7 Pantai di Jogja dengan Pemandangan Cantik dan Unik1 min read


Selain wisata budaya dan kulinernya yang menggoyang lidah, Yogyakarta juga terkenal dengan pantainya yang indah dan membuat siapa saja yang pernah mengunjunginya ingin kembali lagi. Setiap pantai di Jogja juga mempunyai keunikannya tersendiri, mulai dari pantai berpasir putih dan lembut, pantai yang sepi dan tenang, hingga pantai yang berkarang tajam. Tidak hanya menikmati keindahan pantainya, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berenang, panjat tebing, hingga snorkeling. Pantai apa saja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Kota Pelajar ini? Yuk, lihat beberapa referensinya berikut ini.

  1. tribunwisata.com

    Kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta memang dipenuhi dengan deretan pantai berpasir putih yang indah. Salah satu yang wajib banget untuk kamu kunjungi adalah Pantai Indrayanti yang disebu-sebut sebagai Bali-nya Jogja. Pantai yang disebut juga dengan Pantai Pulang Sawal ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari penginapan, warung-warung penyedia makanan dan gazebo untuk para pengunjung beristirahat menikmati pemandangan pantai yang indah.

    Begitu sampai di pantai ini, kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan pasir putih yang beradu dengan air laut biru kehijauan. Wah, kebayang kan indahnya? Namun, kebanyakan orang yang berkunjung ke pantai ini hanya menghabiskan waktu dengan sekadar bermain air di bibir pantai karena kondisi ombak di pantai ini yang cukup besar, khas Pantai Selatan.

    Pemandangan spesial dari pantai ini adalah pemandangan dari bukit yang ada di sebelah kanan pantai. Kamu bisa mencoba menaiki bukit ini untuk melihat pemandangan sekitar Pantai Indrayanti dari atas.

  2. 2 Pantai Parangtritis

    piknikasik.com

    Pantai yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Jogja. Pasti kamu juga sudah pernah mendengarnya kan? Pantai ini lekat dengan mitos mistisnya dan keindahan alamnya yang dapat membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Walaupun berpasir hitam dan memiliki ombak yang besar, nyatanya pantai ini tidak pernah sepi pengunjung lho. Apalagi untuk menikmati keindahan dan suasana pantai ini kamu hanya cukup membayar sebesar Rp3.500 saja per orang. Murah banget kan?

    Jika kamu ingin melihat keindahan sunset terbaik di Jogja, maka datanglah ke Pantai Parangtritis ini. Nah, sambil menunggu matahari terbenam kamu juga bisa mengisi waktu dengan melakukan berbagai aktivitas yang disediakan seperti bermain layang-layang, atau menyewa ATV sebesar Rp100.000.

  3. 3 Pantai Ngobaran

    wisataku.id

    Rasanya belum lengkap membahas pantai di Jogja jika belum memasukkan Pantai Ngobaran ke dalam daftarnya. Tidak heran, pantai ini menawarkan pesona budaya dan suasana religi yang cukup kuat, dan tidak akan kamu temukan lagi di kawasan pantai Gunung Kidul manapun. Selain keindahan panoramanya, pantai ini juga mempunyai candi yang digunakan untuk tempat sembahyang lho.

    Saat berkunjung ke pantai ini, kamu bisa menemukan beberapa kehidupan beragama atau kepercayaan hidup yang berdampingan. Salah satunya adalah sebuah pura yang lengkap dengan keberadaan patung dewa yang tampak berdiri tegak menghadap pantai. Lalu, ke arah kiri kamu akan menemukan sebuah rumah Joglo yang digunakan sebagai tepat untuk melakukan upacara ritual bagi pengikut Kejawan. Tidak hanya itu, ada pula sebuah mushola kecil untuk tempat ibadah umat Islam.

  4. 4 Pantai Pok Tunggal

    vebma.com

    Akses untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal memang cukup berliku dan sempit, namun semua kesulitan itu pasti akan langsung terbayar begitu melihat keindahan yang terlah menantimu. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul ini menjadi tempat yang sayang untuk kamu lewatkan karena keindahan tempatnya yang masih alami dan belum banyak turis yang berkunjung ke tempat ini. 

    Cukup dengan membayar uang retribusi sebanyak Rp10.000, kamu bisa langsung menikmati hamparan pasir putih pantai dan lautan lepas di pantai ini yang dijamin akan menyejukkan mata dan membuat rasa lelahmu langsung hilang. Psst, saat ke pantai ini kamu akan melihat sebuah pohon duras besar yang tumbuh di tengah hamparan pasir putih pantai. Namun, jangan mencoba untuk memanjatnya ya karena pohon ini ternyata dianggap keramat oleh penduduk sekitar lho.

  5. 5 Pantai Sadranan

    jejakpiknik.com

    Kamu ingin menikmati keindahan bawah laut di peraian Jogja? Nah, pantai ini adalah spot terbaik untuk kamu. Pantai Sadranan menjadi salah satu tempat snorkeling favorit dari wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berjalan di pinggir pantai sambil menikmati hamparan pasir putih, serta menikmati makanan di pinggir pantai.

    Pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa saja menemukan masyarakat sekitar yang mengadakan upacara sedekah laut di pantai ini lho. Upacara ini diadakan dengan maksud untuk memberikan ucapan syukur atas berlimpahnya hasil laut yang diberikan. Jika kebetulan ke pantai ini saat ada prosesi tersebut, jangan lupa untuk mengabadikannya ya.

  6. 6 Pantai Goa Cemara

    hobiwisata.com

    Sesuai dengan namanya, di pantai ini terdapat hutan cemara yang lebat hingga membentuk seperti terowongan, karena itulah pantai ini disebut dengan Pantai Goa Cemara. Lebatnya pepohonan cemara ini juga memberikan keunikan tersendiri kepada pantai ini dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Jogja. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu pantai ini juga melakukan pelepasan tukik (penyu) ke lautan lho. Wah, pasti ingin mencobanya ya?

    Untuk mengunjungi pantai yang berlokasi di Dusun Patehan, Bantul ini kamu cukup membayar parkir sebesar Rp10.000 untuk bis, Rp5.000 untuk mobil dan Rp2000 untuk motor. Walaupun cukup murah, fasilitas di pantai ini cukup lengkap lho, mulai dari penjual makanan yang berderet rapi, kamar mandi, hingga mushola tersedia di sana. Namun, kamu perlu berhati-hati jika bermain air di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar.

  7. 7 Pantai Wediombo

    masbidintravel.net

    Ingin merasakan sensasi berenang di kolam alam? Nah, kamu wajib banget nih mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Wediombo memiliki kolam-kolam karang dengan air yang tenang dan sangat jernih. Setelah melihatnya, pasti kamu langsung ingin berenang deh. Untuk kamu yang hobi memancing kamu juga tidak boleh melewatkan pantai yang satu ini, karena pantai Wediombo mempunyai bukit karang yang menjadi spot favorit pada pemancing untuk menunjukkan skill mereka.

    Itulah tadi 7 rekomendasi pantai di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Kota Pelajar ini. Jadi, kamu akan memilih yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya.

7 Pantai di Jogja dengan Pemandangan Cantik dan Unik1 min read
Rate this post

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Shabrina A.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format