The Deck Nusa Lembongan

Nusa Lembongan: Top Destinasi Bali yang Asri dan Bersih

Pulau ini kecil, namun menyimpan keindahan yang begitu besar

kiki Kiki, Travel Blogger

Nusa Lembongan adalah pulau kecil yang mengelilingi bali bersama dengan nusa penida dan nusa ceningan. Pulau kecil ini menjadi favorit bagi para wisatawan baik domestik maupun internasional karena nusa Lembongan terletak jauh dari keramaian dan menawarkan semua keindahan alamnya yang masih alami, asri, dan bersih (tiap pantai yang saya kunjungi gak ada sampah).

Yang bisa dilakukan selama di Nusa Lembongan

  1. Menenangkan diri dari kepenatan pekerjaan karena banyak sekali tempat bersantai, restaurant atau cafe yang asik untuk dikunjungi disini.
  2. Pantai yang anti mainstream dan tentunya masih bersih.
  3. Snorkeling, diving, dan surving menjadi tujuan utama para wisatawan kesini.
  4. Banyak sekali spot-spot bagus di nusa Lembongan untuk yang gemar photography.
  5. Mengadakan acara pernikahan disini? Bisa! Foto pra-wed? Bisa!

Destinasi Utama Nusa Lembongan

Jangan harap bisa tetap putih mengkilap dan gak keringetan kalo kesini ya, soalnya nusa Lembongan panas banget. Sunblock dengan spf 50 aja rasanya gak ampuh tapi semuanya kebayar dengan pemandangan dan alam yang bisa dinikmati disini, diantaranya adalah :

  1. Bukit Panorama

    bukit-panorama-nusa-lembongan
    Bukit Panorama Nusa Lembongan

    Pertama kali mengunjungi nusa lembongan spot pertama yang kita kunjungi adalah bukit panorama. Karena letaknya berada sebelum menuju penginapan, jadi sebelum memutuskan untuk check-in kami memutuskan untuk menghabiskan sekitar 15 sampai 20 menit untuk menikmati perpaduan biru laut dan hijau bukit yang terhampar luas dan menyegarkan mata. Walaupun terik matahari namun angin dibukit panorama sangat kencang.

  2. Dream Beach
    Dream Beach Lembongan Bali

    Dream Beach Lembongan Bali

    Tempat selanjutnya yang kita kunjungi setelah check-in di penginapan adalah dream beach. Dream beach merupakan surga bagi para surver. Banyak sekali surver yang berdatangan ke Nusa Lembongan hanya khusus untuk mendatangi dream beach (surving). Walaupun rombongan kami tidak ada yang bisa surving, namun menikmati keindahan dream beach merupakan hal yang tidak ingin dilewatkan. Keindahan warna gradasi biru laut dan pasir putih halus dilengkapi dengan langit yang cerah menambah kecantikan dream beach kala itu.

  3. Devil’s Tear

    Devil's Tear Bali
    Devil’s Tear Bali

    Jika Nusa Penida punya pantai yang memakai nama “angel” maka di Nusa Lembongan berkebalikannya. Sempat penasaran kenapa dikatakan devil’s tear, setelah bertanya dengan masyarakat setempat hal ini dikarenakan devil’s tear bukan berbentuk seperti pantai biasa yang dihiasi pasir cantik nan halus, namun devil’s tear berbentuk tebing tinggi dan curam yang dari sana bisa dilihat pemandangan lautan luas, selain itu kita juga bisa menyaksikan ombak yang sangat besar sampai bisa mencapai tebing-tebing tinggi tersebut.

    Devil's Tear Bali
    Devil’s Tear Bali

    Sewaktu kesini banyak sekali fotografer (pro dan bukan) bahkan ada yang melakukan pre-wed disini. Berfoto dengan pemandangan lautan luas dan ombak yang besar memang merupakan kelebihan yang ditawarkan oleh pantai ini.

  4. The Deck

    The Deck Nusa Lembongan
    The Deck Nusa Lembongan

    Setelah berpanas-panasan dan kelaparan seharian mengunjungi spot-spot cantik di nusa lembongan, pilihan selanjutnya yang harus kita kunjungi adalah the deck. The deck merupakan bar yang cukup terkenal di nusa lembongan.

    Letaknya adalah di bawah bukit panorama, jadi jalan yang harus dilalui untuk kesini adalah turunan yang cukup terjal dengan banyak nya batu kerikil disetiap jalan (jalannya tidak rata).

    Maka dari itu motor merupakan pilihan tepat untuk mengeksplor nusa lembongan. Dari parkiran untuk menuju the deck kurang lebih kita harus menuruni 100 anak tangga. Perjalanan yang tidak mudah namun semuanya terbayar sesampainya di sana.

    The deck memang didesain sebagai tempat relaksasi para wisatawan. Memiliki tema dengan semua perabotan berwarna putih, dikelilingi dengan daun hijau yang ditumbuhi bunga berwarna ungu yang membat the deck begitu cantik.

    Alunan musik easy listening mengiringi kita. Disediakan juga buku-buku yang bisa kita baca. Menu yang ditawarkan juga beragam. Jika yang tidak bisa minum sesuatu yang beralkohol disini juga menjual coffee, es kelapa muda, es krim, cakes lucu, dan makanan berat lainnya. Tinggal pilih sesuai selera.

    Pemandangan The Deck Nusa Lembongan
    Pemandangan The Deck Nusa Lembongan

    Hal yang menjadi nilai tambah dibandingkan bar lainnya di nusa lembongan adalah semua ini bisa kita nikmat dengan pemandangan lautan luas yang sangat cantik, seperti yang kita lihat dari bukit panorama tadi, semuanya bisa kita lihat dengan lebih jelas dan dari kedekatan. Satu lagi kita juga bisa merasakan angin dan mendengar desiran ombak yang menambah suasana nusa lembongan ini.

    Suasana di The Deck Nusa Lembongan
    Suasana di The Deck Nusa Lembongan

    Duduk berlama-lama disini sambil menunggu sunset pun terasa sebentar jika disuguhi kelengkapan seperti ini. Sebelum meninggalkan the deck pastikan untuk membeli es krim ya karena untuk sampai ke parkiran motor kalian harus menaiki kurang lebih 100 anak tangga. 1 scope nya dijual dengan harga mulai 35 ribu. Rasa favorit disini adalah coconut. Selamat penasaran!

  5. Warung pak sugeng

    Menuju Warung Pak Sugeng
    Menuju Warung Pak Sugeng

    Sesampainya di hotel rasanya ingin sekali beristirahat namun begitu melihat warung pak sugeng, persis disebelah hotel dimana pengunjungnya sangat ramai dan aroma dari makanannya begitu menggoda maka kami memutuskan untuk mencicipi makanan di warung ini sebelum keesokan harinya harus kembali ke bali.

    Warung pak sugeng sudah terkenal seantero nusa lembongan. Karena rasanya enak dan hanya menjual makanan halal (tidak menjual segala jenis makanan dengan bahan dasar pork), selain itu harga yang ditawarkan disini juga termasuk murah. Menu yang ditawarkan sangat banyak.

    Tidak heran pegawai di warung ini banyak sekali. Satu lagi yang membuat turis nyaman untuk makan disini karena disini menerima jenis pembayaran cash, debit card, dan credit card. Jadi jangan takut jika kehabisan cash atau ingin menghemat cash anda, warung ini adalah alternatifnya.

    Disini juga anda bisa melakukan transaksi tarik tunai. Hal ini sangat membantu sekali karena mesin atm di nusa lembongan hanya ada 1 didekat rumah sakit. Namun hanya bisa beroperasi 4 hari. Jika beruntung mungkin hanya sampai 5 hari, karena setelah itu uang yang ada di mesin atm habis dan anda harus menunggu hari senin sampai mesin atm diisi kembali oleh petugas dari Bali.

Tips Ketika Berada di Nusa Lembongan

Dari 3 pulau yang dikunjung (Nusa penida, Ceningan, dan Lembongan) memang nusa Lembongan lebih banyak dipenuhi oleh wisatawan asing dibandingkan lainnya. Hal ini dikarenakan nusa lembongan pulaunya tidak terlalu besar seperti nusa penida dan tidak terlalu kecil seperti nusa ceningan yang menyebabkan dari tempat satu ketempat lainnya tidak terlalu jauh dan memakan waktu yang banyak dan lebih banyak spot yang bisa dikunjungi dalam waktu sehari. Karena keterbatasan waktu.

Ikuti juga perjalananku lainnya:

Mengunjungi bukit hijau pinggir laut di Nusa PenidaCliff jumping super seru di Nusa Ceningan

Bagi para traveler yang berkunjung kesini jangan takut untuk transportasinya, karena begitu sampai di pelabuhan atau dermaga nya banyak sekali rental motor yang berjejer. Kalian hanya tinggal memilih jenis dan harga yang sesuai kantong saja. Namun untuk tarifnya semua toko rasanya menawarkan harga yang sama (atau mungkin sudah menjadi kesepakatan disana).

Transportasi

Kalian bisa menyewa motor dengan harga 100.000 per hari. Motor merupakan alat transportasi utama yang digemari oleh wisatawan disini karena mempermudah mereka untuk melakukan perjalanan bukan hanya di lembongan tapi juga menyebrang ke nusa ceningan melalui yellow bridge. Yellow bridge hanya bisa dilalui dengan motor, sepeda dan berjalan kaki. Namun untuk yang bertujuan hanya mengeksplore nusa lembongan banyak disediakan “taxi”. “Taxi” disana bukanlah seperti taksi yang sering kita jumpai di kota-kota besar tapi berupa mobil pick-up. Dimana kita bisa sharing cost dengan penumpang lainnya.

Akomodasi

 

Villa di Lembongan
Villa di Lembongan

Untuk penginapannya juga jangan khawatir, karena nusa lembongan banyak banget resort dengan pilihan fasilitas yang bisa dinikmati. Tinggal pilih sesuai budget dan selera aja. Di nusa lembongan saya mencoba menginap semalam di d’camel resort. Letaknya ditengah (berdekatan dengan ATM dan kios tar-tun atau tarik tunai, restaurant seafood, pantai-pantai, dan dermaga). Pemilihan resort ini sebenarnya untuk memudahkan kita untuk sampai ke dermaga karena nusa lembongan merupakan pulau terakhir yang kita kunjungi. Tapi fasilitas yang diberikan oleh resort ini lengkap dengan dekorasi kayu jati nya yang cantik.

Pelabuhan Sanur
Pelabuhan Sanur

Untuk menuju ke nusa lembongan semua wisatawan memang harus ke bali dulu. Dari bali (pelabuhan sanur) ada kapal langsung yang menawarkan ke nusa lembongan dengan harga yang bervariatif. Namun saya mencoba merekomendasikan speadboat dari d’camel. Boatnya bersih, nyaman, dan pegawainya juga baik banget. Apalagi yang menginap dipenginapannya bisa minta antar jemput pakai mobil khusus jemputan untuk sampai ke pelabuhan atau dermaga nya. Harganya? Murah! 75.000 untuk satu orangnya. Tapi harus dibooking 2 hari sebelumnya karena laris banget boat ini!

Untuk menyebrang dari pelabuhan sanur juga jam-jamnya terbatas, dimulai dari jam 7 pagi, jam 8 pagi lalu jam penyebrangan stop dan dimulai lagi jam 1 siang, jam 2 siang dan jam 3 siang. Kalau ingin menikmati dan mengeksplore pulau kecil nan cantik ini saya sarankan untuk ambil keberangkatan pertama. Jangan sampai terlambat!

Galeri Saat di Nusa Lembongan

Scene di The Deck
Scene di The Deck

 

Perbatasan Ceningan - Lembongan
Perbatasan Ceningan – Lembongan

 

Pelabuhan Sanur
Pelabuhan Sanur

Rizky Permata Najatafani

Menyukai petualangan dengan menikmati keindahan alam. A Part time smile maker.

Add comment