Hijaunya bukit dikombinasikan birunya air laut dengan pantai “pribadi”, inilah Nusa Penida!

 kikiKiki, Travel Blogger

Nusa Penida adalah salah satu pulau yang ada di sisi bawah kanan Bali dan letaknya sangat dekat dari Bali. Hanya cukup menempuh waktu (±) 90 menit dengan boat dari Pelabuhan Sanur maka kita akan tiba di Nusa Penida.

Harga tiket boat pun bervariatif namun harga pasarannya adalah Rp75,000-90,000 per orangnya. Waktu keberangkatan untuk ke Nusa Penida juga dibatasi dan rata-rata tiap boat yang memberikan pelayanan penyebrangan kesana memiliki waktu yang sama.

Penampakan Pelabuhan Sanur

Penampakan Pelabuhan Sanur

 

Suasana di Pelabuhan Sanur

Suasana di Pelabuhan Sanur

Keberangkatan dimulai pada pukul 07.30 pagi dan di jam 08.30 pagi. Jika kita telat untuk melakukan perjalanan di pagi hari jangan takut, bisa gunakan jam keberangkatan selanjutnya di siang hari pada pukul 12.30 siang, namun tidak ada lagi keberangkatan untuk ke Nusa Penida selain jam tersebut. Karena itu usahakan jangan terlambat dan kalau memang waktu yang anda punyai sangat terbatas di Nusa Penida, sebaiknya lakukan perjalanan pada jam keberangkatan pertama. Hal ini kita lakukan untuk lebih banyak mengunjungi spot-spot cantik di Nusa Penida, karena satu tempat ke tempat lainnya sangat jauh. Kita harus aware dengan waktu yang kita punya.

Setibanya di Nusa Penida, kami disambut oleh driver yang telah kami sewa sebelumnya untuk menemani perjalanan kami. Harga sewa mobil dan driver disini juga beragam, namun karena salah-satu teman kenal dengan drivernya maka harga yang diberikan cukup murah untuk satu hari perjalanan. Rp500,000 untuk sewa mobil dan driver dalam sehari namun karena drivernya menyenangkan dan sangat baik maka kami berikan tips Rp200,000.

Sebenarnya untuk teman-teman yang ingin menekan budget selama kesana bisa dengan menyewa sepeda motor yang harganya relatif murah, yaitu Rp75,000 untuk sehari, namun yang harus diperhatikan adalah jalan di Nusa Penida tidaklah mulus seperti di kota ya. Jalannya rusak dan tidak beraspal, dan juga medan yang dilalui berkelok-kelok dan kebanyakan menanjak. Bahkan ada juga jalan yang seperti ditengah hutan (hanya dilakukan pembukaan jalan untuk bisa dilalui oleh kendaraan bermotor). Jika kita melewati jalan ini sebaiknya berhati-hati ya karena banyak pemburu berlalu-lalang untuk memburu babi hutan.

Tempat yang paling ingin kami kunjungi di Nusa Penida sebenarnya adalah Pantai Atuh. Tapi karena keterbatasan waktu kami di Nusa Penida hal itu tidak memungkinkan. Driver mengatakan untuk menempuh perjalanan ke Pantai Atuh harus setidaknya setengah hari kami korbankan untuk perginya dan letak Pantai Atuh jauh dari destinasi-destinasi lainnya yang berarti jika kami bersikeras mengunjungi pantai ini satu hari kami hanya dapat mengunjungi 1 tempat. Jadi kami terpaksa membatalkan keinginan untuk mengunjungi Pantai Atuh dan beralih ke beberapa spot yang tidak kalah cantiknya dari Pantai Atuh. Diantaranya adalah :

1. Abangan Hills

Abangan Hills Nusa Penida

Abangan Hills Nusa Penida

Nusa Penida bukan hanya berwarna biru (dikelilingi laut saja) tapi ada juga sebuah tebing cantik yang berwarna hijau segar. Dari sini kita bisa melihat keindahan Nusa Penida secara utuh. Letaknya disamping jalan utama menuju kota dan tepat dipuncak ketinggian di pulau ini. Maka dari itu jarang sekali orang-orang yang mengunjungi tempat ini. Jika kita mengunjungi Abangan Hills harap berhati-hati karena jalannya masih berupa tanah dengan batu-batu kerikil. Sepanjang jalan setapak menuju Abangan Hills kita akan disambut banyak ilalang yang dihinggapi oleh kupu-kupu cantik yang menjadi daya tarik tempat ini.

Pemandangan disekitar Abangan Hills

Pemandangan disekitar Abangan Hills

 

This is Abangan Hills

This is Abangan Hills

Lima belas menit waktu yang kami gunakan untuk duduk menatap keindahan Nusa Penida sambil merasakan angin yang kencang dari puncak tebing. Rasanya saya menyesal untuk tidak datang ke sini pada waktu sunrise, pasti cantik sekali.

2. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai ini sangat terkenal dengan kebersihan dan keindahannya, namun menuju Pantai Suwehan jarak yang ditempuh lumayan panjang, kurang lebih 2 jam waktu yang kita tempuh untuk ke Pantai Suwehan jika kita tidak mampir ataupun berhenti. Namun banyak sekali spot-spot cantik yang rasanya sayang untuk kita lewatkan begitu saja. Seperti bukit teletubbies. Tapi arena telah mampir ke Abangan Hills sebelumnya jadi kita mengurungkan niat untuk menjajaki kaki di bukit teletubbies. Selain harus menempuh jarak yang cukup panjang dari pelabuhan, medan yang harus dilalui dari tempat parkir ke pantai nya pun butuh perjuangan.

Semua agen tour, driver lokal, ataupun masyarakat lokal hanya memperbolehkan pengunjung yang sehat dan stamina nya kuat untuk ke pantai ini. Hal ini dikarenakan medan yang dilalui tidaklah mudah. Kita harus menuruni tebing lebih dari 200 meter dengan kemiringan hampir 80 derajat. Jadi bisa dibayangkan medan yang dilalui sangatlah rumit. Kita harus berpegangan pada akar pohon, tali tambang yang disiapkan dibeberapa titik, batu-batuan yang kita anggap aman. Bahkan ada track dimana kita harus menuruninya dengan berseluncur.

Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai Suwehan Nusa Penida

 

Panorama Pantai Suwehan Nusa Penida

Panorama Pantai Suwehan Nusa Penida

Kesulitan tentu saja, namun setibanya di bawah semua itu terbayarkan. Pantai ini seperti pantai pribadi. Tidak ada yang mengunjungi pantai ini selain kami pada hari itu. Pantainya sangat bersih dan indah. 2 jam bercengkraman dengan pasir dan ombak rasanya kurang apalagi membayangkan harus menaiki tebing untuk kembali keatas.

3. Pasih Uug atau Broken Beach

 

Pertama mendengar nama pantai ini rasanya penasaran kenapa bisa disebut seperti itu. Ternyata hal ini disebabkan karena jika kita melihat pantai ini dari ketinggian maka akan terihat seperti layaknya kolam air laut yang dikelilingi tebing-tebing yang tinggi. Air laut dapat masuk kedalam area yang bolong tersebut.

Broken Beach Bali

Broken Beach Bali

Karena adanya lubang pada dinding karang tersebut lah masyarakat lokal menamakan Pantai Pasih Uug atau lebih dikenal dikalangan wisatawan Broken Beach. Broken Beach merupakan tempat yang paling banyak diminati untuk prewed. Dikarenakan lokasinya yang bagus dipandang dan untuk menempuhnya pun tidak susah.

4. Angel’s Billabong

Angels Billabong Bali

Angels Billabong Bali

Letak pantai ini tidak jauh dari Broken Beach. Hanya menempuh 10 menit jalan kaki untuk sampai ketempat. Pantai yang unik menurut saya. Karena biasanya pantai hanya terdapat karang, pasir, dan air laut namun tidak untuk Angel’s Billabong.

Ikuti juga perjalananku lainnya:

Kalau ke Nusa Lembongan coba mampir ke warung iniMenginap di Le Pirate Beach Club keren Nusa Ceningan

Angels Billabong Bali dari Atas

Angels Billabong Bali dari Atas

Terdapat sebuah muara sungai yang berdekatan dengan laut hanya saja muara sungai yang saya maksud ini muara sungai yang buntu jadi hanya membuat air tergenang dan membentuk seperti sebuah kolam. Kolamnya pun diapit oleh 2 tebing yang besar dan jangan takut, air nya sangat jernih. Sampai-sampai kita bisa melakukan sesi foto underwater ditempat ini. Rasanya kurang lengkap jika ke Nusa Penida tanpa mengunjungi Pantai ini.

5. Toyapakeh

Suasana di Toyapakeh

Suasana di Toyapakeh

Toyapakeh adalah spot terakhir yang saya kunjungi di Nusa Penida kala itu. Berdekatan dengan tempat kami menginap membuat mengunjungi Toyapakeh sangatlah mudah sebenarnya. Selain sebagai pelabuhan Toyapakeh juga terkenal menjadi salah-satu spot terbaik untuk melihat sunset di Nusa Penida. Jadi tidak jarang memang banyak wisatawan yang menunggu untuk melihat sunset disini.

Sunset di Toyopakeh

Sunset di Toyapakeh

Ada banyak penginapan di pemukiman penduduk disekitar sini. Kala itu kami beruntung dapat melihat sunset di Toyapakeh yang sangat cantik. Banyak anak-anak yang mengajak wisatawan sekitar untuk bermain bola dan kejar-kejaran di pantai menjadikan pengalaman tidak terlupakan. Bermain bersama sambil menunggu sunset ternyata lebih menyenangkan dibandingkan hanya duduk diam saja.

Masih di Bali, ikuti petualangan saya di Nusa Lembongan ya, klik disini.

6 min readNusa Penida Bali: Treatment Hijaunya Alam dikelilingi Pantai Indah
5 (100%) 1 vote

About the author

Rizky Permata Najatafani

Menyukai petualangan dengan menikmati keindahan alam. A Part time smile maker.