Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

11. Bercengkarama dengan Keheningan di Pantai Bugel

Pantai Bugel
Pantai Bugel

Meskipun bisa dibilang belum seterkenal Pantai Glagah atau Pantai Tlisik, Pantai Bugel ini sangat cocok dijelajahi bagi Anda yang senang dengan tempat yang sepi. Karena terbilang masih jarang pengunjung, Anda akan bisa menyesapi setiap keindahan yang terdapat di Pantai Bugel ini dengan leluasa. Deburan ombaknya, keindahan pantainya, dan suasanan yang sangat mendukung akan membuat Anda merasa memiliki private beach.

Pantai Bugel ini berada di Dusen Bugel, Panjatan, Kulon Progo. Karena masih terbilang baru dan belum banyak orang tahu, biaya masuk untuk ke pantai ini masih gratis. Anda hanya perlu menyiapkan uang sebanyak Rp 2.500 untuk parkir. Namun, bagi yang ingin menikmati segarnya air di pantai Bugel ini, Anda harus membayar uang Rp 2.000.

Meskipun diperbolehkan untuk berenang atau mandi, bagi Anda yang tidak bisa berenang lebih baik jangan. Ini karena karakter pantai memilik ombak yang cukup ganas. Namun, jika sangat-sangat ingin usahakan mandi di pinggir dan bersama dengan orang yang mahir berenang.

12. Berburu Senja di Ujung Barat Kulon Progo, Pantai Congot

Pantai Congot
Pantai Congot

Pantai Congot ini berlokasi di Desa Jangkaren, Temon, Kulon Progo, letaknya tidak jauh dari Pantai Glagah. Jadi jika berkunjung ke Panti Glagah jangan lupa mampir ke pantai yang terdapat di ujung barat Kabupaten Kulon Progo ini. Akses jalan menuju ke pantai ini sudah sangat mudah karena letaknya tidak jauh dari jalan raya. Jalanannya halus dan beraspal, jadi datang jalan-jalan ke sini kapan saja tidak ada masalah.

Apa yang ditawarkan Pantai Congot ini? Tempat wisata di Jogja ini akan memberikan keindahan khas pantai yang seakan memiliki kemampuan ‘menyihir’. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi dan tertata rapi akan semakin menambah indah panoramanya. Pantai ini sangat indah sekali dikunjungi saat sore hari, sunset berwarna jingga akan terlihat sangat menggoda.

Ditambah dengan pemandangan hutan bakau yang sangat hijau yang akan menyejukkan jiwa. Dengan segala pemandangan yang ditawarkan, Anda hanya cukup membayar Rp 3.000 saja.

13. Menyaksikan Keelokan Kulon Progo dari Puncak Pegunungan Manoreh, Gunung Ijo

Puncak Pegunungan Manoreh, Gunung Ijo
Puncak Pegunungan Manoreh, Gunung Ijo

Gunung Ijo merupakan destinasi wisata lainnya di Kulon Progo yang akhir-akhir ini semakin diminati. Lokasinya sangat indah sekali, dari atas Gunung Ijo ini Anda bisa menikmati panorama yang sangat elok dari kawsan Kulon Progo. Mulai dari tempat wisata seperti halnya Waduk Sermo, sampi berbagai pantai juga terlihat dari puncaknya. Gunung Ijo ini terdapat di Hargotirto, Kokap Kulon Progo, sekitar 1 jam perjalanan jika dari Waduk Sermo.

Apa yang sangat menarik dilakukan di sini? Para muda mudi biasanya hunting berbagai view yang sangat mempesona. Karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di Gunung Ijo ini akan terlihat panorama alam yang sangat indah dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, Anda akan melihat awan yang seakaran di depan mata. Jangan lupa untuk selfie di padang ilalang yang sangat cantik ya.

14. Berwisata Seru di Kaca Benggala Raksasa, Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco
Waduk Mini Kleco

Salah satu tempat wisata yang terbilang baru di Kulon Progo adalah Waduk Mini Kleco ini. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Lokasinya berada di dalam satu bukit yang berada di Perbukitan Manoreh, keindahan panorama hijau yang sangat memikat hati akan bisa Anda dapatkan jika berjelajah di sini.

Penampakan Waduk Mini Kleco ini seperti kaca benggala raksasa yang bisa memantulkan keindahan alam sekitar dari airnya terlihat berwarna hijau toska dari kejauhan. Karena lokasinya masih terbilang baru, fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini cukup minim.  Namun, itu tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke sini. Belum ada retribusi atau tiket masuk, jadi hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 2.000 saja untuk parkir.

15. Seseruan Sambil Menantang Adrenalin di Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo
Arung Jeram Sungai Progo

Salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dipilih pengunjung saat datang adalah Arung Jeram Sungai Progo. Basecamp dari arung jeram ini terdapat di Kisik Kreo, Kalibawang, Kulon Progo. Letaknya kurang lebih sekitar 25 menitan dari kota Jogja. Lokasi yang sangat seru untuk Anda yang akan bersenang-senang berombongan bersama dengan teman ataupun juga keluarga besar.

Ada beberapa rute yang bisa dipilih, rute pemula, lanjutan, sampai dengan professional. Dan rute-rute yang sudah sebutkan sebelumnya masuk ke dalam trip 1, trip 2 dan trip 3. Semua kategori trip memiliki rute, lama waktu, dan harga masing-masing. Tertarik untuk rafting?

17. Mengecap Keindahan Dekorasi Alam di Wisata Baru, Puncak Widosari

 

Puncak Widosari
Puncak Widosari

Sepertinya Kulon Progo tidak habis-habis membuat para wisatawan terpesona olehnya. Kali ini ada lokasi wisata baru yang sedang hits dan banyak digemari oleh muda-mudi yaitu Puncak Widosari. Dari atas ketinggian, wisatawan akan disuguhkan dekorasi alam yang sangat menawan, panorama berupa formasi beberapa puncak yang unik dan juga sangat hijau tak pelak membut jiwa serasa damai.

Selain pemandangannya yang sangat mepesona, hawa di sekitaran ini sejuk. Agar tidak panas, lebih baik untuk datang ke destinasi ini di pagi hari. Lokasi wisata ini terdapat di Padukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo. Untuk bisa masuk ke Puncak Widosari yang memiliki panorama yang indah ini, Anda hanya dikenakan retribusi sebesar Rp 2.000 saja.

17. Menelusuri Tempat Persembunyian Dua Raksasa di Goa Kiskendo

Goa Kiskendo
Goa Kiskendo

Berlokasi di Perbukitan Menorah, tepatnya di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Goa Kiskendo ini memiliki memiliki cerita mitos yang sangat kental. Konon, goa ini merupakan tempat persembunyian dua raksasa pada zaman dahulu, yaitu Mahesasura dan Lembusura.

Dalam cerita legenda dahulu, kedua raksasa tersebut berhasil dibantai oleh Subali dan Sugriwa atas perintah dari Batara Guru. Sebuah goa yang mengajarkan kita tentang legenda dan memberikan keindahan sekaligus. Tidak heran jika goa ini menjadai salah satu lokasi yang semakin diminati.

Goa Kiskendo ini berlokasi di atas ketinggian sekitar 1200 mdpl, oleh karena itulah tempat wisata di Jogja satu ini memiliki suasana yang sejuk dan nyaman. Jika berkunjung ke sini, Anda akan ditemani oleh seorang juru kunci yang senantiasa memberikan penjelasan secara detail tentang bagian-bagian goa dan segala di cerita di dalamnya. Untuk bisa masuk ke sini, hanya perlu membayar uang Rp 3.000 saja.

18. Mencicipi Sate Paling Kondang di Kulon Progo, Warung Sate Mbah Margo

Warung Sate Mbah Margo
Warung Sate Mbah Margo

Tidak hanya menyediakan panorama alam yang indah, ternyata Kulon Progo memiliki sebuah tempat wisata kuliner yang sangat terkenal kelezatannya. Tempat itu adalah Warung Sate Mbah Margo yang berlokasi di Jalan Puroboyo-Ngentak, tepatnya di Boto, kembang, Nanggulan, Kulon Progo. Seperti namanya, salah satu kuliner unggulan di warung makan ini adalah sate kambing, jadi Anda wajib mencicipinya saat berkunjung.

Dalm satu porsi akan ada sate kambing yang lengkap dengan irisan bawang, kubis, bumbu kecap dan dipadukan dengan nasi putih yang pulen, soal rasanya tidak perlu ditanyakan lagi ya, nendang dan membuat orang ketagihan. Tidak menggunakan bambu, tusuk sate di sini memanfatkan jerusi besi. Jadi, rasa daging sate ini matang merata dan empuk.

Selain sate, ada olahan lainnya yang tidak kalah populer yaitu tongseng kambing Mbah Margo. Warung sate yang kondang di seantero Kulon Progo ini buka setiap pukul 08.00 pagi-08.00 malam. Dengan rasanya yang sangat nikmat dan mengguggah selera, satu porsi sate Mbah Margo yang sudah ada sejak tahun 1965 ini hanya dibanderol Rp 25.000 saja.

19. Jelajah Seru dengan Keindahan Alam yang Istimewa, Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka

Spot wisata selanjutnya di Kulon Progo adalah Air Terjun kembang Soka dengan keindahan yang sangat istimewa. Air terjun ini sangat unik sekali karena airnya memiliki dua warna yang berbeda, putih dan juga hijau toska.

Tidak hanya airnya aja, bebatuan yang terdapat di sekitaran lokasi meiliki warna yang cantik. Bebatuan di dasar sungai memiliki warna kuning, sedangkan batuan tebing memiliki warna merah. Perpaduan warna yang sangat cantik dan menggelitik hati setiap pengunjung yang datang. Anda bisa mandi di sini karena airnya jernih dan tidak terlalu dalam.

Tempat wisata yang sangat istimewa ini berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Kulon Progo. Nama Kembang Soka sendiri diambil lantaran banyak sekali tumbuhan tersebut yang terdapat di sekitaran lokasi. Harga tiketnya hanya Rp 3.000 saja.

20. Menikmati Wisata Khas Pedesaan yang Asri di Desa Boro

Wisata Khas Pedesaan Desa Boro
Wisata Khas Pedesaan Desa Boro

Sesekali Anda perlu traveling ke berbagi desa wisata yang terdapat di Jogja, salah satunya ya ini, Desa Boro. Di tempat ini Anda akan melihat secara langsung kehidupan pedesaan dan bisa mencobanya juga. Ada kegiatan seru seperti Live in, Anda akan merasakan sensasi menjadi seorang petani.

Selain itu, banyak juga aktivitas seru yang bisa untuk dipilih, mulai dari arung jeram (rafting), tubing river, village cycling, camping, outbond dewasa dan juga bermain paintball. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Desa Banjarsari, Kalibawang Kulon Progo. Buka setiap hari muali pukul 06:00 pagi sampai 05.00 siang. Bagi yang ingin berkunjung, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena tidak melayani kunjungan langsung.

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format