“Mulai dari Indahnya Lautan, Ramahnya Alam sampai Lezatnya Kuliner Bahari, Pantai Baron Tak Pernah Terganti””

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Pantai Baron merupakan salah satu dari puluhan bahkan ratusan pantai yang terdapat di Gunungkidul. Pantai Baron ini menjadi salah satu favorit diantara yang lainnya karena keistimewaan yang dimilikinya. Alamnya yang masih sangat asri, lautnya yang cantik, sampai suguhan kulinernya yang sangat khas, membuat Pantai Baron ini selalu jadi destinasi favorit para wisatawan.

Sejarah Pantai Baron

Bagi masyarakat Jawa, nama Baron bisa dibilang cukup neyeleneh. Jika dibandingkan dengan nama-nama pantai yang terdapat di sekitarnya, Pantai Baron ini sangat berbeda. Sebut saja nama-nama pantai seperti Indrayanti, Drini, Pok Tunggal, Kukup Krakal dan lain sebagainya. Nama yang cukup unik bukan?

Ternyata, nama Baron ini berasal dari seorang keturunan Belanda, kok bisa? Dahulu kala ada seorang keturunan Belanda (ada juga yang menyebutnya dari Spanyol) mendaratkan kapalnya di pantai ini. Dia adalah Baron Sekeber yang konon memiliki kesaktian yang cukup tinggi dan bahkan dikabarkan pernah bertarung dengan Panembahan Senopati yang merupakan pendiri Kesultanan Mataram.

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron Jogja

Nah, pada tahun 1930-an, pantai ini menjadi tempat untuk menyembunyikan senjata oleh bangsa Belanda. Di sekitaran pantai juga banyak sekali orang-orang Belanda yang tinggal. Dan entah karena apa mungkin saja kesaktiann yang dimiliki Baron Sekeber, pantai ini memiliki nama Pantai Baron. Meski begitu belum jelas apakah cerita tersebut benar atau tidak. Yang pasti, nama Baron tersebut berasal dari seorang bule yang berlayar ke sana.

Sekarang ini, Pantai Baron telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan. Tidak hanya alamnya saja yang sangat menggoda, fasilitas yang ditawarkan juga sudah sangat memadai. Beberapa contoh fasilitas yang ditawarkan antara lain pelelangan ikan, toko cinderamata, wahana permainan anak, dan lain sebagainya.

Berkeliling Pantai Baron dengan Menggunakan Kapal

Pantai Baron Jogja Dengan Kapal

Pantai Baron Jogja Dengan Kapal

Karena air lautnya yang cukup ganas, para wisatawan yang datang ke Pantai Baron ini tidak disarankan untuk berenang. Namun tenang saja ya, tidak hanya berdiam diri di pinggir pantai saja, Anda bisa mengelilingi birunya laut di sekitaran Pantai Baron. Ada beberapa perahu yang memang disewakan kepada para pengunjung jika Anda ingin melihat deburan ombak lautan secara langsung.

Membeli Ikan Segar di Pelelangan Ikan

Sudut di Pantai Baron

Sudut di Pantai Baron

Tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya saja, Anda juga bisa berburu ikan segar di Pantai Baron ini. Pantai Baron ini selain memiliki keindahan alam yang mempesona juga terkenal menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di daerah Gunungkidul. Jadi, setelah Anda puas bermain-main dan menikmati keindahan Pantai Baron pulangnya bisa membeli ikan segar sebagai oleh-oleh.

Para pecinta fotografi, biasanya datang ke TPI ini untuk mengabadikan aktivitas nelayan yang berada di sekitarnya. Bonusnya, selain mendapatkan ikan segar Anda juga bisa memperoleh objek foto yang sangat eksotis bukan?

Mencicipi Kuliner Bahari Komplit di Pantai Baron

Kulineran di Pantai Baron

Kulineran di Pantai Baron

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mencicipi ikan laut, tenang saja banyak sekali warung di Pantai Baron ini. Warung-warung ini berjajar di sekitaran Pantai Baron yang menyuguhkan olahan kuliner yang didominasi makanan laut. Ada kepiting, beragam jenis ikan, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Cara pengolahannya juga cukup beragam, jadi Anda tidak perlu khawatir bosan ya. Soal rasa, jangan ditanya lagi ya, rasanya mak nyus.

Tak Ada Menara Pandang, Ada Mercusuar Tinggi sebagai Gantinya

Pemandangan Pantai Baron Yogyakarta dari Mercusuar

Pemandangan Pantai Baron Yogyakarta dari Mercusuar

Menara pandang memang menjadi hal yang banyak digemari akhir-akhir ini. Banyak muda mudi seakan berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang apik di atas gardu pandang. Namun sayangnya, di Pantai Baron ini tidak terdapat gardu pandang. Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan mercusuar tinggi untuk meihat seluruh kawasan Pantai Baron. Pemandangan indah yang bisa Anda lihat ini antara lain, berbagai pantai yang menakjubkan.

Untuk bisa naik ke mercusuar dengan tinggi kurang lebih 9 lantai ini, ada biaya masuk yang perlu untuk dibayar yakni sebesar Rp 5.000 saja. Ketinggian mercusuar ini kurang lebih 40 meter ya, jadi bagi Anda yang merasa memiliki phobia terhadap ketinggian lebih baik menikmati pemandangan dari bawah saja, lebih aman dan tak kalah cantik.

Berburu Suvernir Cantik dan Oleh-oleh Khas Pantai Baron

Oleh-oleh Khas Pantai Baron

Oleh-oleh Khas Pantai Baron

Selain ikan, Anda bisa membawa oleh-oleh yang khas lainnya dari Pantai Baron yakni suvernir cantik dan unik. Suvernir yang cukup terkenal di Pantai Baron ini adalah yang terbuat dari kerangnya. Penduduk di sekitar Pantai Baron terkenal dengan seni kerjaninan kerangnya. Jadi tidak heran jika banyak benda-benda yang terbuat dari kerang, contohnya saja gantungan lampu, tirai serta hiasan rumah. Hal unik lainnya, terdapat penjua belalang yang berjejer dipinggir jalan, belalang ini biasanya dijadikan bahan konsumsi atau pun oleh-oleh untuk dibawa kerumah.

Cara Menuju ke Pantai Baron

Untuk bisa menyaksikan keindahan lautan dan kenikmatan dari kuliner bahari khas Pantai Baron, tentu saja Anda perlu untuk datang secara langsung ke lokasi. Pantai Baron ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogjakarta. Nah, untuk bisa mencapai lokasi Pantai Baron, ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, yakni naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Naik Kendaraan Umum

Bagi Anda para traveler yang naik kendaraan umum, cara menuju ke Pantai Baron ini sangat mudah karena sudah dilewati kendaraan umum. Baiklah, Dari Terminal Giwangan naik bus dengan jurusan Jogja-Wonosari (contoh armadanya antara lain Maju Lancar, Djangkar Bumi, rawit Mulyo dan lain sebagainya) selanjutnya naik mini bus dengan rute Wonosari-Baron, turun di Pantai Baron.

Naik Kendaraan Pribadi

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil malah lebih mudah dari memakai transportasi umum. Dari Jogja langsung menuju ke Wonosari dan setelah itu akan banyak sekali petunjuk arah menuju ke Pantai Baron. Dengan mengikuti petunjuk arah tersebut, Anda akan sampai di tujuan dengan lebih cepat. Jalanan ke Pantai Baron ini sudah cukup bagus karena sudah di aspal.

Tips Berkunjung ke Pantai Baron

Gunungkidul memiliki banyak sekali pantai yang sangat cantik, dan salah satunya ya tentu saja Pantai Baron ini. Agar wisata yang Anda lakukan berjalan dengan lancar tanpa hambatan, ada beberapa tips cerdas yang perlu untuk dilakukan. Apa sajakah itu?

  • Ombaknya cukup besar, jadi disarankan untuk tidak berenang. Tapi jika tetap ingin berenang, ada pelampung yang bisa disewa untuk berjaga-jaga.
  • Jangan membuang sampah sembarangan agar alam tetap terjaga
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terlebih lagi motor mengingat jalurnya yang berkelok-kelok. Dan satu lagi kemudahan yang bisa didapatkan dari menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan mudah berpindah ke pantai lainnya yang berada di dektat Pantai Baron
  • Lebih baik datang pagi atau siang karena sore sering kali hujan
  • Siapkan baterai yang full karena banyak sekali spot yang seru untuk dijepret.

Agar traveling makin seru, jangan lupa untuk mengunjungi pantai-pantai yang berada di sekitaran Pantai Baron. Beberapa contohnya antara lain, Pantai Depok, Pantai Indrayanti, Pantai Dirni, dan lain sebagainya. Yuk rencanakan traveling ke Baron sesegera mungkin.

Wisata Seru Nikmati Pantai Baron di Yogyakarta6 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.