Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

71. Berjelajah ke Pelabuhan dengan Air yang Bersih dan Jernih di Pantai Sadeng

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Jika bosan dengan pantai dengan pemandangan yang itu-itu saja, Anda bisa berjelajah di Pantai Sadeng. Kawasan ini merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Gunungkidul. Meskipun sebuah pelabuhan, namun kondisi air di pantai ini begitu jernih, warnanya hijau kebiruan. Saat datang, Anda akan disuguhkan panorama laut degan beberapa kapal nelayan yang sedang berlabuh di pingggrnya. Cocok sekali dikunjungi bagi Anda yang senang fotografi.

Selain melihat pemandangan itu, Anda juga akan melihat aktivitas kehidupan sehari-hari yang terjadi di pelabuhan. Ada nelayan yang membersihkan kapal, pulang dari menangkap ikan, sampai dengan melakukan pengawetan pada ikan. Pantai ini terletak di Desa Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul. Jaraknya kira-kira 80 km dari Jogjakarta. Lalu untuk harga tiketnya sendiri Rp 5.000 per orang.

72. Ingin Snorkeling Seru di Gunungkidul? ke Pantai Nglambor Aja

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor

Kebanyakan pantai-pantai di Gunungkidul ini memiliki gulungan ombak yang cukup besar karena khas Pantai Selatan. Namun, dari banyaknya pantai yang ada, ada pantai dengan ombak yang cukup tenang dan akan membuat Anda bisa untuk snorkeling, yakni Pantai Nglambor. Di Pantai Nglambor ini, Anda akan melihat dua pulau karang yang bentunya mirip dengan kura-kura raksasa. Dan ‘kura-kura raksasa’ itulah yang menahan ombak dan peraiaran di tepi pantai menjadi dangkal.

Anda akan bebas melihat aktivitas biota bawah laut dengan leluasa. Bisa snorkeling ataupun berenang tanpa takut was-was tergulung ombak yang besar. Pantai ini terdapat di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Dari jogja, Pantai Nglambor ini berjarak sekitar 70 km. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang dan sewa alat snorkeling Rp 35.000 – Rp 50.000.

73. Cave Tubing dengan Aliran Air yang Sangat Tenang di Gua Pindul

Gua Pindul
Gua Pindul

Gunungkidul memiliki ciri khas memliki perbukitan karst yang bisa dibilang menyimpan berbagai pesona keindahan alam. Salah satu wisata bernuansa perbukitan karst yang cukup populer dan banyak penggemarnya di Gunungkidul adalah Gua Pindul. Dengan bermodalkan perahu sederhana dari ban dalam, Anda akan diajak untuk menyusuri keindahan gua dengan panjang sekitar 300 meter.

Anda akan diajak untuk mengecap keindahan sungai bawah tanah dengan aliran air yang sangat tenang. Ditambah lagi panorama perbukitan karst yang akan membuat Anda tergila-gila. Saat pertama memasuki gua, Anda akan mendengar kepakan sayap kelelawar yang menghuni di situ ditambah lagi stalagmit dan stalagtit yang sudah terbentuk sejak puluhan tahun yang lalu membuat pemandangan menjadi semakin syahdu.

Untuk bisa menikmati keindahan Gua Pindul ini, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya jika membawa sendiri perlengkapan cave tubing. Namun, jika tidak membawanya ada tempat persewaanya. Anda juga akan ditemani dengan pemandu yang akan menjadi pengiring selama perjalanan ke dalam gua. Sewa peralatan cave tubing, Anda akan mendapat jaket pelampung, ban dalam, dan juga senter penerang.

74. Kenang Pantai Kuta Tempo Doeloe dengan Berjelajah ke Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang

Ingin menikmati suasana Pantai Kuta tempo doeloe? Yuk berkunjung saja ke Pantai Sepanjang. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini masih sangat asri, tidak ada bangunan seperti cottage atau beach coffe, yang ada hanya warung-warung sederhana beratapkan dedaunan kering. Saat surut, penduduk sekitar bisanya akan mencari kerang atau rumput laut yang bisa untuk diolah.

Di sekitaran Pantai Sepanjang ini, Anda juga akan menemukan situs bersejarah yakni Banyusepuh. Sesuai dengan namanya, mata air ini digunakan untuk membasuh atau memandikan. Konon, pada dahulu kala, Situs Banyusepuh ini dimanfaatkan oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Namun, sekarang ini kondisisnya sudah mengering dan ditumbuhi tanaman liar, jadi sekarang sudah tidak nampak lagi seperti tempat yang disakralkan.

Kabupaten Sleman

Sleman memiliki potensi wisata yang sangat besar seperti kabupaten lainnya di Jogja. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga dan lain sebagainya. Beberapa tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Candi Prambanan, Kaliurang, dan beberapa lainnya. Tidak hanya tempat wisatanya saja yang terkenal, salah satu oleh-oleh khasnya juga cukup populer yakni salak pondoh. Yuk bahas tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman seperti berikut ini.

75. Hunting Foto Seru di Situs Candi Hindu Nan Eksentrik, Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata di Sleman yang sangat populer di telingan wisatawan. Candi Hindu ini masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia versi UNESCO. Candi ini memiliki ketinggian 45 meter dan memiliki banyak relief yang cantik nan memikat hati. Selain dijadikan sebagai lokasi wisata, Candi Prambanan ini jadi tempat peribadatan di perayaan tertentu, seperti halnya Tawur Agung Kesanga (yang merupakan perayaan menjelang Nyepi).

Jika memilih berkunjung pada malam hari, Anda bisa menyaksikkan Ramayanan Ballet yang berkisah tentang Ramayana. Sendratari ini diadakan pada malam hari setiap Selasa, Kamis dan juga Sabtu, mulai pukul 19 : 30 – 21 : 30 WIB. Untuk bisa menonton sendratari ini tergantung kelas, mulai dari Rp 125.000 –Rp 375.000. Sedangkan jika Anda hanya ingin datang dan menikmati setiap sisi dan keindahan dari Candi Prambanana hanya membayar Rp 30.000 saja untuk turis dalam negeri, dan USD 18 untuk wisatawan asing.

76. Menyisir Petilasan Istana Indah Nan Megah di Atas Bukit di Candi Boko

Candi Boko
Candi Boko

Istana Ratu Boko ini terletak 198 meter di atas permukaan laut. Areal istana memiliki luas sekitar 250.000 meter persegi. Ketika berkunjung ke sini, Anda akan melihat bukti kemegahan dari Istana Ratu Boko. Tidak hanya itu saja, di sini Anda akan disuguhkan pemandangan kota Jogja dan Candi Prambanan yang berlatarkan Gunung Merapi yang berdiri kokoh.

Candi Boko ini berlokasi di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB, harga tiket untuk orang dewasa Rp 25.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 12.500 saja. Sedangkan untuk para turis mancanegara USD 13. Cocok sekali dikunjungi bagi Anda yang gemar belajar tentang sejarah dan benda-benda kuno.

77. Jalan-jalan Asyik di Candi Tertinggi di Jogjakarta, Candi Ijo

Candi Ijo
Candi Ijo

Nama Candi Ijo ini diambil karena terletak di Bukit Hijau atau yang disebut Gumuk Ijo oleh penduduk sekitar. Berlokasi di ketinggian 375 mdpl, Candi Ijo ini merupakan candi yang tertinggi di Jogja. Pastinya, Anda sudah bisa membayangkan bukan keindahan panorama alam dari ketinggian? Anda bisa menikmati alam yang sangat indah, jika datang ke sini pagi hari, fajar yang begitu mempesona akan menampakkan sinarnya.

Candi Ijo ini terletak di Bukit Ijo di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Jaraknya kurang lebih 28 km dari pusat kota Jogja. Fasilitasnya sangat minim sekali, hanya ada Pos Penjagaan, tempat jika Anda membutuhkan informasi mengenai Candi Ijo. Buka setiap hari mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB. Lalu untuk harga tiketnya sendiri Rp 5.000 saja. Biaya lainnya mungkin ditambah parkir saja.

78. Mendatangi Candi Budha Tertua di Wilayah Jogja, Candi Kalasan

Candi Kalasan
Candi Kalasan

Berlokasi di Dusun Kalibening, Tirtamartani, Kalasan, Sleman, candi ini memiliki bentuk bujur sangkar dengan ketinggian mencapai 34 meter. Disebut juga dengan Candi Kalibening, destinasi ini dibangun pada abad ke 8. Letaknya 13 km dari Jogjakarta. Terdapat 52 buah stupa dengan tinggi 46 meter yang mengelilingi Candi Kalasan ini.

Di sini, Anda bisa puas berfoto dengan berlatar Candi Kalasan. Dan juga, Anda bisa melihat bukti sejarah peradaban masyarakat di masa lampau. Fasilitas di tempat ini  cukup minim hanya ada tempat parkir kendaraan dan beberapa warung makan. Buka mulai pukul 08:00 -17:00, harga tiketnya hanya Rp 5.000 saja.

79. Bercengkarama dengan Ketenangan di Sleman, Candi Sari

Candi Sari
Candi Sari

Lelah dengan berbagai aktivitas yang menumpuk? Ingin mencari tempat wisata yang tenang dengan panorama yang eksotis? Yuk datang saja ke Candi Sari yang berlokasi di Bendan, Tirtomartani, Kalasa, Sleman. Candi ini memiliki bentuk bangunan yang sangat megah bak istana dan dilengkapi dengan berbagai relief-relief cantik yang sarat akan makna. Candi Sari ini diperkirakan telah dibangun pada abad ke-8 sampai ke-9 pada masa kepemimpinan Rakai Pangkaran.

Bagi Anda yang senang dengan wisata sejarah, lokasi ini jadi salah satu rekomendasi untuk dituju. Bangunanya yang sangat elok dipadu dengan pemandangan sekitar yang memukau. Candi ini menjadi bukti kemegahan Indonesia pada masa lampau. Bagi yang ingin selfie sampai sekedar menenangkan diri dari hiruk pikuknya kota besar, Candi Sari ini bisa dikunjungi. Buka mulai pukul 09:00-17:00 WIB, harga tikenya hanya Rp 2.000 per orang.

80. Berwisata ke Kaki Gunung Merapi yang Tenang dan Sejuk, Kaliurang

Kaliurang
Kaliurang

Kaliurang merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sleman. Alam yang sejuk menyegarkan dan cenderung dingin, membuat orang-orang berdatangan. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, dahulu Kaliurang ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan untuk orang-orang Belanda. Tidak hanya cuacanya yang sangat mendukung, panorama alamnya indah.

Banyak sekali hal-hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari menyusuri gang-gang rumah penduduk, berburu kuliner, sampai hunting foto keren. Di sini ada gardu pandang yang bisa digunakan untuk menyaksikan keelokan Gunung Merapi. Anda juga bisa hunting foto keren di Telogo Putri dan Bukit Plawangan. Lokasi wisata ini berada di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman. Soal fasilitas, Kaliurang sangat memanjakan para pengunjung yang datang.

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format