Liburan di Jogja? Ini 7 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Terkenal1 min read


Siapa sih yang tidak senang berlibur di Jogja? Yogyakarta merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki gelar daerah istimewa. Tidak sembarang gelar, kota ini memang mempunyai berbagai macam wisata budaya dan kuliner yang sangat istimewa bagi siapa saja yang mendatanginya. Mulai dari merasakan suasana tradisional dan zaman dahulu di wilayah Keraton hingga mencicipi kuliner khas Jogja yang selalu menjadi incaran wisatawan. Kamu pasti tidak akan pernah bosen mengunjungi kota ini.

Nah, belum lengkap rasanya jika berlibur di Jogja tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabatmu di rumah. Kamu nggak perlu khawatir, karena kota yang punya sebutan Kota Pelajar ini mempunyai segudang oleh-oleh khas untuk para wisatawan. Tenang aja, budget yang perlu kamu sediakan untuk belanja oleh-oleh juga tidak harus banyak-banyak kok, karena Jogja juga terkenal murah. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh Jogja untuk kamu.

  1. pegipegi

    Ciri khas kota Jogja memang sudah melekat dan identik dengan oleh-oleh yang satu ini. Bakpia merupakan sebuah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu berisi kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang. Tahukah kamu jika bakpia memiliki hubungan yang erat dengan budaya Tionghoa? Dahulu, bakpia diisi dengan daging babi, tetapi karena pengaruh Islam di Pulau jawa, isi bakpia kemudian diganti dengan kacang hijau yang telah dicincang dan diberi rasa manis dari gula.

    Saat ini, sudah banyak sekali variasi bakpia yang semakin kekinian. Berbagai varian rasa pun mulai diciptakan untuk menambah perhatian pembeli, seperti rasa durian, cokelat, keju, kumbu hitam, green tea, ubi ungu dan berbagai varian rasa lainnya. Bakpia dapat dengan mudah kamu dapatkan di kawasan wisata Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo atau pusat oleh-oleh lainnya.

  2. 2 Geplak

    masfikr

    Jogja memang terkenal akan ciri khas kulinernya yang bercita rasa manis, termasuk untuk camilannya. Nah, salah satu yang patut banget untuk kamu coba sekaligus dijadikan oleh-oleh adalah geplak. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuran gula. Geplak berbentuk bulatan warna-warni yang unik. Geplak memang identik dengan rasanya yang sangat manis. Bahkan, jika kamu meminum teh manis sambil menyantap geplak, maka teh yang kamu minum akan terasa tawar. Wah, kebayang kan manisnya? Geplak ini terkenal tidak mudah basi, jadi cocok banget buat oleh-oleh.

  3. 3 Gudeg Kering dan Gudeg Kaleng

    ksmtour

    Jika kita membicarakan tentang makanan khas Jogja tentu saja jawabannya adalah gudeg. Makanan yang satu ini dibuat dari nangka muda atau gori yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya. Nah, tentu banyak di antara kamu yang khawatir gudeg akan basi saat dibawa pulang. Tenang saja, kamu bisa membawa gudeg kering sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di rumah.

    Sebenarnya terdapat dua jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan kering. Untuk dijadikan oleh-oleh, gudeg kering adalah pilihan yang lebih cocok untuk kamu. Gudeg kering tidak banyak berbeda dari gudeg basah, hanya saja proses memasaknya membutuhkan waktu yang lebih lama dan rasanya juga cenderung lebih manis dibandingkan gudeg basah. Gudeg kering dapat bertahan hingga 3 hari lho, dan untuk penyimpanannya lebih baik diletakkan di lemari es.

    Selain itu, terdapat inovasi lain dari gudeg sebagai oleh-oleh khas Jogja yaitu gudeg kaleng. Gudeg yang dikemas dalam kaleng ini tentunya jauh lebih awet dan tahan lama dibandingkan gudeg biasa. Kamu bisa mendapatkan gudeg kaleng di sentra kuliner gudeg di Kampung Wijilan.

  4. 4 Yangko

    twitter

    Tidak kalah dengan Jepang, Jogja juga punya kue moci khas bernama yangko. Yangko memang sangat mirip dengan kue moci yang kita kenal. Jajanan khas Jogja yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis seperti kue moci. Yangko juga memiliki penampilan yang sangat menarik lho, dengan bentuk kotak dan warna-warni yang cerah serta taburan tepungnya. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

    Baca juga:

    Produsen yangko yang paling popular di kota Jogja adalah Yangko Pak Prapto. Yangko ini disebut sebagai yangko generasi pertama yang ada di kota Jogja karena telah berdiri sejak tahun 1921. Nah, kamu bisa membeli Yangko Pak Prapto di Jalan Pramuka No. 82.

  5. 5 Cokelat Monggo

    spotunik

    Cokelat memang bukan makanan khas dari Jogja. Namun, di Jogja terdapat cokelat yang nggak akan bisa kamu temukan di kota lain yang bernama Cokelat Monggo atau Monggo Chocolate. “Monggo” sendiri mempunyai arti ‘silahkan’ dalam bahasa Jawa. Pemilik dari cokelat ini merupakan seorang warga negara Belgia yang sudah lama tinggal di Jogja. Yap, tentu beliau sudah paham banget bagaimana cara meracik cokelat yang tepat sehingga dapat menghasilkan rasa yang enak.

    Walaupun termasuk makanan internasional, Monggo sangat kental akan budaya Jawa lho. Bisa kita lihat dari namanya dan kemasan cokelatnya yang menampilkan gambar wayang. Cokelat Monggo juga sangat ramah lingkungan karena kemasannya dibuat dari kertas daur ulang bersertifikat yang aman untuk makanan.

  6. 6 Batik

    qlapa

    Selain makanan, Jogja juga sangat terkenal dan identik dengan batiknya. Batik selalu menjadi barang wajib untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak hanya berupa kain atau pakaian, berkat kreativitas warga Jogja batik juga kerap diaplikasikan dalam berbagai bentuk seperti tas, syal, hingga sandal.

    Untuk berburu batik kamu bisa mendatangi kawasan Jalan Malioboro. Di sana kamu bisa mencari batik dari harga yang murah hingga jutaan rupiah. Kamu juga bisa mengunjungi Desa Karebet yang merupakan desa wisata penghasil kerajinan batik untuk melihat kerajinan batik yang lebih unik.

  7. 7 Kerajinan Perak

    ksmtour

    Selain batik, Jogja juga sangat terkenal akan kerajinan peraknya lho. Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke Kotagede yang hanya berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta. Kotagede ini sudah terkenal sebagai sentra penghasil kerajinan perak sejak zaman Kerajaan Mataram. Keren banget ya?

    Nah, di Kotagede kamu bisa mengunjungi show room kerajinan perak atau datang ke rumah-rumah pengrajin perak untuk melihat proses pembuatannya secara langsung. Bentuk kerajinan perak di sini sangat beragam, mulai dari perhiasan hingga hiasan dinding. Untuk kualitas kamu tidak perlu ragu, karena kerajinan perak di sini sudah banyak dikirim hingga ke luar negeri sejak zaman Belanda.

Liburan di Jogja? Ini 7 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Terkenal1 min read
Rate this post

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Shabrina A.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format