Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

61. Berkunjung ke Lokasi Berkumpulnya Nelayan Tradisional, Pantai Gesing

Pantai Gesing
Pantai Gesing

Saat ‘mendaratkan’ kaki pertama kali di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan kapal-kapal nelayan tradisional yang sedang berlabuh. Barisan perahu yang cantik, seringkali menjadi obyek fotografi para pengunjug yang datang. Meskipun tidak sepopuler pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Gesing ini memiliki keindahan alam yang menawan. Airnya sangat jernih, Anda bisa seseruan bersama keluarga di pinggr pantai.

Bagi yang hobi memancing, pantai ini memiliki banyak ikan yang bisa dijerat. Anda bisa memuaskan hobi memancing di area ini. Lelah beraktivitas di pantai, Anda bisa mencicipi kuliner dengan menu seafods yang sangat segar, baru saja ditangkap dari laut. Banyak menu makanan laut di warung-warung yang terdapat di sekitaran pantai. Selain lezat, harga yang ditawarkan sangatlah murah dan tidak akan membuat Anda kapok.

Pantai Gesing ini berlokasi di Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Dari kota Jogja memiliki jarak kurang lebih 40 km, bisa ditempuh 2 jam perjalanan. Akses jalannya sudah cukup bagus dan tergolong mudah untuk ditempuh. Namun, hati-hati karena ada jalanan terjal yang akan dilalui. Bagi Anda yang ingin beli ikan, harganya juga cukup terjangkau, untuk ikan kakap sawo dengan ukuran umum dibaderol dengan harga Rp 35.000 per kilo.

62. Plesir ke Pantai Mungil degan Panorama Surgawi di Pantai Slili

Pantai Slili
Pantai Slili

Meski terbilang mungil atau kecil, Pantai Slili ini sangat digemari oleh wisatawan. Para wisatawan yang datang bisa bermain air sampai berburu ikan yang terjebak di karang-karang pantai. Di pantai ini, Anda juga bisa snorkeling karena sudah ada tempat persewaan alat-alatnya. Ada pemandu juga yang akan menemani selama snorkeling, jadi, tidak perlu khawatir.

Jika Anda malas untuk beraktivitas, duduk-duduk santai di gazebo yang lokasinya sangat dekat dengan pantai merupakan pilihan yang tepat. Bersantai di tepi pantai sembari menikmati kelapa muda dan kuliner laut. Pantai ini berada di Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul. Bagi Anda yang ingin menginap, ada tempat penginapan yang murah harganya mulai dari Rp 100 ribu. Sedangkan harga tiketnya sendiri bisa dibayar di pos retribusi utama sebesar Rp 10.000, tiket terusan ke beberapa pantai di Gunungkidul.

[mks_button size=”small” title=”Baca Review Pantai Slili” style=”rounded” url=”https://www.thetripcorner.com/pantai-slili-yogyakarta/” target=”_self” bg_color=”#dd9933″ txt_color=”#FFFFFF” icon=”” icon_type=”” nofollow=”0″]

63. Bersantai di Kolam Buatan Alam di Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Wedi Ombo ini adalah panoramanya sangat memikat hati. Seperti pantai berpasir putih lainnya, Pantai Wedi Ombo ini memiliki panorama yang sangat elok. Saat sore hari, destinasi ini sangat cocok digunakan untuk berburu Sang Surya yang kembali ke peraduan. Selain panoramanya, kondisi ombak yang cukup besar, membuat pantai ini biasanya digunakan oleh para wisatawan yang berkunjung untuk berselancar.

Selain itu, mereka yang berkunjung juga menghabiskan waktunya untuk memancing. Satu kegiatan lagi yang sangat seru untuk dilakukan, yaitu berenang di ‘kolam renang’ buatan alam yang berada di pinggir pantai. Airnya yang sangat jernih, akan membuat siapa saja yang datang langsung ingin terjun ke dalamnya. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.

64. Uji Nyali dengan Naik Kereta Gantung Tradisional di Pantai Timang

Pantai Timang
Pantai Timang

Bagi Anda yang senang dengan sesuatu yang berbau ekstream, Pantai Timang ini adalah salah satu rekomendasi yang tepat. Bagaimana tidak ekstream, Anda akan mengendarai kereta gantung tradisional yang terbuat dari kayu dan juga bambu dan menggunakan tali tambang plastik sebagai ‘jalurnya’. Tanpa menggunkan pengaman atau apapun, Anda akan ditarik oleh beberapa orang dan bergerak menuju ke Pulau Timang.

Dibutuhkan mental yang sangat kuat untuk naik ke kereta gantung tradisional tersebut. Karena Anda akan meluncur sendirian, yang bagian bawah langsung laut lepas. Namun, bagi Anda yang hanya ingin menikmati pemandangan, panorama di sekitaran pantai ini bisa untuk menghilangkan penat. Pantai ini berada di Pedukuhan Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Semuanya di sini gratis, yang dibutuhkan hanyalah nyali yang besar.

65. Namanya Unik dan Lokasinya Menarik, Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Pantai Jungwok

Berlokasi di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, pantai ini jadi salah satu lokasi favorit untuk camping. Banyak pengunjung datang ke sini dan camping bersama dengan teman-teman. Pantai ini tidak terlalu ramai namun memiliki panorama yang indah. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Jungwok ini. Karena aksesnya bisa dibilang cukup sulit, belum ada fasilitas memadai di kawasan ini.

Saat datang berkunjung ke pantai ini, usahakan untuk membawa keperluan pribadi yang cukup, contohnya saja minuman atau makanan. Selain itu persiapkan kendaraan dalam kondisi yang baik agar tidak terjadi masalah nantinya. Untuk harga tiketnya, Rp 5.000 per orang.

66. Jejeritan Seru Menelusuri Sungai Sepanjang 1500 Meter, Rafting di Kali Oya

Rafting di Kali Oya
Rafting di Kali Oya

Rafting Kali Oya atau yang mendapat julukan sebagai River Tubing Sungai Oya ini, merupakan salah satu destinasi yang seru untuk dicoba. Dengan melewati sungai sepanjang 1500 meter dengan kedalaman 7 – 11 meter, Anda akan leluasa bercengkarama dengan bebas selama kurang lebih 1-2 jam. Di sini, Anda akan menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam ditemani dengan pemandu dan peralatan rafting yang akan membuat diri jadi aman.

Pemandangan yang indah khas alam Gunungkidul dikelilingi dengan tebing-tebing karst akan membuat perjalanan menyusuri sungai ini tidak membosankan. Ditambah lagi, Anda akan melihat penoarama air terjun yang cukup indah saat menyusuri sungai, namanya Air Terjun Pengantin. Di Air Terjun Pengantin, Anda bisa beristirahat sejenak untuk menikmati panorama yang sangat alami. Rafting Kali Oya ini berlokasi di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Untuk harga tikenya sendiri juga cukup terjangkau yaitu Rp 45.000 saja.

67. Melihat Secara Langsung Pembuatan Ukiran Batu Kapur di Desa Wisata Mojo

Desa Wisata Mojo
Desa Wisata Mojo

Berlokasi di Dusun Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, di destinasi wisata ini Anda akan bisa melihat para pengrajin yang sedang mengukir batu kapur menjadi barang seni dengan nilai jual yang tinggi. Batu kapur ini dibentuk menjadi patung, aksesoris rumah, pot, lampion, dan lain sebagainya.  Selain bisa melihat para pengrajin, di sini Anda juga bisa menikmati panorama desa yang sangat cantik.

Ditambah lagi, desa ini masih memegang teguh adat istiadat Wedi Utah. Fasilitas yang terdapat di desa wisata ini cukup memadai, ada penginapan, ruang pertemuan, pusat oleh-oleh, serta area parkir yang cukup luas. Untuk harga tiketnya, tidak ada retribusi yang ditarik. Hanya saja, jika membeli oleh-oleh atau menginap, barulah Anda akan mengeluarkan sejumah uang.

68. Berkunjung ke Pantai Berpasir Lembut di Gunungkidul, Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan

Pantai yang masih alami dan bersih selanjutnya yang bisa dijelajahi adalah Pantai Nguyahan. Pantai ini berlokasi di Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, sekitar 200 meter dari Pantai Ngobaran. Nama pantai Nguyahan ini diambil dari kata nguyah atau garam. Konon, pantai ini dahulunya menjadi ladang penghasil garam yang subur dan berkualitas baik.

Di sekitar bibir pantai terdapat gubuk-gubuk sederhana yang bisa digunakan untuk menikmati lautan yang sangat mempesona. Semilir angin laut yang khas, deburan ombak yang mengalun merdu akan membuat Anda yang datang jadi betah untuk berlama-lama. Jangan lupa untuk mengambil foto saat berada di pantai ini ya, keindahannya sangat menakjubkan.

69. Plesir Seru ke ‘Kembaran’ Tanah Lot di Jogjakarta, Pantai Kukup

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Pantai Kukup termasuk salah satu pantai yang cukup populer di Gunungkidul. Keindahan pantainya yang menyerupai Tanah Lot di Pulau Dewata, tak pelak membuat para pengunjung berdatangan.  Selain itu, pantai ini termasuk dangkal yang cukup tenang dengan jarak 100 m dari bibir pantai. Daerah dangkal ini dibatasi oleh gundukan terumbu karang, bintang laut, dan berbagai biota bawah laut yang cantik. Karena hal inilah selain disebut sebagai Tanah Lot-nya Jogja, Pantai Kukup ini juga sebagai Akuarium Laut Alami.

Pantai Kukup ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Fasilitas yang terdapat di pantai ini cukup lengkap, ada tempat parkir, musholla, toilet, warung makan, penginapan, serta penjual oleh-oleh khas Pantai Kukup. Untuk harga tiketnya sendiri, hanya dibanderol Rp 10.000 untuk paket 8 pantai.

70. Jelajah Seru di ‘Nirwana’ Tersembunyi di GunungKidul, Pantai Ngandong

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Pantai dengan keindahan yang eksotis lainya di Gunungkidul yang bisa dijelajahi adalah Pantai Ngandong. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih, saking jernihnya Anda akan bisa melihat bawah laut dan segala macam isinya tanpa perlu untuk menyelam ke dalam. Anda akan bisa melihat ikan berwarna-warni berlalu lalang di bawah air laut yang cukup tenang.

Meskipun tidak seterkenal pantai lainnya, destinasi wisata ini sangat memanjakan pengunjung. Hal ini terbukti dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari kursi pingggir pantai yang bisa untuk melihat pemandangan laut, warung-warung makan, sampai dengan penginapan yang sangat nyaman. Pantai ini terdapat di Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul, jika ditempuh dari Jogja, kurang lebih memakan waktu 3 jam perjalanan.

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format