Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read


0
9 shares

Kota Yogyakarta

Kota Jogja merupakan Ibu Kota dan pusat pemerintahan dari Daerah Istimewa Yogjakarta. Kotanya sangat modern sekali dengan berbagai sarana dan pra sarana pendukungnya. Tidak kalah dengan kabupaten yang terdapat DIY, kota Jogja ini juga memiliki destinasi wisata yang populer. Sebut saja destinasi seperti Malioboro, Keraton dan beberapa diantaranya. Yuk ulas lebih lanjut mengenai destinasi wisata di kota Jogja seperti berikut ini.

88. Berwisata Sembari Belajar Tentang Ilmu Sains di Taman Pintar

Taman Pintar
Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta (TPY) merupakan salah satu destinasi wisata bertemakan pendidikan yang paling banyak diminati saat orang-orang pergi ke Jogja. Taman Pintar ini didirikan pada tanggal 9 Juni 2007 dan berdiri di atas tanah dengan luas 12.000 meter persegi. Di dalamnya, banyak sekali media yang mampu merangsang atau memancing keingintahuan anak terhadap ilmu pengetahuan.

Ilmu yang diterapkan di dalamnya mulai dari anak-anak pra sekolah, taman kanak-kanak, sampai dengan sekolah menengah. Selain berbagai media yang sangat menarik, Taman Pintar ini memiliki fasilitas lengkap. Contohnya saja perpustkaan, mushola, laboratorium, toko buku, toko souvenir, dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman Pintar ini berlokasi di Jalan Panembahan Snopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Kota Jogja.

Lalu untuk waktu operasinya, Selasa-Minggu pukul 08:30-16:00 WIB. Sedangkan untuk harga tiketnya Rp 10.000 untuk anak-anak, Rp 18.000 untuk orang dewasa. Nah, selanjutnya, Anda akan dibebankan biaya kembali jika ingin mencoba memasuki wahana tertentu. Contohnya saja, untuk wahana theater Rp 20.000 untuk orang dewasa, pelajar Rp 15.000 dan rombongan Rp 15.000 (minimal 20 orang).

89. Menyusuri Tempat Wisata Legendaris di Jogja, Malioboro

Jalan Malioboro, Yogyakarta
Jalan Malioboro, Yogyakarta

Maliboro merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer sekali di Jogja. Tidak hanya populer, Malioboro juga bisa disebut sebagai salah satu pusat wisata legendaris yang semuanya ada. Mulai dari tempat nongkrong, lokasi berbelanja, sampai dengan destinasi wisata kuliner. Semuanya ada, soal harganya? tidak perlu takut. Harga yang ditawarkan di Malioboro ini semuanya ada, mulai dari yang paling murah sampai yang termahal.

Di Malioboro ini, ada beberapa destinasi wisata di sekitarnya, ada Benteng Vredeburg, Istana Keresidenan Kolonial, Pasar Beringharjo, sampai dengan Toko batik Mirota yag sangat populer. Dengan banyaknya pesona yang ditawarkan, tidak salah jika Malioboro semakin ke sini menjelma jadi destinasi legendaris paling banyak diminati oleh wisatawan, baik domestik atau mancanegara.

90. Berkunjung ke Istana Raja dan Mengabadikan Setiap Sudutnya, Keraton Jogja

Keraton Jogja
Keraton Jogja

Selain Malioboro, Keraton Jogja ini merupakan destinasi favorit lainnya. Destinasi wisata yang sangat kental dengan nilai sejarah dan tradisi ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Di tempat ini, Anda akan melihat berbagai ruangan yang digunakan oleh para Raja di Jogja. Di hari-hari tertentu, Anda akan bisa menikmati pertujukan wayang golek, tari-tarian, dan lain sebagainya.

Yang lebih seru lagi, Anda bisa berkomunikasi dengan para abdi dalem yang terkenal sopan dan ramah. Dengan mengenakan busana tradisional para abdi dale mini terlihat sebagai pribadi yang menarik. Anda akan betah berlama-lama di dalam Istana Jogja ini. Terlebih lagi, bangunan Istana yang sangat khas dan banyak lukisan yang dipajang akan membuat Anda tidak pernah menyesal telah datang.

Keraton Jogja ini berada di pusat kota Yogyakarta. Aksesnya sangat mudah sekali, bisa menggunakan kendaraan umum ataupun juga pribadi. Harga tiketnya Rp 5.000 untuk wisatawan dalam negeri dan Rp 15.000 untuk wisatawan asing. Jika membawa kamera akan tambah Rp 1.000 saja.

91. Tempat Permaisuri dan Raja Mandi Pada Zaman Dahulu, Taman Sari

Taman Sari
Taman Sari

Lokasi wisata sejarah lainnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Sari ini. Dahulu, Taman Sari ini difungsikan sebagai lokasi mandi dan tempat peristirahatan Sultan dan keluarganya. Sebagai ‘bekas’ tempat peristirahatan, lokasi ini masih terlihat berdiri kokoh dengan desain bangunan yang cantik. Saat pertama kali masuk Anda akan langsung bertemu dengan kolam pemandian Taman Sari.

Lokasi Taman Sari ini berada di Jalan Kom. Taman Sari, Patehan, Kraton, Kota Jogja. Buka setiap hari, mulai opukul 08:00- 14:00 WIB. Lalu untuk harga tiketnya sendiri, Rp 3.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 7.000 untuk wisatawan asing.

92. Berkunjung ke Beringin Kembar yang Sarat Akan Mitos di Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul atau yang lebih populer disebut Alkid merupakan destinasi favorit yang memiliki banyak penggemar. Di alun-alun ini, ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat yang masih dipercaya hingga kini. Konon, kalau kita berhasil melewati pohon beringin kembar di sana dengan mata tertutup, maka keinginan akan terpenuhi. Banyak orang pernah melakukan hal tersebut, entah itu menjadi kenyataan atau tidak namun sudah berhasil menyedot banyak pengunjung.

Selain dua pohon beringin kembar, di malam hari akan banyak sekali daya tarik yang memikat hati. Contohnya saja mobil gowes warna-warni atau ada yang menyebutnya sebagai becak cinta. Untuk tiketnya gratis karena ini merupakan tempat umum. Hanya saja, Anda perlu mengeluarkan uang untuk parkil dan mencoba beberapa permainan di sana.

93. Menengok Kembali Tempat Pertahanan Militer Belanda di Jogja, Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan bangunan pertahanan militer Belanda yang dibangun pada 1776-1778. Di dalamnya terdapat ruang pengintaian, meriam, kantor dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak wisatawan datang ke sini untuk melihat megahnya arsitektur Belanda. Dengan perawatan yang bagus, Benteng Vredeburg ini memiliki keindahan yang sangat khas. Selain bisa menikmati pemadangan, belajar sejarah, dan juga berfoto, Anda juga bisa menyewa sepeda Onthel dan mengeliligi Benteng Vredeburg ini.

Fasilitas yang terdapat di sini cukup lengkap, sebut saja free wify, mushola, pemandu, kamar mandi, perpustakaan, dan lain sebagainya. Destinasi wisata ini berlokasi di Ngupasan, Gondomanan, Jogja. Tempatnya sangat dekat dengan Malioboro, hanya berjalan kaki saja sudah sampai. Buka setiap Selasa-Minggu, pukul 7:30-16:00 WIB. Harga tiketnya Rp 2.000 saja, sangat murah meriah ya.

94. Jangan Lewatkan Selfie Asik di Landmark-nya Kota Gudeg, Tugu Jogja

Tugu Jogja
Tugu Jogja

Belum ke Jogja bila Anda belum datang ke landmark yang sangat legendaris satu ini. Ikon dari kota Jogja ini dibangun oleh Hamengku Buwono I dan saat ini mejadi salah satu lokasi yang sangat diburu oleh para wisatawan. Para pengunjung yang datang, sampai antri untuk bisa berfoto di Tugu Jogja. Meskipun terlihat cukup sederhana, icon Jogja satu ini sangat indah saat malam datang.

Lokasi Tugu Jogja ini berada di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan AM. Sangaji dan Jalan Pangeran Diponegoro. Namun secara administratif berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Guwono, Jetis, Kota Jogja. Bagi Anda yang ingin berfoto dan mengabadikan kenangan karena telah datang ke Jogja, tidak ada restribusi yang ditarik. Namun, Anda harus sabar jika antrian panjang mereka yang ingin berfoto.

95. Museum Madam Tussaud Ala Jogja, Arca Statue Museum

Arca Statue Museum
Arca Statue Museum

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa mengunjungi patung lilin, di Indonesia tepatnya di Jogja sudah ada lho. Museum patung lilin ini berada di Pasar Senin XT Squre, Jl. Veteran, Pandeyan, Kota Jogja. Konsepnya mirip dengan Musem Patung Lilin Madam Tussaud di Hongkong, dan di dalamnya banyak patung dengan ukuran sebenarnya.

Di sini ada tiga zona yang bisa dipilih, zona tokoh nasional, zona presiden dunia, sampai zona tokoh dunia. Saat datang ke sini, pastikan baterai ponsel atau baterai kamera terisi dengan full, pasalnya semua sisi yang terdapat di dalamnya sangat menarik hati untuk diabadikan. Museum De Arca beroperasi setiap hari, mulai pukul 10:00-22:00 WIB. Semetara harga tiketnya Rp 50.000 dan untuk tiket terusan Rp 75.000.

96. Jalan-Jalan ke Museum 3D Pertama di Jogja, De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum atau Museum De Mata menambah jajaran museum unik yang dimiliki oleh Jogjakarta. Di sini, Anda akan bisa melihat 120 gambar dengan tipuan mata yang canggih seakan-akan keluar dari bingkai mereka. Gambar-gambar tersebut memiliki ukuran yang berbeda, ada yang ukuran sedang sampai besar. Ada beberapa kategori gambar di museum ini, mulai dari romance, super hero, ornament, tokoh olahraga, landscape, sirkus, binatang, dan lain sebagainya.

Saat berniat untuk jelan-jalan ke sini, datangnglah saat museum baru buka karena Anda akan bisa dengan leluasa ‘menguasai’ berbagai spot gambar cantik tanpa harus menunggu atau ditunggu. Museum unik ini berada di Jl. Veteran, Pandeyan, Kota Jogja yang dahulu adalah terminal lama Umbulharjo. Lalu untuk harga tiketnya sendiri, Rp 120.000 per orang. Beroperasi setiap hari, mulai pukul 10:00-22:00 WIB.

Agar bisa traveling ke Jogja dengan nyaman dan juga lancar, ada beberapa tips yang bisa untuk Anda lakukan.

  • Buat persiapan yang matang (mulai dari uang, destinasi, sampai transportasi)
  • Jadikan teman sebagai tour guide, lebih aman dan gratis
  • Jangan ragu untuk menawar jika memang belanja di pasar
  • Berbaur dengan masyarakat
  • Kalau bisa gunakan bahasa Jawa saat berinteraksi dengan masyarakat setempat
  • Siapkan GPS dan pelajari arah mata angin agar tidak kesasar

Jogja memang sangat istimewa, beragam suguhan wisata ditawarkan. Jalan-jalan seru ke Jogja, akan kurang lengkap sekali rasanya jika Anda tidak mencoba berbagai kuliner khasnya, contohnya saja gudeg atau oseng mercon. Yuk segera kemasi barang-barang dan traveling ke Jogja sekarang juga.

 

Ini 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)72 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

0
9 shares

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format