Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

Kabupaten Bantul

Kabupaten selanjutnyaa di Jogja adalah Bantul yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah banyaknya dengan yang terdapat di Kulon Progo. Bantul sendiri terletak di sebelah selatan kota Jogja. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, sekitar 11 km saja. Berbicara masalah tempat wisata, Kabupate Bantul memiliki segudang lokasi ciamik yang bisa jelajahi. Mana sajakah itu? Yuk simak ulasannya seperti berikut ini.

21. Menyesapi Sunset yang Romantis dan Magis di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Parangtritis? Sepertinya semua orang sudah sangat familiar dengan pantai yang terdapat di Jogja ini. Bisa dibilang Pantai Parangtritis ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan domestik atau dalam negeri. Pantai Parangtritis ini berlokasi di Jalan Parangtritis km 28, Bantul, Jogjakarta.

Daya tarik utama dari pantai ini tentu saja keindahan panorama yang dimilikinya. Terlebih lagi, Anda datang saat sore menjelang matahari akan terbenam, sangat indah sekali. Selain itu, belum banyak yang tahu jika di sebelah timur tebing ada reruntuhan Candi Gembirawati yang bisa untk dikunjungi. Sembar beriwisata alam, Anda bisa mengunjungi situs sejarah.

Dengan perkembangan yang sangat pesat, sekarang di Parangtritis ini Anda bisa menyewa ATV (All-terrain Vehicle), naik kereta kuda, bemain layang-layang, dan lain sebagainya. Tiket untuk masuk ke area pantai sebesar Rp 3.000. Jika ingin menyewa ATV sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 setengah jamnya. Sedangkan untuk kereta kuda, hanya dibanderol sebesar Rp 20.000 saja sekali putaran.

22. Wisata Edukasi Berbalut Keindahan Alam di Desa Watu Lumbung Parangtritis

Desa Watu Lumbung Parangtritis
Desa Watu Lumbung Parangtritis

Jika berkunjung ke Pantai Parangtritis, jangan lewatkan bertandang ke Desa Wisata Watu Lumbung. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 4 km saja dari Pantai Parangtritis, tepatnya berada di Bukit Watu Lumbung, Kretek, Bantul. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan lam yang sangat mempesona. Bisa melihat pemandangan Parangtritis dari ketinggian dengan Gardu Pandang yang berada di tengah-tengah hutan jati yang menjulang tinggi.

Selain pemandangan, Anda akan bisa menikmati berbagai aktivitas yang sangat seru dan menghibur. Contohnya saja membaca, menanam, bersantai, menyewa tenda, membantu memasak di dapur tradisional sampai menikmati kuliner khas desa yang begitu nikmat. Desa wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-23.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya gratis.

23. Seseruan Bermain dengan Alam di Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan lokasi lainnya di Bantul yang cukup populer dan banyak diminati. Gundukan pasir alami ini kerap dijadikan lokasi untuk foto prewedding ataupun juga tempat syuting film. Gumuk pasir ini sangat luas dan membuat orang yang datang bisa bersenang-senang dan bercengkerama dengan alam secara bebas. Gumuk Pasir Parangkusumo ini berlokasi di Bantul.

Konon, hanya ada dua pasir alama yang luas seperti di padang gurun ini, yang pertama di Meksiko dan yang kedua adalah di Bantul ini. Fenomena alam yang sangat mempesona, bisa Anda nikmati secara puas di sini tanpa mengeluarkan uang. Dengan keindahan yang sangat mempesona dan juga gratis, banyak muda-mudi menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata.

24. Piknik Asik dengan Panorama Mercusuar Tinggi di Pantai Pandansari

Pantai Pandansari
Pantai Pandansari

Pantai Pandansari adalah satu-satunya pantai di Kota Gudeg yang memiliki mercusuar tinggi yang juga bisa didaki. Dari atas mercusuar, Anda bisa menyaksikan panorama yang indah membentang luas dari pantai di Bantul sampai Kulon Progo. Keindahan di pantai ini tidak berhenti di situ saja, kondisi ombaknya yang bergulung-gulung menjadi pemandangan tersendiri yang sangat istimewa.

Selain mercusuar yang menjulang tinggi dan juga keindahan pantai, ada daya pikat lainnya. Itu adalah adanya Agrowisata Buah Naga, Anda para wisatawan bisa memetiknya secara langsung dan menyantapnya. Lokasi pantai ini berada di Sanden, Bantul, DIY. Lokasi yang sangat seru untuk menghabiskan akhir pekan.

25. Menyaksikan Keindahan Laut Sembari Menikmati Seafoods di Pantai Depok

Pantai Depok
Pantai Depok

Jika Anda mencari tempat wisata alam yang lengkap dengan kuliner seafoods yang nikmat, Pantai Depok di Bantul ini merupakan lokasi yang tepat. Pantai Depok ini terkenal sebagai pusat jajanan ikan laut dengan citarasa yang lezat. Semua jenis ikan laut tersedia di sini, mulai dari cakalang, bawal, bandeng, tongkol, udang, kepiting, cumi-cumi, bahkan ada yang sampai ekstrim, hiu.

Anda bisa membeli ikan yang masih mentah atau yang sudah matang. Ada Tempat pelelangan ikan, jadi bisa membeli seafoods yang beranekaragam dengan harga yang terjangkau. Ada juga warung seafood yang berjejer rapi yang menyambut kedatangan para pengunjung. Olahan ikannya sesuai dengan permintaan, bisa dibakar, dikukus, blado, dan lain sebaganya.

Untuk harga tiketnya sendiri Rp 5.000 per orang ditambah dengan parkir Rp 2.000 motor dan mobil sebesar Rp 5.000. Untuk harga ikannya juga terjangkau, mulai dua puluhan ribu per kilo sampai di bawah seratus ribu per kg.

26. Menikmati Kolam Berwarna Biru di Dasar Jurang, Curug Pulosari

Curug Pulosari
Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan salah satu air terjun yang cukup populer di Jogja. Lokasinya yang tidak jauh dari kota Jogja membuat banyak wisatawan menghabiskan akhir pekan di tempat dengan pemandangan yang sangat memikat. Bagaimana tidak, warna air biru yang jernih, bebatuan dengan warna kuning, dipadu dengan pepohonan di sekitarnya membuat pemandangannya sangat mempesona.

Lokasi curug ini terdapat di Desa Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul.  Jika ditempuh dari pusat kota Jogja kira-kira berjarak sekitar 20 km. Meskipun letak air terjun ini berada di dasar jurang, jangan khawatir karena pihak pengelolanya sendiri sudah membuat jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi.

27. Perpaduan Aura Mistis dan Pemandangan Magis di Goa Cerme

Goa Cerme
Goa Cerme

Goa Cerme berlokasi di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Bisa dibilang, Goa Cerme ini merupakan salah satu goa yang cukup terkenal di seantero Jogja. Karena tidak hanya kecantikan panoramanya saja yang sangat memikat hati, melainkan unsur sejarah yang berbalut mistik yang semakin membuat para pengunjung penasaran.

Panorama yang sangat mempesona ini datang dari stalaktit dan stalakmit yang terdapat di dalamnya. Stalaktit dan stalakmit yang tercipta sangat megah dengan warna-warna yang sangat memikat hati. Daya pikat lainnya datang dari sejarahnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dulu, goa ini menjadi tempat bertemunya Wali Songo untuk membahas pembangunan Masjid Agung Demak dan juga sebagai lokasi dakwah.

Bagi Anda yang berencana datang ke tempat ini, harus mempersiapkan stamina ya, karena panjang goa ini mencapai 1,5 km. Tidak hanya panjangnya saja, jalurnya yang kadang sempit dan terkadang harus masuk ke dalam air saat berjalan menjadi tantangan tersendiri. Biaya masuk Rp 2.000 dan parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000. Bagi yang ingin menyusuri goa, harus menyewa pemandu Rp 50.000.

28. Berwisata Seru di Surga Buah Bantul, Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan

Salah satu lokasi untuk berwisata dengan keluarga saat berada di Bantul adalah dengan datang ke Kebun Buah Mangunan. Di sini terdapat banyak sekali jenis buah, mulai dari mangga, jambu air, rambutan, cempedak, klengkeng, manggis, dan lain sebagainya.

Selain beragam buah, panorama yang disajikan di tempat wisata Bantul ini juga sangat indah. Terletak di ketinggin 150 – 200 mdpl, Anda bisa melihat panorama yang elok dari Sungai Oyo yang seakan menjadi pembelah perbukitan. Selain itu, hawa di Kebun Buah Mangunan ini juga sangat sejuk dan membuat para wisatawan yang datang menjadi nyaman.

Kebun Buah Mangunan ini terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Buka setiap hari mulai pukul 04: 30 pagi – 06.00 sore. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja per orang. Fasilitasnya antara lain play ground, gardu pandang, homestay, kandang rusa, dan lain-lain.

jo

29. Spot Selfie Instagram-able di Bantul, Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Bagi Anda yang sangat gemar selfie, Hutan Pinus Mangunan ini bisa didatangi. Lokasinya sangat tenang, jauh dari gemerlapnya kota dengan segala isinya. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan berjajar rapi akan sangat indah jika diabadikan dalam sebuah potret. Karena panoramanya yan sangat indah inilah, tidak jarang Hutan Pinus Mangunan ini jadi salah satu lokasi untuk prewedding.

Banyak fasilitas yang bisa dinikmati di sini, mulai dari gardu pandang, kamar mandi, mushola, warung-warung sederhana, sampai panggung pertunjukan yang manyatu dengan alam. Lokasii tepat wisata ini berada di Dlingo, Mangunan, Bantul. Buka setiap hari tanpa ditarik restribusi tiket masuk. Hanya biaya parkir motor Rp 3.000 dan juga parkir mobil Rp. 10.000 saja.

[mks_button size=”small” title=”Baca Review Hutan Pinus Imogiri/ Mangunan” style=”rounded” url=”https://www.thetripcorner.com/hutan-pinus-imogiri/” target=”_self” bg_color=”#dd9933″ txt_color=”#FFFFFF” icon=”” icon_type=”” nofollow=”0″]

30. Berburu Senja yang Mengintip di Rerimbunan Pohon Pinus, Puncak Becici

Pohon Pinus, Puncak Becici
Pohon Pinus, Puncak Becici

Desatinasi lainnya di Bantul yang sedang hits dan banyak dikunjungi oleh muda-mudi adalah Puncak Becici. Destinasi ini berlokasi di Dusun Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul. Pemandangan yang disuguhkan oleh alam di Puncak Becici ini sangat indah sekali. Banyak yang bilang jika Puncak Becici ini merupakan Kalibiru-nya Bantul. Terdapat juga gardu pandang yang bisa untuk melihat keindahan panorama dari atas ketinggian.

Apa yang paling menyenangakn, berburu senja yang dibalik rerimbunan pohon pinus yang sangat mempesona. Kala malam datang, lokasi ini menjadi sangat syahdu dengan bintang-bintang di langit Bantul yang tidak akan terlupakan. Tiket masuk ke destinasi ini gratis, hanya membayar parkir kendaraan yang dibawa saja. Jangan lupa berkunjung saat berada di Bantul ya.

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format