Kebun Raya Bogor Kini

Kebun Raya Bogor: Rekreasi Alam di Jantung Kota Bogor

“Hingga saat ini, kebun ini masihlah milik bangsa Indonesia yang memberi napas untuk Bogor

  Ahmad D, Travel Blogger

Salah satu peninggalan zaman kolonial Belanda yang sangat berharga, menjadi tempat pendidikan, penelitian, sekaligus wisata dan rekreasi. Menjadi ikon penting kota Bogor, berada ditengah-tengah kota Bogor, Kebun Raya adalah salah satu mesin penghilang panas yang menjadikan kota Bogor sejuk.

Sejarah singkat Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan kebun yang memiliki luas sekitar 87 hektar, dimana didalamnya terdapat banyak sekali koleksi tumbuhan.

Peresmian Kebun Raya Bogor sendiri diresmikan oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen pada tanggal 18 Mei 1817, dimana pembangungunan sendiri dilaksanakan oleh menteri pertanian Hindia Belanda Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt.

Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt sendiri adalah seorang ahli tumbuhan berkebangsaan Jerman, pembangunan Kebun Raya Bogor oleh Reinwardt bertujuan agar nantinya kawasan ini bisa dipakai untuk meneliti tumbuhan-tumbuhan yang ada di Indonesia, dan menjadi pusat pembelajaran pertanian di Indonesia pada saat itu.

Hingga kini Kebun Raya tetap menjadi pusat penelitian yang dikelola oleh LIPI(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Tanaman serta pohon-pohon yang dulu pernah ditanam pun sekarang sudah sangat besar.

Kebun Raya Bogor Kini

Kebun Raya Bogor Kini
Kebun Raya Bogor Kini

Beda dulu, beda sekarang,. Kini Kebun Raya Bogor menjadi salah satu destinasi favorit di Bogor, bahkan di Indonesia. Ada banyak sekali orang-orang yang berkunjung kesini, melakukan banyak kegiatan hingga sekedar datang untuk melakukan penelitian.

Akan terasa sekali perbedaan ketika kita memasuki Kebun Raya, kita sedang tidak berada di tengah kota Bogor. Pohon-pohon besar nan hijau seolah meniadakan pandangan kita keluar.

Sedang berencana untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor? Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor.

1. Mengadakan acara seru sekolah di Kebun Raya

Acara Seru di Kebun Raya
Acara Seru di Kebun Raya

Adalah keputusan tepat bila mengadakan acara sekolah yang seru disini, biasanya Kebun Raya Bogor akan cukup sesak dengan acara sekolah anak SD hingga SMA, berbagai kegiatan seperti tarik tambang, permainan alam dilakukan disini.

Selain mengadakan beberapa kegiatan seru, pastinya suasana Kebun Raya akan menjadikan mereka lebih mengenal alam.

2. Rekreasi bersama keluarga

Rekreasi Bersama Keluarga
Rekreasi Bersama Keluarga

Menghabiskan weekend tidaklah perlu ketempat mahal, atau ketempat yang jauh. Datanglah bersama keluarga di Kebun Raya, ajak anak-anak mengelilingi Kebun Raya Bogor, kenalkan tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar.

Setelah lelah berkeliling, gelarlah karpet atau tikar di hamparan hijau rumput, santap hidangan siang yang telah dibawa dari rumah. Makan ditengah alam terbuka merupakan pengalaman yang unik dan menyenangkan, apalagi dihabiskan dengan keluarga tercinta.

3. Melihat dari dekat teratai sebesar manusia

Teratai Raksasa
Teratai Raksasa

Terletak persis di depan Grand Garden Resto & Cafe, teratai ini berada di kolam diujung jalan Jalan Astrid. Teratai ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri karena ukurannya yang sangat besar. Diameternya bisa menampus seorang dewasa untuk dukuk diatasnya.

4. Mengunjungi jembatan merah legendaris

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor
Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Untuk mengunjungi jembatan ini, kita bisa mengambil arah ke Grand Garden Resto & Cafe, setelah melewati jembatan putih maka berbeloklah ke kiri, sebaliknya, bila datang dari arah Grand Garden Resto & Cafe maka berbeloklah ke kiri, maka di ujung jalan akan menemukan jembatan merah.

Jembatan ini cukup legendaris karena muncul mitos kalau ada sepasang kekasih yang melewati jembatan ini, atau salah satu saja melewatinya maka hubungan mereka akan putus. Ada pula mitos kalau melewati jembatan ini maka akan menemukan jodohnya disana atau setelah dari sana.

Suasana Jembatan Merah Kebun Raya Bogor
Suasana Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Namun mitos ini tidaklah terbukti, namun mungkin untuk mitos menemukan jodoh akan menjadi mungkin karena disana pasti akan banyak orang, maka kalau berkenalan dengan orang yang disukai, mungkin akan menjadi jodoh.

5. Keliling Kebun Raya menggunakan kendaraan pribadi atau minibus wisata?

Menikmati Kebun Raya dari atas Bus Wisata
Menikmati Kebun Raya dari atas Bus Wisata

Tersedia juga bus wisata bisa membawa kita keliling Kebun Raya, ketika berkeliling menggunakan kendaraan ini maka sudah termasuk pemandu perjalanan yang dipandu oleh sang supir. Kendaraan pribadi roda empat juga diperbolehkan masuk wilayah Kebun Raya. Untuk naik bus wisata bisa naik dari pintu masuk 1. Untuk kendaraan pribadi dipatok karcis seharga Rp30,000.

6. Olahraga mengelilingi Kebun Raya menggunakan sepeda

Sepedaan di Kebun Raya Bogor
Sepedaan di Kebun Raya Bogor

Selain kendaraan pribadi roda 4, sepeda juga diperbolehkan masuk dengan membayar hanya Rp5000 saja. Bayangkan, olahraga sekaligus rekreasi akan sangat bermanfaat untuk menghabiskan weekend saat berada di Bogor.

7. Makan siang di ruang terbuka, Grand Garden Resto & Cafe

Grand Garden Resto & Cafe
Grand Garden Resto & Cafe

Siapa sangka di Kebun Raya Bogor terdapat Cafe unik ? Ingin merasakan sensasi makan di alam terbuka? Tersedia berbagai makanan serta minuman, dari tradisional hingga varian modern.

Makanan di Grand Garden Resto Cafe
Makanan di Grand Garden Resto Cafe

Tidak akan rugi, suasana yang nyaman, udara yang bersih, makanan yang enak di tengah alam terbuka merupakan sensasi yang sulit didapat ditempat cafe atau resto manapun.

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Bogor

  • Datanglah di pagi hari atau di sore hari, karena bila cuaca sangat cerah maka di siang hari akan cukup panas. Namun bila pagi hari sudah terlihat mendung, maka datang disiang haripun tidak masalah.
  • Siapkan uang pas ketika akan membayar karcis masuk, berikut harga karcis masuk (update Mei 2016):
    • Karcis wisatawan domestik: Rp14,000
    • Karcis wisatawan asing: Rp35,000
    • Karcis kendaraan roda 4: Rp30,000
    • Karcis masuk sepeda: Rp5000
  • Berencana mengelilingi dengan berjalan kaki? Bawalah air minum dari rumah, karena didalam area Kebun Raya tidak tersedia penjual minuman kecuali es krim.
  • Tidak diperkenankan melakukan perburuan hewan seperti burung di Kebun Raya.
  • Merusak tumbuhan adalah salah satu yang sangat dilarang disini.
  • Memanjat tumbuhan, pohon sangat dilarang, karena beberapa pohon memiliki usia yang tua, kita tidak tahu apakah kayu masih kuat atau tidak, lebih baik tidak perlu melakukan photo yang menggunakan gaya ekstrim.
  • Wajib tidak membuang sampah sembarangan.
  • Terdapat beberapa kolam yang berisi ikan yang dipelihara oleh pihak LIPI, pengunjung tidak diperkenankan untuk menangkapnya dengan cara apapun.
  • Kendaraan roda dua dilarang masuk.
  • Bila sedang hujan usahakan berteduh dipohon yang terlihat masih kokoh.
  • Tidak diperkenankan berkemah di Kebun Raya.
  • Sekarang Bogor menerapkan jalan satu arah yang perputarannya mengarah ke Botani Square, lalu mengarah ke kanan Tugu Kujang hingga arah Stasiun Bogor. Sebaliknya dari Stasiun Bogor, mengarah ke arah kantor walikota dan kembali mengarah ke Botani Square.
  • Tidak jauh dari Kebun Raya terdapat tempat makan Lemongrass Bogor yang keren, baca ulasan lengkapnya disini.

Suasana di Kebun Raya

https://www.youtube.com/watch?v=c_wCojysM8Q

Cara Menuju Kebun Raya Bogor

  • Bila menggunakan kendaraan pribadi maka pilihlah tol Jagorawi, lalu arahkan kendaraan menuju tugu Kujang, masuklah melalui pintu yang berada tidak jauh dari Pasar Bogor.
  • Bila dari Jakarta keluar dari arah tol Lingkar Luar Bogor, maka ambil jalan yang mengarah ke lapangan sempur, lalu memutar balik, ambil jalur kiri arah ke Botani, akan akan bertemu pintu masuk persis didekat lampu merah didepan bekas Mal Plaza Pangrango.
  • Menggunakan angkot?
    • Dari depan stasiun Bogor, naiklah angkot 03.
    • Dari depan Plaza Jambu Dua, naiklah angkot 08 atau 09.
  • Menggunakan angkutan online seperti Gojek & Grab.

Sekian cerita mengenai kunjunagn ke Kebun Raya Bogor, informasi yang ada disini pasti akan selalu di perbarui. Kunjungi juga ulasan-ulasan kami lainnya seperti kunjungan ke Monas Jakarta, Hutan Mangrove PIK, Floating Market, Kota Tua Jakarta, dan lain-lain

 

 

Kebun Raya Bogor: Rekreasi Alam di Jantung Kota Bogor
5 (100%) 3 vote[s]

Ahmad D

Dulunya blogger, sekarang jadi blogger lagi, semangatnya blogging-nya telah kembali karena melihat di Indonesia sudah banyak blogger [lagi].

LikeBox

Facebook By Weblizar Powered By Weblizar
Skip to toolbar