7 Oleh-oleh Khas Bali yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan1 min read


1
1 point

Bali, pesona dari Pulau Dewata ini tentu dapat memikat siapa saja yang sudah mendatanginya. Bagi kamu yang pernah datang ke Bali pasti ingin kembali lagi kan? Selain terkenal dengan pantainya yang eksotis dan menawan, Bali juga sangat terkenal dengan ciri khas budaya dan kulinernya. Kelezatan dari kulinernya akan membuat kamu tidak ingin pulang dan meninggalkan Bali.

Selain kuliner khas Bali yang sangat enak, ada juga banyak oleh-oleh khas Bali yang dapat kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, teman, tetangga, atau kenalan yang tidak ikut liburan ke Bali. Mulai dari jajanan, makanan, aksesoris, kaos, tas hingga souvernir khas Bali bisa kamu beli dengan mudah di Bali. Nah untuk kamu yang akan berlibur ke Bali, berikut adalah rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang.

  1. Blogspot

    Pie susu merupakan salah satu oleh-oleh andalan yang bisa kamu beli dari Pulau Bali. Bentuk bulatnya yang ceper dengan pinggiran keras garing, serta fla susu di tengahnya yang creamy dan legit membuat pie susu khas Bali memiliki perpaduan rasa yang istimewa. Kamu dapat membawa pulang pie susu dengan beraneka ragam rasa, mulai dari rasa susu original, dengan tambahan topping seperti keju, almond, kismis, atau choco chip. Lengkap banget kan?

    Terdapat banyak sekali produsen pie susu yang ada di Bali. Kamu bisa menemukan pie susu dengan berbagai merek, namun dijamin pasti kesemuanya sama enaknya. Nah, salah satu merek pie susu yang paling terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak” yang sudah ada sejak tahun 1989. Sesuai namanya, rasanya memang benar-benar enak lho. Toko pusatnya berada di Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar. Kalau datang langsung, belum ada jaminan kamu bisa langsung membelinya. Jika datang tanpa memesan, sebaiknya kamu datang di pagi hari. 

    Harga dari pie susu per kotak biasanya sekitar Rp25.000 untuk isi 10 buah. Cukup terjangkau bukan? Pie susu yang telah dibeli sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam kulkas agar lebih awet dan tahan hingga seminggu.

  2. 2 Kacang Disko

    resepdanmasakan

    Jangan bilang kamu pulang dari Bali jika belum membeli kacang disco sebagai oleh-oleh. Kacang disco merupakan kacang tanah yang digoreng kering setelah sebelumnya dibalut dengan adonan tepung dan bumbu. Jadi, kacang disco ini garing dan renyah saat dimakan. Nah untuk kamu tertarik untuk membelinya, kacang disco tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari manis, pedas-manis, barbeque, sampai rasa udang. 

    Untuk membeli oleh-oleh atau cemilan khas Bali ini, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pusat oleh-oleh khas Bali. Sama seperti pie susu, merek dari kacang disco di Bali ini juga sangat banyak. Namun, jangan khawatir karena rasanya pasti sama enaknya. Harga kacang disco per box biasanya dibanderol sekitar Rp25.000. 

  3. 3 Pia Legong

    balimall

    Selain pie susu, oleh-oleh khas Bali lainnya yang patut kamu coba adalah Pia Legong. Pia ini selalu laris diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara lho. Pia ini khas dengan kemasan penari legongnya. Pia legong merupakan makanan ringan khas Bali yang konon semua prosesnya dibuat tanpa bantuan mesin dan hanya dibuat dalam jumlah terbatas untuk menjaga kualitas rasanya. Pia legong tersedia sedikitnya tiga varian rasa yaitu keju, cokelat, dan kacang hijau. 

    Rasanya yang enak dan kulitnya yang renyah membuat kue ini selalu laris menjadi buruan oleh-oleh wisatawan. Harga Pia Legong Bali dijual sekitar Rp90.000 per dosnya dengan isi sekitar 8 buah. Untuk membelinya kamu bisa datang ke alamat Pia Legong yang terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 Kuta, Bali. Namun karena pia ini tidak diproduksi dengan jumlah banyak, kamu sebaiknya melakukan pemesanan melalui telepon terlebih dahulu.

  4. 4 Kaos Joger

    jogerjelek

    Ini dia oleh-oleh khas Bali yang paling terkenal dan tentu saja tahan lama yaitu Kaos Joger Bali. Banyak yang bilang, belum ke Bali kalau kamu belum mampir ke Joger. Dengan slogannya yaitu “Pabrik Kata-kata”, Joger memang selalu identik dengan desain produknya yang menggunakan permainan kalimat menggelitik namun tetap sarkastik. Banyak sekali produk Joger yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh seperti di antaranya kaos, sandal, mug, tas, dan gantungan kunci.

    Untuk harganya cukup bervariasi sesuai dengan kualitas barangnya. Untuk kaos biasanya dibanderol dengan harga sekitar lebih dari Rp100.000. Nah, langsung saja ya datang ke Jalan Raya Denpasar – Bedugul KM 37,5. 

  5. 5 Kopi Kintamani

    balikami

    Kamu penggemar kopi? Atau punya sanak saudara dan teman yang suka kopi? Kamu bisa nih membeli kopi Kintamani sebagai oleh-oleh. Kopi Kintamani ini termasuk ke dalam salah satu biji kopi dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kopi Kintamani mendapatkan sertifikat Geographical Indication yang artinya kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional lho. 

    Namun, kopi ini cukup sulit untuk ditemukan di daerah lain selain Bali. Jadi jangan sampai kelewatan ya untuk membeli kopi ini saat kamu berkunjung ke Bali. Kopi ini dapat kamu temukan di banyak pusat oleh-oleh khas Bali. Jika kamu ingin membeli dan melihat langsung proses pengolahan kopi secara tradisional, silahkan saja datang ke kawasan Kintamani, Bali.

  6. 6 Bali Home Spa

    sekarjepunbali

    Oleh-oleh yang satu ini lebih cocok untuk kamu berikan kepada sahabat atau saudara perempuan. Produk home spa dari Bali ini membuat siapa saja bisa merasakan spa sendiri di rumah, tanpa perlu datang ke salon perawatan tubuh. Produknya tersedia dalam berbagai macam merek dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, seperti body butter, body scrub, body mist dan shampoo.

  7. 7 Salak Bali

    aspehortibali

    Selain jeruk Bali, buah khas yang dapat kamu temukan di Bali adalah salak. Ada dua jenis salak dari Bali, yaitu salak gula (rasanya manis, tekstur isi daging buah lebih tipis dari salak bali biasa) dan salak biasa (rasanya asam kecut dengan tekstur isi daging buah yang tebal). Biasanya salak Bali dijual dalam kemasan berupa besek yang isinya 5kg. Musim salak gula pasir sekitar bulan Februari. Jika sedang musim, harga per kilogram dengan isi sekitar 18 buah salak sekitar Rp13.000-25.000. Namun, kalau sedang tidak musim, harganya bisa mencapai Rp60.000-90.000 per kilogram.

    Itulah tadi oleh-oleh yang dapat kamu beli saat liburan di Pulau Dewata. Jadi oleh-oleh yang mana yang akan kamu beli? Jangan sampai kelewatan ya!

7 Oleh-oleh Khas Bali yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan1 min read
5 (100%) 1 vote

Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
1
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Shabrina A.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format