Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

31. Berkunjung ke Erawan Falls-nya Indonesia, Air Terjun Ledok Pokoh

Air Terjun Ledok Pokoh
Air Terjun Ledok Pokoh

Air Terjun Ledok Pokoh atau yang dikenal juga dengan Air Terjun Lepo, sekilas bentuknya mirip dengan Erawan Falls yang terdapat di Thailand. Di sana, terdapat 4 tingkat kolam alami yang berasal dari tiga air terjun. Anda bisa mandi dan bersenang-senang di kolam yang ada. Selain mandi atau berenang, tentu saja hal lain yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan pegunungan yang istimewa.

Di sini sudah ada warung-warung makan sederhana, selain itu ada juga kamar mandi, aula, persewaan tikar dan pelampung. Untuk harga tiketnya tidak dipatok, para pengunjung bisa memberikan sumbangan seiklasnya karena Air Terjun Lepo ini dikelola oleh pokdarwis setempat.

32. Panorama Mempesona Pohon Cemara Berjajar Rapi di Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru

Tempat wisata yang terbilang baru dan masih sangat asri yang terdapat di Bantul adalah Pantai Kuwaru ini. Panorama yang sangat khas akan Anda dapatkan ketika berjelajah di tempat ini. Pepohonan cemara yang indah berjajar rapi dan melambai-lambai di pinggiran pantai. Cocok sekali bagi Anda yang senang berburu foto dengan panorama alam yang indah.

Pantai ini terletak di Poncosari, Srandakan, Bantul, jaraknya kira-kira 29 km dari kota Jogjakarta. Fasilitas yang terdapat di Pantai Kuwaru ini juga sudah memadai, ada kolam renang, area memancing, motor ATV, dan lain sebagainya. Ada juga toko-toko yang menjual souvenir khas Pantai Kuwaru. Harga tiketnya sendiri, Rp 5.000 per orang. Sedangkan menyewa motor ATV dikenakan biaya Rp 25.000 per 15 menit.

33. Berkunjung ke Markas Pangeran Diponegoro di Bantul, Goa Selarong

Goa Selarong
Goa Selarong

Salah satu bukti sejarah untuk meraih kemerdekaan di Nusantara terdapat di Bantul, tepatnya di Goa Selarong. Goa Selarong ini merupakan lokasi yang digunakan sebagai markas Pangeran Diponegoro dan juga pasukannya dalam gerilya melawan para penjajah Belanda. Terlepas dari unsur sejarah yang kental, Goa Selarong ini merupakan lokasi untuk ‘melarikan diri’ sementara dari segala tugas yang menggunung.

Lokasi wisata ini tergolong sepi, maka dari itulah cocok sekali untuk yang sedang ‘menyepi’. Namun jika berniat menyepi jangan datang ke sini saat musim liburan datang, sama seperti tempat wisata lainnya, Goa Selarong ini akan ramai. Hawa di sekitaran Goa Selarog ini adem dan nyaman. Ada Air Terjun Goa Selarong yang sangat indah dan pantas dikunjungi kapan saja.

Lokasi wisata ini terdapat di Dusun Kembang Putihan, Kelurahan Guwosari, Panjangan, Bantu. Kira-kira memiliki jarak sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Goa Selarong ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiketnya sendiri Rp 2.500 per orang, sedangkan parkir Rp 2.000 untuk motor.

34. Menikmati Gemuruh Air Nan Syahdu di Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari
Air Terjun Randusari

Awalnya, Air Terjun Randusari ini merupakan sumber air bersih dan juga untuk irigasi persawahan. Namun, sekarang ini sudah bertransformasi menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Sudah banyak fasilitas yang bisa dinikmati di sini, ada warung-warung sederhana untuk mengganjal perut yang sedang kelaparan, gazebo, sampai kamar mandi untuk senantiasa membersihkan diri.

Jika tidak ingin mandi, Anda bisa bersantai di atas hammock dengan berlatar gemuruh Air Terjun Randusari yang sangat syahdu. Meskipun berada di alam terbuka, Anda akan sangat menikmati bersantai di hammock. Tanpa kepanasan atau yang lainnya, ini karena hawa di sekitaran sangat nyaman.

Air Terjun Randusari ini terdapat di Jalan Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Namun, jangan datang ke sini pada musim kemarau karena akan ditutup oleh PDAM untuk persediaan air bersih. Meskipun fasilitas bisa dibilang cukup memadai, tidak ada tiket masuk yang ditarik. Hanya saja membayar parkir motor Rp 2.000.

35. Menikmati Matahari Terbenam Tak Terlupakan di Bukit Bego Imogiri

 

Bukit Bego Imogiri
Bukit Bego Imogiri

Bukit Bego atau Bukit Batu ini terletak di Dusun Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Dulu, Bukit Bego ini merupakan dataran yang tinggi namun karena diambil tanahnya, jadilah seperti sekarang ini. Dari atas Bukit Bego, Anda akan bisa menyaksikan hamparan keindahan Bantul, Pantai Selatan, dan juga pepohonan hijau dalam sekali pandang. Sangat menyenangkan sekali.

Satu hal yang sangat memikat di tempat ini, Bukit Bego memiliki senja yang sangat sempurna. Bersama dengan orang tercinta, melihat senja yang sempurna akan menimbulkan suasan yang sangat romantis. Nah, jika ingin ke sini tidak ada biaya masuknya. Hanya parkir saja Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Murah meriah tapi sensasi yang didapakan tidak akan pernah terlupakan.

36. Rasakan Sensasi Berada di Atas ‘Awan’, Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
Tebing Watu Mabur

Siapa sangka Bantul memiliki destinasi wisata yang sangat istimewa seperti Tebing Watu Mabur ini. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan kabut yang menyerupai awan tepat berada di bawah gardu pandang Tebing Watu Mabur. Kabut yang sangat tebal inilah yang akan membuat para pengunjung serasa ‘terbang’ di atas bebatuan. Jika ingin menikmati sensasi ini, datanglah saat dini hari atau saat sore.

Lokasi wisata ini berada di Mangunan, Rt 28, Lemahbang, Dlingo, Bantul. Memang bisa dibilang loaksi wisata ini baru karena dibuka pada Juni 2015 yang lalu. Namun, meski baru dibuka lokasi ini sangat hits di kalangan muda-mudi di Jogja. Bisa camping juga di sini, jadi Anda akan menikmati bintang-bintang yang indah di atas tebing. Karcis masuknya Rp 2.000 saja, ini sudah termasuk objek wisata Goa Gajah dan Tebing Mabur ini sendiri.

37. Mengecap Keelokan Sunrise yang Cantik di Bukit Panguk

Bukit Panguk
Bukit Panguk

Bantul merupakan surganya perbukitan dengan panorama yang sangat indah, Bukit Panguk adalah salah satunya. Bukit Panguk ini berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Lokasi wisata ini baru diresmikan pada tanggal 16 Mei 2016 yang lalu oleh Dinas Pariwisata setempat. Luar biasa indah, itulah kata yang patut disematkan pada Bukit Panguk ini.

Daya tarik utama di destinasi ini adalah sunrise yang sangat indah dan tiada duanya. Daya tarik itu didukung dengan fasilitas yang bisa dibilang lumayan lengkap. Ada gardu pandang, warung-warung sederhana, toilet, mushola, dan juga tempat parkir. Buka sejak fajar sampai sore hari, lokasi wisata Bantul ini tidak ditarik biaya masuk, hanya membayar parkir saja. Lalu, kapan akan berjelajah ke sini?

38. Hunting Buah Tangan Khas Bantul di Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar Seni Gabusan Pusat
Pasar Seni Gabusan Pusat

Setelah puas jalan-jalan di Bantul rasanya ada yang kurang jika tidak membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Maka dari itu, Anda bisa datang ke Pasar Seni Gabusan Pusat yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Sewon, Timbulharjo, Bantul. Dibuka pada tahun 2004, tempat ini menyediakan beragam oleh-oleh kerajinan yang unik dan juga lucu. Tidak salah jika banyak sekali pengunjung yag datang ke sini.

Di sini tidak hanya menjual barang-barang dari Bantul saja, ada beberapa yan datang dari luar kota. Seperti halnya tas atau sepatu kulit. Bangunan dari pasar ini juga merupakan perpaduan modern dan juga tradisonal, jadi sangat unik sekali. Jam buka Pasar Gabus ini mulai pukul 08.00 pagi sampai 09.00 malam.

39. Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi
Desa Wisata Tembi

Berlokasi di Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, desa wisata ini bisa ditempuh sekitar 15 menit dari pusat kota Jogja. Banyak sekali fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh desa wisata di Bantul ini. Mulai dari homestay, berbagai kegiatan seru, menikmati kuliner, artshop, dan lain sebagainya.

Paket kegiatan seru yang bisa dipilih di Desa Wisata Tembi ini banyak ragamnya. Mulai dari membatik kain, membatik topeng, membuat kerajinan, membuat keramik dan lain sebagainya. Kegiatan kuliner juga ada, contohnya saja membuat tempe dele dan juga membuat sagon. Untuk bisa menikmati itu semua, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Dan satu lagi, lokasi ini sering dikunjungi para turis, jadi jangan kaget saat datang ya.

40. Bersantai dan Menikmati Waktu Libur di Pantai Samas

Pantai Samas
Pantai Samas

Pantai Samas ini masih berada dalam satu garis dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Pantai ini berlokasi di Desa Srigading, Sanden, Bantul yang jaraknya sekitar 35 km dari kota Jogja. Pemandangan di pantai ini cukup eksotis, dan tentunya akan membuat pengunjung betah. Di pantai ini ada mercusuar yang bisa digunakan untuk mengecap keindahan panorama di sekitarnya.

Karena ombak di sini cukup besar serta bibir pantai yang curam, para pengunjung tidak disarankn untuk mandi. Seperti Pantai Parangtrits, di sini juga sering dijadikan sebagai lokasi upacara adat seperti halnya Kirab Tumurning Meheso Suro atau Labuhan Sedekah Laut. Jadi, Anda bisa datang betepatan dengan upacara tersebut jika ingin menyaksikannya secara langsung.

Hal yang seru untuk dilakukan lainnya adalah menikmati golden sunset yang sangat magis. Fasilitas di pantai ini lumayan lengkap, ada mushola, tempat ganti baju, toilet, parkir, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri sebesar Rp 2.000 per orang.

41. Panorama Kincir Angin yang Eksotis di Pantai Padansimo

Pantai Padansimo
Pantai Padansimo

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Belanda untuk bisa melihat kincir angin, di Bantul juga ada. Tepatnya berada di Pantai Pandansimo yang terletak di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat Bantul. Kincir angin ini digunakan untuk pembangkit listrik bagi warga di sekitaran pantai.

Pantai ini sangat bersih, pemandangannya juga sangat mempesona, dan membuat pengunjung yang datang jadi nyaman. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di pantai ini antara lain kolam renang, area outbond, lahan perkemahan, dan lain sebagainya. Dengan pengelolaan yang baik, tiket masuk ke sini hanya Rp 5.000 saja. Dan tiket sebasar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format