Jogja adalah kota dengan seribu kenangan manis di dalamnya. Selalu ada yang membuat hati ingin kembali; kenangannya, keramahannya, dan keindahannya

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Travel Guide Yogyakarta (Jogja)

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang lebih familiar disebut dengan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Tempat wisata yang sangat melimpah dipadu dengan orang-orang yang ramah, membuat wisatawan jadi betah. Jangan heran jika sedang jalan-jalan atau sekedar nongkrong di Jogja akan menemun tersebut adalah, Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman. Sementara untuk kotanya sendiri adalah Kota Jogja. Yuk kita ulas satu per satu destinasi yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo merupakan kabupaten di Jogja yang letaknya berada di sebelah barat DIY. Berbicara masalah destinasi wisata, Kulon Progo akhir-akhir ini banyak dicari. Berbagai destinasi baru yang khas anak muda membuat berbagai tempat wisata di Kulon Progo naik daun. Ada banyak spot-spot kece untuk sekedar hunting foto dan menghilangkan penat. Sebut saja spot-spot seperti halnya Kalibiru, Kedung Pedut, dan lain sebagainya saat ini sedang digandrungi oleh muda-mudi. Penasaran apa saja tempat wisata di Kulon Progo? Cek di bawah ini.

1. Menikmati Eksotisme Perbukitan dari ‘Menara Pandang’, Wisata Kalibiru

Wisata Yogyakarta - Kalibiru

Wisata Yogyakarta – Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan salah satu lokasi yang bisa dibilang cukup hits sampai detik ini juga. Wisata Kalibiru ini berlokasi di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Jaraknya kurang lebih sekitr 40 km dari kota Jogja. Karena jalannya yang cukup menanjak, disarankan untuk memilih kendaran ber-cc besar saat berencana traveling ke Kalibiru.

Banyak muda-mudi yang datang ke tempat wisata di Kulon Progo ini hanya untuk mengabadikan foto di ‘Menara Pandang’ di atas pohon. Memang hal ini sangat menarik sekali diabadikan dalam sebuah potret, lokasinya yang sangat hijau membuat foto yang dihasilkan sangat instagram-able.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3000 saja per orang dengan tarif parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5000. Sementara bagi Anda yang ingin berfoto di atas ‘Menara Pandang’ dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 10.000.

2. Sensasi Empat Gunung dalam Sekali Jalan, Puncak Suroloyo

 

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo. Saat memutuskan untuk jalan-jalan ke Puncak Suroloyo ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan 4 gunung sekaligus. Gunung tersebut adalah Merapi, Merbabu, Sumbing, dan juga Sindoro.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi wisata di Kulon Progo ini adalah musim kemarau. Karena saat musim kemarau, Anda akan bebas menikmati keindahan sunset dan juga sunrise tanpa ‘dihalang-halangi’ oleh awan hitam ataupun juga kabut. Selain keempat gunung tersebut, Anda juga bisa meneropong keindahan puncak Candi Borobudur dari kejauan.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan, bagi para durian addict atau penggemar durian, datanglah ke Puncak Suroloyo ini pada musimnya. Dijamin, Anda akan kenyang durian sembari menikmati keelokan alam dari ketinggian. Bagi Anda yang ingin menginap, tenang saja ada homestay ataupun bungalow sederhana yang bisa dipilih. Harga tiket masuk ke Puncak Suroloyo ini hanya Rp. 2000 saja dan parkir Rp. 1000.

3. Pesona Keindahan Panorama Hijau di Barat Yogyakarta, Desa Wisata Nglinggo

 

Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo

Bagi Anda yang ingin ‘kabur’ dari hiruk pikuknya kota dan segala kemacetannya, Desa Wisata Nglinggo ini bisa dikunjungi. Pemandangan hijau yang menyejukkan mata akan membuat Anda segar kembali untuk menjalani berbagai rutinitas dan tuntutan harian. Di desa wisata ini ada kebun teh satu-satunya di Jogjakarta, yakini Kebun Teh Nglinggo.

Desa wisata ini terletak di Desa Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo. Tidak hanya hamparan teh saja yang bisa dinikmati, di sini Anda bisa menikmati keasrian Curug Watu Jonggol. Lokasinya yang terdapat di 900 mdpl memang cukup menantang sekali dilalui, namun kelelahan Anda akan terbayar lunas saat melihat keindahannya.

Untuk masuk ke Kebun Teh Nglinggo, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar RP. 3000 saja, dan itu sudah termasuk parkir. Pikiran kembali tenang dengan harga yang sangat murmer alias murah meriah.

4. Lepaskan Diri Bermain dengan Air di Water Park Alami, Kedung Pedut

Water Park Alami, Kedung Pedut

Water Park Alami, Kedung Pedut

Liburan di tempat wisata air dengan berbagai wahananya, pasti akan membuat kenangan tersendiri ya. Namun, bagaimana bermain air di water park alami yang disuguhkan oleh alam? Yup, jika Anda ingin merasakannya datang saja ke Kedut Pedut saat berada di Jogjakarta.

Lokasi Kedung Pedut ini berada di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Dri kejauhan, Anda akan melihat air di sini memiliki warna biru toska yang sangat memikat hati. Kondisi alamnya yang sangat asri, dipadu dengan gemericik air yang seakan menggoda untuk dijamah, tak pelak akan membuat Anda betah untuk berlama-lama.

Anda bisa bermain sepuasnya di wahana ini. Terlebih lagi karena disediakan oleh alam tentu saja airnya bebas dari yang namanya kaporit yang sering kali membuat kulit jadi bermasalah. Tertarik untuk berjelajah ke sini? Anda hanya perlu mempersiapkan uang sebesar Rp 3.000 saja.

5. Bergumul dengan Keindahan Kulon Progo dari Puncak Gunung Lanang

 

Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang dimiliki oleh Kulon Progo. Baru dibuka pada tahun 2015 yang lalu, Puncak Gunung Lanang ini menyuguhkan panorama yang sangat memikat hati. Dari ketinggian Puncak Gunung Lanang ini, Anda bisa samar-amar mendengar gemuruh ombak dari Samudera Hindia.

Puncak Gunung Lanang ini berlokasi di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Konon, lokasi wisata ini dahulunya merupakan bekas tempat semedi sosok yang sangat sakti yaitu Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari.

Ketika berkunjung, ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Wisatawan dilarang mengambil apapun kecuali foto, dan tidak diperkenankan untuk menginggalkan apapun keucuali jejak kaki. Jam berkunjung tempat wisata ini mulai pukul 08:00 – 18:00 WIB, dan akses masuknya sampai saat ini masih gratis.

6. Menelusuri Nirwana Tersembunyi di Kulon Progo, Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Bagi orang yang baru pertama kali mendengar nama air terjun ini pastinya bertany-tanya dari manakah asal usul nama yang sangat unik itu, Air Terjun Perawan. Ternyata, nama tersebut dipilih lantaran air terjun yang terletak di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo ini masih ‘perawan’ alias masih terjaga kelestariannya dan keasriannya.

Untuk bisa mencapai ke tempat wisata Kulon Progo yang masih perawan ini, Anda harus bersusah payah terlebih dahulu. Namun, ketika sampai di sana tidak ada rasa lelah yang terasa yang ada hanya kekaguman. Kekaguman yang mendalam dengan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Tidak hanya air terjun saja yang bisa untuk dilihat, kan banyak kera-kera berekor panjang yang berada di sekitaran lokasi. Karena tempat wisata ini masih terbilang baru, fasiltsnya belum cukup memadai. Meskipun begitu, para wisatawan tetap tahu cara bersenang-senang. Ada yang membawa peralatan bermain panjat tebing, flaying fox dan lain sebagainya dari rumah secara pribadi.

7. Blusukan ke Sumber yang Tak Pernah Keruh, Air Terjun Grojokan Sewu

Air Terjun Grojokan Sewu

Air Terjun Grojokan Sewu

Namanya sama dengan air terjun yang terdapat di Jawa Tengah, namun ini berbeda degan yang dimaksud. Air Terjun Grojokan Sewu ini berada di Dusun Benteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Grojokan Sewu ini karena banyaknya aliran air yang melewati jeram. Yang sangat istimewa dari air terjun di Kulonprogo ini adalah airnya tidak pernah keruh meski hujan sekalipun.

Bagi yang berniat datang ke sini, harus siap-siap bawa baju ganti ya, karena Anda tidak akan tahan dengan godaan segarnya air Air Terjun Grojokan Sewu ini. Selain berenang, Anda juga bisa melihat pemandangan yang begitu asri dan menyejukkan mata.

Harga tiket masuk ke tempat wisata Jogja ini hanya dibanderol Rp 3.000 saja. Untuk bisa sampai ke air terjun, Anda harus berjalan sekitar 200 meter dari pintu masuk. Perjalanan akan sangat menyenangkan karena di setiap mata memandang Anda akan melihat panorama hijau dan asri.

8. Menyesapi Senja yang Sangat Menawan di Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo

Destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan lainnya jika berkunjung ke Kulon Progo adalah Waduk Sermo. Bukan sembarang waduk, lokasi ini dijadikan oleh warga dan juga wisatawan untuk menghabiskan waktu liburnya. Pasalnya, air yang terdapat di Waduk Sermo ini sangat jernih dan membuat orang yang melihatnya menjadi damai.

Selain melihat pemandangan waduk, bagi Anda yang hobi memancing Waduk Sermo ini merupakan salah satu rekomendasinya. Bagaimana tidak, di waduk ini banyak terdapat ikan setan merah yang tentu saja akan membuat memancing jadi lebih seru. Ditambah lagi, bagi para pecinta senja yang elok, lokasi satu ini jadi salah satu pilihan yang tepat.

Lokasi Waduk Sermo ini berada di Sermo, Hargowilis, Kokp, Kulon Progo. Untuk biaya masuknya sendiri jangan khawatir kantong kempes, hanya perlu membayar Rp 2.000 saja. Biaya parkir sebesar Rp. 1.500 untuk motor, Rp 3.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan besar seperti bus atau truk.

9. Jalan-Jalan Tak Terlupakan di Primadona Kulon Progo, Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Hanya berjarak kurang lebih 40 km dari kota Jogja, Pantai Glagah ini menawarkan wisata yang komplit. Para wisatawan yang datang bisa bermain kano di laguna, menaiki motor cross di hamparan pasir di pinggir pantai, dan juga memancing di atas tetrapod, dan satu lagi yang seru yaitu memetik buah naga segar dari kebunnya langsung. Bagi para penggila sunset yang indah, Pantai Glagah ini wajib dikunjungi.

Hal ini membuktikan jika Kulon Progo bisa jadi salah satu rekomendasi jika berkunjung ke Jogja. Panta Glagah ini terdapat di Desa Glagah, Temon, Kulon Progo. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata yang sangat memanjakan pengunjung ini, Anda hanya diminta membayar Rp 4.000 saja.

10. Berwisata Sembari Menyelamatkan Penyu di Pantai Trisik

 

Pantai Trisik

Pantai Trisik

Bagi para pecinta pantai dan segala isinya, datang saja ke Pantai Trisik yang terdapat di Banaran, Galur, Kulon Progo. Keindahan pantai berpadu denga persawahan dan juga kebun kelapa milk warga sekitar akan membuat siapa yang datang ke tempat ini jadi tergila-gila. Beragam burung juga ada di Pantai Trisik ini.

Tidak hanya itu saja, keramahan penduduk sekitar membuat wisatawan yang berdatangan jadi sangat betah. Anda aka melihat penduduk sekitar melakukan kegiatan ekonominya di pantai ini. Bisa dibilang, Pantai Tlisik ini merupakan jantung ekonomi dari warga di sekitar. Saat berkunjung, Anda juga akan berkesempatan melihat warga yang bekerja di rumahnya sebagai pengrajin eceng gondok.

Selain berwisata Anda juga ‘bercengkerama’ denganpenyu. Karena memang Pantai Trisik ini merupakan lokasi untuk konservasi penyu. Lokasi di sekitar pantai ini bisa dibilang masih sangat asri, sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang mencari pelarian untuk menghilangkan stres. Tidak mahal, hanya Rp 2.000 saja harga tiket yang harus dibayar.

72 min readIni 96 Destinasi Wisata Terpopuler di Kota Gudeg, Jogja (Ulasan Terlengkap)
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.