“Segar mata melihat indahnya warna-warni tempat ini kombinasi segarnya alam puncak”
   Ahmad D, Travel Blogger

Taman Bunga Nusantara adalah salah satu taman bunga terbesar di Indonesia yang letaknya berada setelah daerah puncak Bogor. Biasanya masyarakat lebih mengenal lokasi Taman Bunga Nusantara berada di daerah puncak Bogor, namun lokasi sebenarnya sudah masuk daerah Cianjur.

Sejarah Singkat

Taman Bunga Nusantara dirintis tahun 1992 oleh Ibu Dani Bustanil Arifin yang tidak lain merupakan ketua Yayasan Bunga Nusantara dikala itu. Ibu Dani Bustanil Arifin beserta anggota Yayasan Bunga Nusantara membangun taman bunga ini sebagai bentuk penciptaan aset agrowisata yang kelak bisa menjadi destinasi wisata nasional dan Internasional.

Adapun tujuan lain dari pembangunan Taman Bunga Nusantara ini, yaitu:

  • Wadah penelitian, fasilitas belajar dan peningkatan kreatifitas masyarakat
  • Membantu pemerintah dalam pengembangan destinasi agrowisata
  • Lapangan kerja masyarakat yang berada disekitaran Taman Bunga Nusantara
  • Tempat pelestarian tanaman langka dan tempat wawasan lingkungan
  • Meningkatkan cinta masyarakat akan bunga sebagai sumber kesejahteraan
  • Tempat rekreasi bagi semua kalangan baik wisatawan domestik hingga internasional

Semenjak berdiri, Taman Bunga Nusantara telah dikunjungi sangat banyak wisatawan. Sempat menjadi tempat upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke 50 tahun, dan acara pembukaan resmi langsung dibuka oleh presiden Soeharto tahun 10 September 1995.

Pengalaman Ketika Berada di Taman Bunga Nusantara

Sebelum masuk lebih jauh, baca dulu peta untuk mengetahui letak dan tempat yang akan dikunjungi.

Peta Taman Bunga Nusantara

Peta Taman Bunga Nusantara

Ada Green House disisi Kanan Setelah Masuk

Green House Taman Bunga Nusantara

Green House Taman Bunga Nusantara

Setelah membayar tiket dan masuk, maka kita akan disambut dengan pemandangan luas nan warna warni didepan kita. Sesaat setelah masuk kita akan dihadapkan dengan berbagai bunga gantung di gerbang masuk, lalu setelah berjalan sedikit, maka disisi kanan ada miniatur burung merak yang terbuat dari kumpulan bunga yang tingginya bisa mencapai 5 meter.

Miniatur merak ini merupakan salah satu koleksi yang sangat dijaga oleh Taman Bunga Nusantara, karena terdapat beragam jenis bunga warna-warni yang membentuk miniatur ini. Bila menghadap ke kiri, maka kita akan menjumpai sebuah kafe kecil yang menjual makanan dan minuman khas.

Koleksi Tanaman Sub Tropis

Koleksi Tanaman Sub Tropis

Nah, disarankan menjelajah dari sebelah kanan dan memutar, karena ada banyak taman lainnya yang akan kita jumpai bila memulai dari sisi kanan kawasan Taman Bunga ini. Setelah berbelok ke kanan, di ujung jalan kita akan bertemu dengan sebuah green house. Di green house ini terdapat banyak sekali koleksi bunga dan tanaman langka, bahkan terdapat koleksi tanaman dari musim sub tropis.

Juga terdapat sebuah kolam kecil dengan ikan koi yang ada didalamnya, membuat green house seakan menjadi halaman belakang rumah idaman setiap orang. Dikenakan biaya saat ingin memasuki green house ini, namun jangan khawatir, biaya tersebut hanya Rp2000 saja.

Mengunjungi Taman Jepang

Taman Jepang

Taman Jepang

Setelah selesai menikmati indahnya green house, saatnya mengunjungi taman Jepang. Letaknya bersebelahan dengan lokasi green house. Sudah terasa aroma suasana Jepang saat masih berada diluar kawasan taman Jepang, karena pondasi pgara khas yang menyerupai pagar tradisional yang dipakai di perkampungan Jepang sana.

Disini terdapat banyak sekali koleksi-koleksi bonsai Jepang yang dikombinasikan dengan rerumputan dan diatur sedemikian rupa sehingga sangat menyerupai suasana halaman rumah-rumah tradisional kekaisaran Jepang.

Taman Bunga Nusantara Ini Lebih dari Mall

Jalan Setapak di Taman Bunga Nusantara

Jalan Setapak di Taman Bunga Nusantara

Sejenak setelah puas menikmati Taman Jepang dan kelar dari kawasan tersebut, terdapat jalan setapak yang akan menghubungkan kita ke lokasi-lokasi menarik lainnya. Namun tidak seperti taman pada umumnya, taman ini dilengkapi audio dengan musik-musik tanang nan damai yang mana audio ini diletakkan disetiap sisi taman. Bisa dibayangkan betapa indahnya alunan musik dengan suasana puncak dan pemandangan yang indah. Sangat sangat sangat menenangkan jiwa, melebihi suasana ketika berkunjung ke mall atau perpustakaan gramed*a. Hehe.

Ada Taman Labirin Keren, Jangan Kesasar , ya!

Taman Labirin di Taman Bunga Nusantara

Taman Labirin di Taman Bunga Nusantara

Letaknya berada di tengah kawasan Taman Bunga Nusantara, dapat dengan mudah dicari karena berdekatan dengan Menara Pandang. Menara Pandang sendiri merupakan menara dengan ketinggian sekitar 5 lantai yang dirancang khusus untuk menikmati kawasan Taman Bunga dari atas. Nah, taman labirin sendiri berada tidak jauh disekitar Menara Pandang.

Taman labirin sejatinya merupakan sebuah jalan kecil yang dindingnya terbuat dari tanaman hijau yang mana jalan ini membentuk sebuah labirin-labirin sehingga ketika masuk maka disanalah letak keseruannya. Kita diharuskan mencari jalan sendiri untuk keluar dari taman ini. Namun bila tidak yakin, sebelum masuk taman labirin, didepan gerbang taman terdapat peta jalan keluar, jadi tidak perlu takut nyasar, ya.

Nah, sebelum sampai ke Taman Labirin ini, bila berjalan dari arah Taman Jepang, maka kita akan berpapasan dengan Taman Mediterania dan beberapa food stall. Bila sedikit berjalan kearah belakang maka kita akan menemukan Air Mancur Musikal, Taman Amerika dan Dahlian Corner.

Rekreasi Menikmati Alam Puncak Cianjur

Piknik di Taman Bunga Nusantara

Piknik di Taman Bunga Nusantara

Karena letaknya tidak jauh dari Gunung Gede, maka pastilah Taman Bunga Nusantara memiliki hawa sejuk khas kawasan pegunungan. Selain bisa menikmati udara yang begitu bersih, menikmati indahnya kumpulan bunga-bunga dan menghabiskan waktu rekreasi atau piknik disini adalah hal yang sangat tepat. Ada baiknya membawa perlengkapan dan bekal dari rumah sehingga tidak perlu membeli makanan tambahan dijalan.

Terdapat banyak lapangan rumput yang rasanya memanggil-manggil kita untuk diduduki. Ada banyak spot untuk rekreasi, namun ingat, disini sangat dilarang mengambil bunga sembarangan apalagi menjadikan kumpulan bunga tersebut sebagai tempat rekreasi. Jangan dirusak, ya.

Ditengah Taman Bunga Safari terdapat Surganya Angsa

Danau Angsa di Taman Bunga Nusantara

Danau Angsa di Taman Bunga Nusantara

Mengapa disebut surganya angsa? Karena danau ini adalah danau yang cukup luas dan disana hidup 2 jenis angsa, angsa putih dan hitam. Danau ini dikenal juga sebagai danau dewi kunthi, karena di pinggir danau terdapat patung setengah badan besar dewi kunthi. Dewi kunthi sendiri merupakan salah satu tokoh dalam cerita Mahabrata.

Terdapat beberapa tempat duduk yang terbuat dari besi dimana dari sini kita bisa menikmati indahnya danau ini dengan angsa-angsa didalamnya. Didanau ini juga hidup ikan mas yang sangat besar sekali. Jadi bisa dibayangkan betapa rukun ya ikan mas berenang bersama angsa di danau angsa ini.

Jam Taman dan Binatang yang Menghuni Taman Bunga Nusantara

Jam Taman di Taman Bunga Nusantara

Jam Taman di Taman Bunga Nusantara

Sebelum sapai di Jam Taman, kita akan melewati Taman Perancis dan Taman Mawar, setelahnya akan melewati koleksi bambu. Dan letak Jam Taman ini berada ditengah depan Taman Bunga Nusantara, lebih dekat sebelum pintu gerbang. Jam Taman adalah sebuah taman yang berada didalam pagar yang melingkar, dimana didalamnya terdapat banyak bunga yang ditanam dan terdapat jarum raksasa yang bergerak sebagai penunjuk arah jam. Jam ini sangat unik sekaligus indah, karena warna warni bunga yang ada didalamnya.

Burung Merak dari Bunga

Burung Merak dari Bunga

Lalu sebelum mengakhiri perjalanan dan kembali ke gerbang depan, kita akan disambut oleh binatang yang menghuni Taman Bunga Nusantara. Kita akan bertemu dengan jerapah, kelinci, merak hingga dinosaurus leher panjang “Brachiosaurus”. Namun semua binatang ini bisa kita ajak foto “selfie” karen mereka terbuat dari tanaman dan bunga yang indah.

Cara Menuju Taman Bunga Nusantara

Bila Anda datang dari arah Jakarta dan Bandung maka tidak lain dan tidak bukan salah satu alternatif kendaraan yaitu menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan rental. Jalanan yang dilalui ketika menuju Taman Bunga Nusantara sudah mulus dan bisa dilalui dengan mudah. Kendati demikian, tetaplah kurangi kecepatan.

Alamat lengkap: Jl. Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Peta Google Map

Jam buka: 10.00 – 17.00 WIB

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

  • Selalu bawalah payung atau jas hujan ketika berkunjung kesini, kita tidak pernah tahu cuaca di daerah pegunungan. Terkadang bisa sangat cepat berubah, maka dari itu bawalah jas hujan atau payung untuk berjaga.
  • Terdapat banyak pasar sayur kecil pinggir jalan saat mengunjungi Taman Bunga Nusantari bila datang dari arah Bogor, perhatikan kecepatan kendaraan.
  • Sangat disarankan membawa bekal makanan dan minuman, karena minuman dan makanan yang tersedia di food stall harganya bisa 3 kali lipat harga normal. Beberapa food stall menyediakan pop mie, hot dog, snack, minuman ringan dan ada pula yang menjual bakso.
  • Bawalah kantong plastik bila perlu untuk membuang sisa makanan yang telah kita bawa dari rumah.
  • Bawalah alas duduk yang anti air ketika rekreasi, karena ketidaktahuan kita apakah semalam turun hujan atau tidak didaerah ini yang menyebabkan rumput dan tanah menjadi lembab dan basah.
  • Bawalah kunci double untuk motor.

Harga Tiket dan Parkir

Tiket Taman Bunga Nusantara

  • Tiket masuk Taman Bunga Nusantara (diatas 4 tahun): Rp30,000
  • Tiket Garden Tram: Rp40,000
  • Tiket Dotto Trains: Rp40,000
  • Tiket Rumah Kaca: Rp2000
  • Tiket Wira wiri: Rp5000
  • Peta Taman Labirin/ Maze Garden: Rp1000

Harga Parkir Kendaraan Taman Bunga Nusantara

  • Parkir motor: Rp5000
  • Parkir mobil: Rp10000
  • Parkir bus: Rp15000
  • Parkir minibus: Rp20000

 

 

 

 

Taman Bunga Nusantara: Destinasi Warna Warni Suasana Puncak (Foto+Review)7 min read
4.3 (85%) 4 votes

About the author

Ahmad D

Dulunya blogger, sekarang jadi blogger lagi, semangatnya blogging-nya telah kembali karena melihat di Indonesia sudah banyak blogger [lagi].