleh perusahaan dimana para driver ini berada. Namun bila terburu-buru maka ojek  regular/ ojek pangkalan bisa jadi pilihan, namun harga yang dipatok sedikit lebih mahal.
  11. Jika memang harus menggunakan mobil dalam sehari penuh, maka cobala menggunakan Uber atau Grabcar, karena harga akan lebih murah dibanding dengan rental mobil.
  12. Berkeliling di Jakarta dengan gratis? bisa mencoba bus city tour Jakarta, halte hanya ada di beberapa tempat, salah satunya ada di Monas dan Kota Tua Jakarta.
  13. Bila merasa bingung maka bertanyalah ke orang yang tidak mencurigakan.
  14. Bila akan membayar dengan cash, maka keluarkanlah uang Anda dan siapkanlah dikantong, hindari gerak-gerik mengeluarkan dompet dan barang berharga di tempat umum.

Tips-tips ini akan selalu dipudate, maka dari itu post ini sangat cocok dijadikan panduan singkat Anda ketika berada di Jakarta.

 

 

Aneka Tips Explore Jakarta untuk Newbie3 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Ahmad D

Dulunya blogger, sekarang jadi blogger lagi, semangatnya blogging-nya telah kembali karena melihat di Indonesia sudah banyak blogger [lagi].
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format