“Terlihat “kecil” dan hanya punya sedikit destinasi, padahal… Jika ditelusuri, Bogor menyimpan sejuta kejutan manis!”

Helda Sihombing, Travel Blogger ~Food Explorer

 

Terletak di Provinsi Jawa Barat, kota Bogor memiliki banyak sekali tempat wisata yang selalu menarik perhatian para wisatawan, baik bagi warga lokal maupun interlokal bahkan mancanegara. Tak heran jika pemerintah kerap meningkatkan daya tarik wisata tersbut supaya selalu terlihat menarik untuk dikunjungi. Berikut tempat-tempat wisata yang bisa menjadi agenda liburan kalian yang menyenangkan:

Daftar Isi

1.  Menyelusuri Taman Flora di Kebun Raya Bogor

Grand Garden Resto & Cafe

Grand Garden Resto & Cafe

Tak melulu orang Bogor, bukan orang Bogor pun tentu mengenal baik dengan tempat ini. Terletak di pusat kota, kebun ini dikelola LIPI dan menyimpan banyak sekali biota-biota alam yang dilindungi. Seringkali biota tersebut kerap digunakan untuk kepentingan penelitian. Salah satu biota yang dilindungi adalah tanaman anggrek, bunga bangkai Raflesia, buah-buahan, dan sebagainya. Tak heran jika Kebun Raya Bogor dibuka untuk umum.

Jika kalian berada di Bogor atau wilayah Jadetabek, luangkanlah waktu kalian untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 07.30-17.00 dengan HTM 14.000 (Domestik) dan Rp 25.000 (Mancanegara).

Lihat ulasan Kebun Raya Bogor selengkapnya

 

2. Menikmati Suasana Outdoor di Lemongrass Bogor

Sebelum Memasuki Bangunan

Sebelum Memasuki Bangunan

Nama tempat ini cukup menarik bagi banyak kalangan karena Lemongrass Bogor merupakan tempat makan yang sangat populer. Tempat ini kerap dijadikan pula sebagai tempat kumpul di kala waktu senggang. Terletak di Jalan Raya Pajajaran, Lemongrass Bogor menawarkan desain interior yang sangat menarik dan sangat instagrammable. Jadi jangan ragu untuk mengajak teman dan keluarga kalian untuk bersantai di sana.

Makanan yang ditawarkan sangat bermacam-macam, mulai dari Lemongrass Toast, Chicken Wings, Kwetiau Penang, dan masih banyak makanan dan minuman yang patut dicoba. Harganya sangatlah terjangkau, mulai dari Rp 15.000 – Rp 50.000 dengan jam buka 10.00-22.00.

Lihat ulasan Lemongrass Bogor selengkapnya

 

3. Menciptakan Suasana Baru di Two Stories Bogor

Two Stories Bogor

Two Stories Bogor

Bogor juga tak kalah memiliki tempat menarik untuk sekedar bertemu dengan teman dekat. Kali ini Bogor memiliki kafe unik yang bernama Two Stories. Berlokasi di Pajajaran Indah, kafe ini menyediakan berbagai macam makanan yang dijual mulai dari harga Rp 10.000 – Rp 125.000. Selain itu, kalian juga akan dimanjakan dengan interior kafe yang sangat alami dengan adanya pohon buatan dan lampu berkelap-kelip. Tak hanya itu, kalian juga dapat menikmati suasana outdoor supaya dapat melihat pemandangan kota Bogor dari atas. Menu yang ditawarkan antara lain Crispy Mongolian Beef dan Choco Mousse untuk memanjakan harimu.

4. Berkumpul Bersama Keluarga Sambil Wisata di Puncak Bogor

Daerah Puncak Bogor

Daerah Puncak Bogor

Siapa yang tidak mengenal tempat ini? Ini bukanlah sekedar tempat wisata saja, karena di Puncak memiliki banyak sekali macam villa, hotel, dan banyak sekali tempat wisata yang dapat kalian kunjungi bersama teman maupun keluarga. Beberapa tempat wisata di Puncak yang dapat kalian kunjungi antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas, Taman Safari, Taman Wisata Matahari, dan sebagainya. Selain itu, tempat-tempat penginapan yang terdapat di Puncak, Bogor juga memiliki fasilitas yang sangat beragam sesuai dengan kebutuhan kalian. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp 100.000 hingga lebih dari Rp 2 juta per malam.

5. Menelusuri Belahan Rimba di Taman Safari Indonesia

Visit zebras in #tamansafari #bogor this weekend when ☔. 😻

A photo posted by The Trip Corner (@thetripcorner) on

Kalian tentu akan tertarik dengan keanekaragaman hewan di seluruh Indonesia dan berharap bisa melihat mereka secara langsung dalam satu tempat. Sekarang sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Bagi kalian yang tinggal di daerah Jakarta, Banten, bahkan di Jawa Barat dan sekitarnya, kalian wajib mgnunjungi Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor. Meskipun harga tiket cukup mahal, yaitu Rp 140.000-150.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 250.000-300.000 untuk wisatawan mancanegara kalian dapat menikmati segala fasilitas yang sudah ditawarkan oleh pihak pengelola. Selain itu, Taman wisata tersebut juga memiliki atraksi hewan, taman hiburan, dan restoran-restoran bertemakan safari.

6. Rangkaian Warna Pada Air Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna Puncak Bogor

Di lokasi perbukitan, tepatnya di Desa Tugu, terdapat Telaga Warna yang merupakan salah satu cagar alam yang memiliki beragam flora dan fauna yang dilindungi. Asal mula nama Telaga Warna pun muncul dari alga di dasar danau yang dapat berubah warna tergantung pada pantulan sinar matahari. Tak heran jika tempat ini seringkali dikunjungi oleh banyak kalangan anak kecil hingga dewasa. Selain memandangi air telaga tersebut dengan perahu, kalian juga dapat melakukan outbound bahkan olahraga santi bersama teman dan keluarga. Harga tiketnya pun sangatlah murah, mulai Rp 7.500 dan buka mulai pukul 07.00-17.00.

7. Sejuknya Alam Puncak Melalui Pesona Alam Resort

Pesona Alam Resort

Pesona Alam Resort

Apakah kalian sedang mencari tempat penginapan di Bogor dan membutuhkan fasilitas lengkap tanpa harus keluar dari penginapan jauh-jauh? Kali ini di kawasan Cisarua, Puncak, terdapat penginapan yang memiliki fasilitas terbaik yang bernama Pesona Alam Resort. Tak jauh dari lokasi Taman Safari Indonesia, resort ini memiliki fasilitas lengkap berupa tipe kamar tidur yang beragam hingga villa pribadi. Selain itu hotel berbintang empat ini juga memiliki spa, kolam renang, taman bermain, dan sebagainya. Harga per malam relatif terjangkau, mulai dari harga Rp 656.000 – 773.000 untuk bedroom dan Rp 1.265.000-2.665.000 untuk harga villa per malam.

8. Mencari Tantangan Baru di Curug Kapas Sentul

Curug Kapas Sentul

Curug Kapas Sentul

Apakah kalian suka mencari tantangan? Kalian suka dengan wisata alam? Tentu kalian akan tertarik dengan keindahan air terjun yang terdapatdi seluruh penjuru Indonesia. Akan tetapi, sebaiknya kalian lirik air terjun yang terdapat kawasan Sentul Bogor yang dinamakan Curug Kapas. Curug ini biasa disebut sebagai Curug Kapas Biru karena keindahannya dan beningnya air yang dihasilkan. Cagar alam ini sangat cocok untuk kalian yang hobi mandi di tengah derasnya air terjun. Untuk memasuki tempat wisata ini, kalian harus mengeluarkan kocek Rp 15.000 per orang. Ajak teman dan keluarga kalian untuk menikmati Curuh Kapas Sentul.

9. Menikmati Indahnya Pemandangan Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Alun-alun Kencana Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini seringkali menjadi tujuan utama para pendaki gunung yang ingin menikmati indahnya puncak tertinggi seraya menelusuri ke seluruh penjuru. Salah satu tempat paling populer dari Gunung Gede Pangrango adalah Alun-alun Surya Kencana. Tempat ini memiliki bunga Edelweiss yang sangat indah dan tentunya populer bagi pendaki gunung. Selain itu, nama dari Surya Kencana berasal dari salah satu tokoh terkenal yang berasal dari Jawa Barat yang mendirikan kota Cianjur dan memiliki istri jin dan dua putra.

10. Makan Siang di Rumah Air Bogor

Rumah Air Bogor

Rumah Air Bogor

Jika kalian mengira bahwa makan di restoran di dalam ruangan sudah melebihi dari kata bosan, mengapa kalian tidak mencoba merasakan sensasi makan di tengah kolam? Bogor memiliki restoran yang beda dengan konsep restoran biasa yang dinamakan Rumah Air. Ternyata tempat ini sering digunakan untuk acara-acara penting. Tak heran jika makanan yang disajikan sangatlah enak mulai dari makanan khas Sunda hingga Barat. Restoran ini tak hanya menyediakan makanan saja melainkan fasilitas outbound yang bertemakan air untuk anak-anak. Harga makanan di sana sangatlah terjangkau, terutama bagi kalian yang tidak ingin makan sendirian. Jadi tunggu apalagi?

11. Jamuan Terapung di Eco Park Ah Poong

Eco Park Ah Poong Bogor

Eco Park Ah Poong Bogor

Berlokasi di Sentul, Bogor, Eco Park memberika sensasi lain dalam menjamu tamunya untuk menikmati makanannya. Berkonsep seperti pasar apung, tersedia tempat makan terbagi menjadi dua yaitu di atas perahu atau di meja makan biasa. Sistem pembayaran yang ditawarkan pun juga berbeda. Kalian harus memiliki kartu deposit khusus pembelian dan isi saldonya sesuai dengan jumlah yang kita mau. Minimal pembelanjaan sebesar Rp 5.000 dan bisa kalian tambah dengan nominal tertentu. Jenis-jenis makanannya sangat beragam, mulai dari makanan khas sunda, makanan khas jawa, dan makanan penutup lainnya seperti es serut beserta berbagai macam minuman.

12. Berenang di Curug Bidadari Sentul

Curug Bidadari Sentul

Curug Bidadari Sentul

Curug Bidadari terletak di Sentul Paradise Park, Bogor yang lokasinya berhimpitan dengan Gunung Salak dan Gunung Mas. Tempat ini dikhususkan tak hanya bagi kalian yang ingin mandi di alam bebas saja, melainkan berenang di kolam yang berdekatan dengan air terjun tersebut. Jika kalian tidak memiliki baju renang, pihak pengelola menyediakan banyak sekali pakaian renang yang dapat disewakan. Bagi kalian yang membawa anak di bawah umur, tersedia ban karet yang dapat membantu buah hati untuk berenang. Harga tiket masuk ke sana terbilang murah, yaitu Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 untuk akhir pekan.

13. Wisata Murah Meriah di Curug Leuwi Hejo Bogor

Curug Leuwi Hejo Bogor

Curug Leuwi Hejo Bogor

Tempat ini merupakan cagar alam berupa air terjun yang terletak di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Selain itu curug ini juga biasa disebut Curug Bengkok yang bebatuannya tidak lurus serta berbentuk sangat kecil. Wisata ini memang sangat murah meriah dengan kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Berkat keramaian media sosial yang menyorot keberadaan Curug Leuwi Hejo ini, banyak sekali wisatawan yang penasaran dan berdatangan mengunjungi cagar alam ini. Untuk menelusuri ke sana kalian daat berangkat dari Sentul City dan mengarah ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar kemudian belok kiri ke Desa Karang Tengah.

14. Momo Milk, Sensasi Minum Susu Paling Beda

Momo Milk Bogor

Momo Milk Bogor

Susu selalu menjadi minuman favorit bagi banyak kalangan. Sekarang susu sudah dijual dengan berbagai macam rasa seperti stroberi, cokelat, melon, dan sebagainya. Namun bagaimana kalau meminum susu di kafe yang paling nyaman di kota Bogor? Kali ini Bogor Timur memiliki kafe bernama Momo Milk Barn. Sesuai dengan namanya, kafe ini menjual banyak sekali minuman yang terbuat dari susu. Sebut saja Milkshake, Yoghurt, Pancake, bahkan mereka juga menjual makanan berat seperti Cordon Bleu Rice. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Selain itu, suasanya sangat nyaman dan berkonsep semi outdoor.

15. Bermain Air di The Jungle Bogor

The Jungle Bogor

The Jungle Bogor

Jangan salah sangka dengan nama tempatnya karena tempat ini bukanlah hutan rimba betulan. Tempat ini adalah waterboom yang bernama lengkap The Jungle Adventure Park yang terletak di Sentul, Bogor. Tak hanya untuk anak-anak taman bermain ini juga dikhususkan untuk remaja hingga dewasa. Jika kalian tertarik untuk meluangkan akhir pekan di sana, The Jungle buka mulai pukul 09.00-17.00. Harga tiket yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 80.000 di hari biasa dan Rp 95.000 di hari akhir pekan. Arah jalan untuk sampai ke tempat ini berada di dalam kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence.

16. Berpiknik Ria di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Jika kalian sedang mencari temat piknik keluarga yang murah meriah tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak, kalian hanya perlu ke Kebun Raya Cibodas. Letaknya tepat di kaki Gunung Gede Pangrango Kebun Raya ini memiliki danau kecil dengan air yang bening serta berbagai macam tanaman yang dijaga kelestariannya. Letaknya yang berada di kaki gunung membuat pemandangan yang terlihat berupa perbukitan yang sangat cocok untuk melakukan aktivitas outdoor seperti layang-layangan, outbound, kemah, dan kegiatan lainnya yang dapat dilakukan bersama rombongan-rombongan kalian. Segera rencanakan piknik bersama orang-orang tersayang segera! Ditambah pula tempat ini gratis dikunjungi.

17. Menyelusuri Taman-taman Indah Bak Luar Negeri di Taman Bunga Nusantara

Happy long weekend, Indonesian! Staycation or go to the new places? #longweekend #indonesia #backyard #explorebogor

A photo posted by The Trip Corner (@thetripcorner) on

Siapa bilang Indonesia idak memiliki taman yang sangat luas? Terletak di Cianjur, Taman Bunga Nusantara sangatlah luas dan memiliki banyak sekali taman-taman khusus yang dapat kalian kunjungi sesuka hati. Selain itu, suasana yang sangat hening dan sejuk sangat cocok untuk relaksasi dari segudang kegiatan. Taman-taman tersebut terdiri dari Taman erancis, Taman Rahasia, Taman Dino, dan sebagainya. Harga tiket masuknya terbilang murah, yaitu Rp 25.000 per orang. Jika kalian berminat dan membawa anak-anak, ajaklah mereka untuk menaiki wahana khusus yang sudah disediakan. Setiap wahana harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000.

18. Menaiki Gondola di Little Venice Bogor

Little Venice Bogor

Little Venice Bogor

Sesuai dengan namanya, Little Venice didesain sesuai dengan konsep kota Venice, Italia. Terletak di kawasan Villa Estate di Puncak, Bogor, tempat ini menyediakan beberapa wahana yang bisa digunakan bersama keluarga-keluarga tersayang kalian, seperti gondola, banana boat, rubber boat, kapal Misssisipi, dan sebagainya. Jika kalian berada di sana, suasana tempat Little Venice sangatlah romantis. Tak heran jika tempat ini juga cocok untuk dijadikan foto pre wedding. Harga tiket masuk mulai dari Rp 25.000 dan Rp 35.000 per orang khusus untuk wahana. Jika kalian tertarik mereka juga menyediakan restoran, kolam renang, lapangan tenis, penginapan, dan sebagainya.

19. Menelusuri Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Bagi kalian yang penasaran kebudayaan Sunda lebih mendetail, sempatkanlah kalian untuk mendatangi Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung ini terletak di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Bagi yang penasaran kalian akan menjumpai banyak sekali upacara adat bahkan karyawan-karyawan yang memakai pakaian adat khas Sunda. Konsep tempat yang sangat ramah lingkungan kerap kali digunakan beberapa perusahaan atau tingkat-tingkat sekolah untuk mengadakan bounding untuk mengakrabkan diri kepada sesama. Keluarga pun juga bisa datang mengunjungi Kampung Budaya ini. Jika kalian tertarik, siapkan kocek mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 400.000 untuk 30 orang karena mereka menyediakan harga paket yang cukup variatif.

20. Menanam buah di Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Kalian suka berkebun, memancing, dan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan alam tapi tidak tahu tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas tersebut? Bogor memiliki tempat yang sangat cocok untuk memenuhi keinginan kalian. Tempat itu bernama Taman Buah Mekarsari di Cileungsi, Jonggol. Taman ini dirancang khusus untuk kalian yang menyukai berkebun, memancing, bahkan melihat binatang-binatang yang dapat dipelihara. Suasana sejuk yang ditawarkan pun juga cocok untuk kalian yang ingin libur dari segudang aktivitas. Jika kalian berminat, harga tiket masuk Taman Buah Mekarsari sebesar Rp 25.000 dan belum termasuk dengan paket lainnya yang ingin kalian kunjungi.

21. Menelusuri Alam di Situ Gede

Situ Gede Bogor

Situ Gede Bogor

Situ Gede adalah sebuah danau kecil yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor. Danau ini juga terdapat pusat-pusat penelitian yang berhubungan dengan kehutanan, mulai dari pihak nasional maupun internasional. Hal tersebut daat kita lihat banyak sekali hutan alami yang tumbuh di sana. Cagar alam ini cocok sekali untuk kalian yang hobi memancing. Selain itu, kalian dapat menelusuri sebagian kecil dari Situ Gede dengan perahu khusus. Suasana yang asri dan sejuk sangat cocok pula untuk mengajak teman dan keluarga tersayang. Jika kalian tertarik untuk meluangkan waktu kalian di sana, siapkan kocek sebesar Rp 4.000 per orang.

22. Menelusuri Berbagai Macam Museum di Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Setiap kota pasti memiliki beragam jenis museum. Kota Bogor yang ramah dengan keanekaragaman lingkungan fauna dan flora menginspirasi pemerintah untuk mendirikan museum yang sesuai dengan lingkungannya. Tak hanya itu, bagi kalian yang menyukai sejarah Bogor juga memiliki beberapa museum yang berhubungan dengan sejarah-sejarah Indonesia. Museum-museum yang dapat kalian kunjungi adalah Museum Tanah, Museum Zoologi, Museum Etnobotani Indonesia Herbarium Bogoriense, Monumen dan Museum PETA, Museum Perjoangan Bogor, Museum Pembela Tanah Air, dan sebagainya. Jika tertarik, sempatkanlah waktu kalian bersama orang-orang terdekat untuk mengunjungi museum di Bogor dan pastinya, harga tiket yang dijual sangatlah murah.

23. Menikmati Fasilitas Penginapan Terbaik di The Highland Park Resort

The Highland Park Resort

The Highland Park Resort

Jika kalian mencari penginapan dengan fasilitas terbaik, harga terjangkau, dan tidak mau jauh-jauh dari kota Bogor sekarang di kawasan Tamansari terdapat penginapan yang bernama The Highland Park Resort. Uniknya, penginapan ini menggunakan konsep camp. Ada empat tipe yang dapat kalian pilih, yaitu Mongolian Camp, Apache Camp, Barak Camp, dan sebagainya. Namun sejauh ini banyak sekali pengunjung yang lebih memilih tipe Mongolian Camp. Selain itu, kalian dapat menikmat fasilitas lainnya seperti taman bunga, kolam renang, fasilitas olahraga, dan sebagainya. Jika kalian tertarik dan siapkan gocek sebesar Rp 1,7 juta untuk menikmatinya.

24. Berkreasi Asyik di Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari

Bogor memiliki sekali hiburan yang selalu menarik perhatian banyak orang. Salah satu taman wisata yang patut dilirik adalah Taman Wisata Matahari di Puncak, Bogor. Taman ini memiliki empat spot yang dapat kita coba, antara lain Spot Petualangan yang terdiri dari Flying Fox, ATV Adventure, mini outbound, dan sebagainya. Kemudian ada spot pendidikan untuk anak-anak. Setelah itu ada spot permainan yang dikhususkan untuk meningkatkan imajinasi anak. Terakhir, ada spot alam yang bisa diikuti semua kalangan. Harga setiap spot dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Namun kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

25. Menjelajahi Alam Hijau di Kawasan Curug Cilember

 Curug Cilember Bogor

Curug Cilember Bogor

Selain terkenal dengan taman-taman alaminya yang indah, Bogor juga terkenal dengan curug-curug yang sangat segar untuk dinikmati. Curug yang terkenal adalah Curug Cilember yang terletak di Cisarua, Bogor. Curug yang tersedia ini tidak hanya satu, melainkan ada tujuh curug yang setiap tempatnya memiliki level tertentu. Level tersebut dilihat dari susahnya tempat untuk dijangkau. Meskipun demikian, semua usaha tersebut akan dibayar dengan keindahan alami yang ditawarkan di kawasan Curug Cilember. Selain air terjun, cagar alam ini juga memiliki tempat konservasi kupu-kupu. Harga tiket masuk untuk memasuki Curug Cilember sebesar Rp 6.000 per orang.

26. Bersantai Ria di Tengah Sawah di Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Taman bunga, air terjun, lalu apalagi yang Bogor miliki tentang wisata alam? Ternyata Bogor memiliki pemandian air panas. Bedanya, pemandian ini terdapat di tengah sawah dan di dekat gunung. Bagaimana bisa? Ya, cagar alam ini terletak persis di kawasan Gunung Kapur Cisereng Bogor, perbatasan antara Bogor dan Tangerang Selatan. Pemandian ini memiliki ciri khas dari aroma belerang dari tiga lubang yang menciptakan air panas tersebut. Meskipun arah jalan ke sana terbilang sangat jauh dan masih belum bisa dijangkau, tempat ini selalu terfavorit bagi siapapun yang penasaran dengan tempatnya.

27. Melarikan Diri ke Curug Ciherang

Curug Ciherang

Curug Ciherang

Lagi-lagi membahas air terjun, kali ini Curug Ciherang terletak di kawasan Sukamakmur, Bogor. Lokasinya yang sangat sejuk menyarankan kalian untuk mengunjungi tempat tersebut dari pagi. Tak heran jika cagar alam ini bisa menjadi tempat alternatif bagi kalian yang sedang mencari hiburan berkualitas dari dunia kerjaan. Debit air yang dihasilkan pun menyarankan kalian pula untuk menyediakan pakaian ganti jika kalian terkena semburan air terjun dan basah kuyup. Selain itu, Curug Ciherang juga memiliki jalan khusus ke rumah pohon. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dan mengabadikannya. Harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000 per orang.

28. Sentuhan Alami dari Curug Cikoneng Sentul

Curug Cikoneng Sentul

Curug Cikoneng Sentul

Terletak di Sentul Bogor, Curug Cikoneng memiliki keunikan yang dapat kalian jumpai. Keunikan tersebut berupa himpitan dari Gunung Batu dan Gunung Geulis. Selain itu, air terjun ini dipadu dengan lokasi persawahan, desa, dan aliran sungai yang sangat alami. Tak heran jika ketika kalian ke sana, sensasi alami sangat kerasa dan bukan sama sekali buatan tangan manusia. Meskipun jalurnya cukup sulit untuk dilalui, kalian hanya bisa dilalui dengan jalan setapak di jalan berbatu. Curug lainnya dapat kalian nikmati yang terletak di atas, yaitu Curug Luhur. Harga tiket yang ditawarkan adalah Rp 3.500 per orang.

29. Relaksasi di Pemandian Air Panas Ciseeng

Pemandian Air Panas Ciseeng

Pemandian Air Panas Ciseeng

Bogor yang terletak berdekatan dengan banyak gunung seringkali memunculkan mata air gunung yang bisa dijadikan pemandian air panas alami. Salah satu pemandian air panas yang dapat kalian nikmati adalah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pemandian ini terletak di Desa Bojong Indah Bogor dan dapat ditemuh dengan mobil selama 1,5 jam. Mata air ini berasal dari gunung kapur yang dapat menghasilkan belerang murni dan sangat bermanfaat bagi tubuh terutama penyakit tulang dan kulit. Kawasan pemandian ini juga memiliki fasilitas outbound untuk semua kalangan. Harga tiket masuk ke pemandian air ini sebesar Rp 6.000.

30. Menelusuri Lika Liku Gunung Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Sebagai gunung tertinggi dan terbesar di Provinsi Jawa Barat, Gunung Gede Pangrango merupakan destinasi alam yang sangat diminati oleh pecinta alam dan pendaki gunung. Terbentang di tiga kota yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Gunung Pangrango kerap dijadikan sebagai taman nasional. Selain pemandangan bunga edelweiss yang indah, kawasan ini memiliki sekitar 450 spesies burung dan ekosistem lainnya berupa hutan montana, danau, savana, rawa, dan sebagainya. Tak hanya itu, keanekaragaman yang terdapat pada gunung ini selalu dijadikan sebagai tempat penelitian nasional maupun internasional. Gunung Pangarango juga memiliki beberapa wisata alam yang terletak di kaki gunung.

31. Menikmati Keindahan Alam Gunung Salak pada Akhir Pekan

Gunung Salak

Gunung Salak

Meskipun terkenal mistis, Gunung Salak yang terletak di Bogor selalu menjadi favorit para pengunjung teruntuk siapapun yang penasaran. Sesampainya di sana, banyak sekali destinasi yang bisa kita coba untuk kita telusuri. Destinasi tersebut terdiri dari pemandian air panas dan curug-curug seperti Curug Cigamea, Curug Gunung Seribu, Curug Pangeran, dan sebagainya. Gunung Salak juga biasa digunakan untuk bumi perkemahan bagi para anggota pramuka maupun para pecinta alam. Lokasinya yang berada di tengah gunung pun menuntut kita untuk menaiki tangga yang sempit nan curam. Harga tiket untuk memasuki wilayah tersebut sebesar Rp 6.000.

32. Menyantap Pizza Terenak di Kedai Kita Bogor

Kedai Kita Bogor

Kedai Kita Bogor

Ketika kita beralih ke kuliner, Bogor selalu memiliki banyak cara untuk menarik perhatian masyarakat setempat bahkan bukan orang Bogor pun ikut penasaran dengan kuliner yang dimiliki Bogor. Salah satu sajian kuliner yang patut dicoba adalah pizza yang dibuat oleh Kedai Kita, Bogor. Kafe yang terletak di Jalan Pangrango ini membuat signature dish pizza kayu bakar. Letaknya yang berdekatan pula dengan kafe Momo Milk tidak menutup kemungkinan pula bahwa tempat ini juga merupakan tempat favorit warga Bogor. Harga kisaran dari Kedai Kita ini terbilang cukup terjangkau, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

33. Menyantap Olahan Susu Terbaik di Cimory Riverside View

Cimory Riverside View

Cimory Riverside View

Bagi kalian yang menyukai berbagai jenis olahan susu, tentu kalian mengenal yoghurt. Siapa yang tidak mengenal minuman sehat ini? Selain itu, Indonesia berhasil membuat yoghurt yang menjadi favorit seluruh masyarakat. Tentu kalian mengenal merk yoghurt Cimory. Produk minuman yang berasal dari Puncak, Bogor telah membuat restoran bertemakan alam supaya kalian dapat menikmati pemandangan alam terbaik sambil menikmati menu-menu yang ditawarkan. Menu tersebut mulai dari berbagai jenis olahan sosis, Chicken Cordon Bleu, dan sebagainya mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 40.000. Mereka juga menyediakan makanan penutup seperti pancake, es krim, dan yoghurt.

34. Melihat Proses Pengolahan Yoghurt di Cimory Mountain View

Cimory Mountain View

Cimory Mountain View

Jika Cimory memiliki restoran yang memiliki pemandangan aliran sungai yang deras nan alami, Cimory juga membuka restoran yang berhadapan langsung dengan pemandangan alam yang tak kalah spektakuler. Cimory Mountain View terletak di Jalan Raya Puncak – Cianjur, Bogor yang sudah didirikan sejak tahun 2004. Tempat ini merupakan tempat pertama yang dibangun oleh pihak Cimory jadi jangan kaget jika mereka menyediakan fasilitas lengkap. Tak hanya restoran, mereka juga memiliki minimarket, arena permainan, dan tur untuk rombongan minimal 25 orang. Jika kalian penasaran, ajaklah keluarga besar untuk merencanakan tur khusus di Cimory Mountain View.

35. Menyelami Kesejukan Alam Terunik di Green Lagoon Halimun Salak

Green Lagoon Halimun Salak

Green Lagoon Halimun Salak

Jangan salah sangka sebelum kalian memberanikan diri untuk mengunjungi Taman Nasional Halimun Salak. Cagar alam ini menawarkan sensasi alam yang berbeda di antara lainnya. Salah satunya adalah berbagai macam spesies flora dan fauna yang dilindungi, ekowisata, dan pemukiman warga yang mendiami kawasan taman nasional tersebut. Taman ini terletak di daerah Citalahab, Bogor. Fasilitas-fasilitas yang dapat kalian nikmati terdiri dari perkebunan teh Nirmala, trekking sepeda gunung, air terjun, dan pemandian air panas. Itulah sebabnya taman wisata ini seringkali dijadikan destinasi terbaik bagi para keluarga besar yang ingin berlibur pada akhir pekan.

36. Menikmati Tiga Air Terjun Sekaligus di Kawasan Curug Ciburial, Bogor

Kawasan Curug Ciburial

Kawasan Curug Ciburial

Biasanya ketika kalian sedang berkunjung ke cagar alam air terjun, tempat tersebut selalu menawarkan satu spot air terjun khusus dan mau tidak mau kita harus bergantian untuk merasakannya. Akan tetapi, bagaimana jika di daerah Cibadak, Sukamakmur, Bogor memiliki tiga air terjun dalam satu tempat sekaligus? Ya, Bogor memiliki cagar alam air terjun yang memiliki curug kembar tiga yang bernama Curug Ciburial. Meskipun akses untuk menuju ke sana tergolong sangatlah sulit, tak heran curug ini biasa disebut dengan Curug Perawan. Jika kalian penasaran, siapkan kocek seharga Rp 10.000 untuk retribusi.

37. Mendapatkan Spot Foto Terbaik di Gunung Pancar

Gunung Pancar Bogor

Gunung Pancar Bogor

Selain Gunung Pangrango, Gunung Salak, dan lain-lain, Bogor juga memiliki Gunung Pancar yang terletak di kawasan Sentul, Bogor. Keunikan dari gunung tersebut adalah hutan pinus, rasmal, serta beringin yang selalu menjadi tempat favorit bagi seluruh pengunjung. Selain dijadikan tempat piknik, Gunung Pancar juga digunakan untuk foto pre-wedding bahkan dijadikan bumi perkemahan. Tak heran dengan pemandangannya yang menakjubkan membuat kalian akan tertarik untuk mengambil sudut tiap sudut untuk diabadikan ke dalam bidikan kamera. Ajaklah teman dan keluarga untuk berpiknik ria di alam terbuka ini. Harga tiket masuk Gunung Pancar dijual seharga Rp 5.000.

38. Menikmati Teh Alami Langsung dari Kebunnya di Kebun Teh Agromas

Kebun Teh Agromas Bogor

Kebun Teh Agromas Bogor

Bagi kalian yang merupakan pecinta teh, tentu kalian ingin mencari teh yang benar-benar dinikmati di mana pun dan kapan pun. Atau kalian adalah orang yang penasaran terhadap proses pembuatan kemasannya. Bogor memiliki banyak sekali perkebunan teh yang dapat kalian coba. Kebun Teh Agromas terletak di Puncak, Bogor. Selain perkebunan teh, lokasinya yang sangat sejuk cocok untuk membawa anak-anak ke tempat bermain khusus seperti outbound, berkuda, dan melihat proses kemasan teh secara langsung. Jika tertarik, kalian dapat menginap di empat macam penginapan yang telah disediakan untuk rencana liburan terbaik kalian.

39. Menjelajahi Curug Saderi di Desa Ciasmara, Bogor

Terletak di Desa Ciasmara, Kabupaten Bogor, objek wisata Curug Saderi berdampingan dengan empat terjun lainnya yaitu Curug Cijambe, Curug Parabakti, dan Curug Cisesupan. Khusus Curug Saderi, air terjun ini memiliki rute yang cukup sulit untuk dilalui oleh kendaraan umum karena jalanan tersebut masih belum beraspal. Meskipun demikian, banyak sekali wisatawan yang kerap penasaran dengan cagar alam ini dan meluangkan waktunya untuk pergi ke sana pada akhir pekan. Jika kalian tertarik, jangan khawatir karena penduduk setempat siap mendampingi kalian untuk menunjukkan air terjun tersebut. Popularitas yang belum mencuat di media dan penglolaannya yang belum tertata mengakibatkan belum adanya biaya retribusi bagi siapapun yang berniat mengunjungi Curug Saderi tersebut.

Sekian dari banyak wisata Bogor yang bisa menjadi acuan kalian untuk berlibur bersama teman dan keluarga tersayang. Agendakan liburan kalian dan buatlah momen liburan semanis mungkin!

39 Tempat Wisata di Bogor Paling Rekomendasi untuk Dikunjungi22 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Helda Waty Sihombing

Surrealist, Not crazy just a lil' unwell | Blogger,
Skirt-lover. Black coffee no sugar. Music-Food-Explorer at IG: cuaphelda

Tidak normal tapi spesial!