“Panorama surgawi yang selalu dinanti, membuat hati selalu ingin kembali, Pantai Slili menjadi oase penyejuk diri”

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Pantai dengan pemandangan yang menakjubkan di Gunungkidul sangat banyak sekali jumlahnya. Salah satu yang cukup baru dan sekarang ini banyak dicari adalah Pantai Slili. Pantai Slili ini berlokasi di sebelah barat Pantai Sadranan, belum terlalu banyak pengunjung. Jadi, Anda bisa menikmati beragam pemandangan dan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Slili ini dengan sangat leluasa.

Sejarah Pantai Slili

Jika dibandingkan dengan nama pantai lainnya di Gunungkidul, Pantai Slili mungkin tidak terlalu terkenal. Ukurannya juga bisa dibilang mungil atau kecil, kurang lebih sekita 100 meter saja. Meski begitu, keindahan yang ditawarkan di sini sangat eksotis sekali.

Dahulu, pada musim kemarau, para penduduk sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani akan datang ke Pantai Slili dan mencari hasil laut. Contohnya saja udang, ikan, rumput laut dan lain sebagainya. Dan hasil laut ini dijadikan sebagai konsumsian sehari-hari ataupun juga dijual. Sekarang ini, pemandangan saat para petani mencari hasil laut menjadi daya pikat tersendiri.

Tidak jelas kapan pertama kali orang menjadikan Pantai Slili ini sebagai destinasi wisata, namun tempat wisata ini semakin menarik perhatian pengunjung. Pada musim liburan atau akhir pekan, orang-orang berdatangan untuk sekedar menikmati suasana pantai asri yang mungil ini. Fasilitas yang terdapat di Pantai Slili sudah cukup memadai, ada hotel/wisma, jeep, warung makan, tempat parkir, gazebo, dan lain sebagainya.

Kegiatan Ketika Berada di Pantai Slili

Meskipun terbilang tidak terlalu populer, ternyata banyak sekali kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Slili ini. Keindahan alam yang sangat khas dipadu dengan beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan, tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Nah, simak beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di destinasi wisata Gunungkidul ini.

Tak Perlu Jauh ke Jepang, Ada Bunga Sakura Asli di Pantai Slili

Suasana Pantai Slili, Yogyakarta

Suasana Pantai Slili, Yogyakarta

Salah satu hal yang paling menarik perhatian para pengunjung untuk datang adalah adanya bunga sakura di Pantai Slili ini. Bukan bunga dari plastik atau buatan manusia lho, ini adalah bunga asli dari Jepang yang entah kenapa tumbuh subur di Pantai Slili ini. Karena dibilang langka, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mengabadikan keindahan bunga sakura ini. Memang pohonnya hanya satu, tapi ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Slili.

Para pengunjung rela datang jauh-jauh hanya untuk berfoto dengan bunga berwarna pink dari Negeri Matahari Terbit ini. Tidak sedikit mereka yang mau menikah menjadikan lokasi ini sebagai tempat pre-wedding. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan bunga sakura ini bisa langsung datang ke Pantai Sili. Siapa sangka di Indonesia bisa tumbuh bunga sakura asli ya.

Menyaksikan Upcara Adat Sadranan atau Nyadran

Pesta laut Sadranan atau Nyadran diadakan satu tahun sekali. Biasanya diadakan setiap hari Minggu Pahing menjelang musim tanam. Ritual ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan untuk para warga yang tinggal di sekitaran Pantai Slili. Tradisi ini masih terjadi hingga detik ini juga dan menjadi pesona yang dimiliki oleh Pantai Slili.

Suasana saat Nyadran

Suasana saat Nyadran

Karena acara ini, Pantai Slili yang biasanya selalu sepi mendadak akan berubah menjadi sangat ramai. Hal ini dikarenakan akan banyak orang yang datang dari berbagai pelosok desa di sebelahnya. Dan Anda bisa berbaur dan mengabadikan momen yang terjadi satu tahun sekali ini.

Snorkeling Seru dengan Pemandangan Bawah Laut yang Asri

Snorkeling di Pantai Slili

Snorkeling di Pantai Slili

Meski tidak begitu populer dan mungil, Anda bisa melakukan snorkeling di Pantai Slili ini. Pantai Slili sudah menyediakan jasa snorkeling dilengkapi dengan pemandu yang akan mengajak Anda untuk mengeksplore dunia bawah laut. Tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa peralatan snorkeling, ada tempat persewaanya. Sensasi berenang ditemani biota bawah laut Pantai Slili akan menjadi pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Tidak perlu ragu untuk snorkeling di sini, pemandu akan senatiasa menjaga dan membuat Anda menjadi nyaman.

Menyaksikkan Keindahan Lautan dari Atas Bukit

Pantai Slili dari Atas

Pantai Slili dari Atas

 

Bagi para pecinta keindahan lautan, Anda bisa naik ke atas bukit yang memisahkan Pantai Krakal dengan Pantai Sili. Nah, Tidak perlu khawatir jalanannya susah, telah ada jalur setapak untuk menuju ke atas bukit. Dan begitu sampai di atas bukit, Anda akan disambut dengan pemandangan indah berupa hamparan lautan selatan dengan gulungan ombaknya yang sangat khas. Meskipun jalanannya sudah cukup bagus, Anda perlu waspada dan hati-hati lantaran tidak ada pagar pengaman.

Mencicipi Kuliner Laut di Pantai Sili

Seperti pantai lainnya, Pantai Sili ini juga memiliki kuliner khas yang cocok dinikmati. Kuliner khas di destinasi wisata ini tentu saja berasal dari laut, contohnya saja cumi-cumi, udang, kepiting, dan lain sebagainya. Tenang saja, ada banyak warung yang terdapat di sini, jadi Anda tinggal memilih satu saja yang paling ingin dicoba. Di sini ada juga tempat pelelangan ikan yang bisa digunakan untuk sekedar ‘berburu’ oleh-oleh ikan segar. Ada yang mentah ada pula yang matang, pilih yang mana?

Cara Menuju ke Pantai Slili

Pantai Slili ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta. Dari pusat kota bisa ditempuh kurang lebih 1,5-2 jam. Anda bisa memilih untuk pergi menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya di tempat persewaan. Lebih disarankan untuk menaiki kendaraan pribadi, pasalnya denga begitu Anda akan mudah untuk pindah ke pantai satu ke pantai lainnya yang terdapat di Gunungkidul. Sedangkan untuk rutenya,

Dari Klaten

Jika Anda melakukan perjalanan dari Klaten, mulail dari Cawas kemudian ke daerah Semin lalu dilanjutkan lagi ke jalan Watukelir selanjutnya melewati daerah Karangmojo kemudian ke Tanjungsari, ambillah arah ke Pantai Kukup. Nah, dari sini Anda tinggal mencari papan nama Pantai Slili.

Dari Solo

Sedangkan bagi yang memulai perjalanan dari Solo, langsung ke arah Sukoharjo lalu ke Tawangsari selanjutnya ke arah Semin, lalu sampai di Watukelir dan akan menuju ke Karangmojo, setelahnya ke Tanjungsari dan lanjutkan ke Pantai Slili.

Dari Kota Jogja

Jika dari kota Jogja, rutenya malah lebih muda. Dari kota Jogja selanjutnya pergilah ke Wonosari dan lanjutkan perjalanan ke Pantai Baron hingga mencapai TPR, nah dari sini teruskan ke arah Pantai Kukup. Dari sini, Anda akan mudah menemukan pantai Slili yang letaknya berada di sebelah barat Pantai Sadranan.

Tips Berkunjung ke Pantai Slili

Pantai Slili perlahan-lahan akan menjelma menjadi pantai yang banyak digemari orang, termasuk juga dengan Anda. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Slili ini dalam waktu dekat, ada beberapa tips yang mempermudah liburan Anda.

  • Lebih direkomendasikan memakai kendaraan pribadi
  • Pastikan bahan bakar kendaraan full dan cukup
  • Bawa topi dan kacamata agar matahari tetap bersahabat
  • Jangan lupa memakai sunblock agar kulit tetap aman
  • Bawa baju ganti untuk jaga-jaga
  • Bawa uang tunai yang cukup
  • Jika tidak menginap, usahakan untuk pulang setidaknya jam 4 dan paling terlambat pukul 5 sore. Jalanan yang kecil dan penerangan yang belum memadai perlu diwaspadai.
Summary
Plesir ke Pantai Mungil dengan Panorama Surgawi di Pantai Slili Jogja
Article Name
Plesir ke Pantai Mungil dengan Panorama Surgawi di Pantai Slili Jogja
Description
Pantai dengan pemandangan yang menakjubkan di Gunungkidul sangat banyak sekali jumlahnya. Salah satu yang cukup baru dan sekarang ini banyak dicari adalah Pantai Slili.
Author
Publisher Name
Thetripcorner
Publisher Logo
Plesir ke Pantai Mungil dengan Panorama Surgawi di Pantai Slili Jogja6 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.