Bercengrama dengan alam di ketinggian 150-200 mdpl, Kebun Buah Mangunan Sarat akan Kenangan.

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

 

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu destinasi alam di Jogja yang berlokasi di ketinggian 150-200 mdpl. Lokasinya sangat strategis sekali untuk jalan-jalan atau sekedar menghabiskan masa liburan. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dan bisa mencicipi berbagai macam buah-buahan. Oleh karena itulah, pada musim buah banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke sini.

 

Sejarah Kebun Buah Mangunan

Suasana di Kebun Buah Mangunan

Suasana di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan memiliki luas sekitar 233.415 hektar. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta destinasi wisata ini mulai beroperasi tahun 2003 yang lalu. Destinasi wisata ini merupakan gagasan dari mantan bupati Bantul yaitu Idham Samawi.

Pada awalnya, pembangunan kebun buah ini menuai pro dan kontra. Mereka yang kurang setuju menilai pembangunan Kebun Buah Mangunan merupakan suatu pemborosan, namun seperti yang kita ketahui saat ini sudah menjadi salah satu tempat yang memberikan kontribusi ke daerah. Di dalamnya terdapat berbagai macam buah, pepohonan, juga menawarkan beberapa sayuran. Ada juga peternakan di Kebun Buah Mangunan ini.

Sebelum populer dan terkenal seperti sekarang ini, Kebun Buah Mangunan yang baru buka banyak digunakan untuk arena motor cross. Pengelola sering mengadakan event motor cross sebagai salah satu bentuk promosi kepada wisatawan. Meski begitu, hal tersebut tetap saja kurang menarik minat wisatawan untuk datang.

Sampai pada akhirnya, Kebun Buah Mangunan ini populer lantaran para pengguna media sosial yang sering mengupload keindahannya. Mulai dari netizen di media sosial seperti Facebook sampai Instagram, mereka berbondong-bondong memamerkan keindahan sunset ataupun sunrise di Kebun Buah Mangunan ini. Dengan banyakanya para pengunjung yang mengunggahnya di media sosial, Kebun Buah Mangunan menjadi populer dan menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan.

Nah, dengan banyaknya wisatwan yang berkunjung, fasilitas yang terdapat di sini semakin diperlengkap. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang adalah aula besar, kolam pemancingan, area outbond, kamar mandi, mushola, gazebo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan Ketika Berada di Kebun Buah Mangunan

Suasana di Kebun Buah Mangunan ini asri dan sejuk, hal ini dipengaruhi karena letaknya berada di ketinggian 200 meter dari atas permukaan laut. Kondisi di sekitarnya terjaga dengan baik sehingga membuat para pengunjung betah. Kondisi alamnya sangat mendukung sekali sebagai lokasi wisata, ditambah satu hal lagi, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

 

Menikmati Kelezatan Beragam Buah Segar dari Pohon Langsung

 

Tidak hanya bisa mencicipinya di tempat, Anda juga diperkenankan untuk membawanya pulang sebagai buah tangan. Tidak heran jika pada musim buah-buahan, destinasi satu ini banyak didatangi wisatawan yang datang dari dalam negeri sampai luar negeri.  Bagaimana, tertarik untuk traveling ke sini?

 

Menyaksikkan Terbit dan Tenggelamnya Sang Fajar di Puncak Mangunan

Suasana Matahari Terbenam di Kebun Buah Mangunan

Suasana Matahari Terbenam di Kebun Buah Mangunan

Bagi Anda para pecinta sunrise dan sunset, Puncak Mangunan merupakan lokasi yang sangat tepat untuk dikunjungi. Sunrise yang indah dan sunset yang sangat mempesona, semuanya bisa Anda saksikan di Puncak Mangunan ini. Keindahan alam, sunset dan sunrise yang cantik, dipadu dengan suasana yang nyaman, akan membuat orang-orang yang berkunjung menjadi betah berlama-lama.

Sunrise akan lebih mempesona dengan adanya kabut. Kabut ini ‘menjelma’ menjadi awan-awan yang keindahannya mampu menyihir para pengunjung yang berdatangan. Bagi Anda para pecinta fotorafi, momen sunrise atau sunset di Kebun Buah Mangunan ini tidak boleh dilewatkan. Panorama yang akan Anda dapatkan, bisa dibilang sempurna.

Satu hal lagi aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Puncak Mangunan ini, yaitu menikmati keelokan dari Sungai Oyo. Sekilas, lekukan Sungai Oyo yang mengular ini seerti Sungai Amazon yang terdapat di Brazil, terlihat cantik alami. Airnya berwarna biru toska membuat orang-orang yang melihatnya menjadi tenang.

 

Camping di Kebun Buah Mengunan? Ayo Aja Lagi

Dikirim oleh Komunitas SMP Negeri 2 Panjatan pada 26 Juni 2013

Tidak hanya pada siang hari saja, banyak wisatawan yang ingin bermalam di Kebun Buah Mangunan. Tentu saja, gemerlapnya bintang malam menjadi ‘atap’ mereka yang bermalam. Lokasi ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk camping. Pasalnya, sudah ada tempat api unggun, jadi Anda tak perlu repot-repot. Kayu bakar? Tinggal menghubungi pengelola saja, tentu membayar ya. Tidak hanya keindahan malam saja, sunrise yang catik bisa Anda nikmati saat memutuskan camping di sini.

Seseruan Outbond Bersama dengan Rombongan

Outbound di Kebun Buah Mangunan

Outbound di Kebun Buah Mangunan

Tidak hanya camping, Anda juga bisa menikmati kegiatan seru outbond bersama dengan rombongan. Ada beberapa aktivitas outbond yang bisa dicoba, contohnya flying fox, jembatan goyang, reflying, dan banyak jenis lainnya. Untuk bisa outbond, terlebih dahulu jauh-jauh hari memesan atau menghubungi pengelola. Sedangkan jumlah minimal peserta ada 10 orang. Lalu untuk biayanya sendiri bervariasi, ada Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu.

 

Cara Menuju ke Kebun Buah Mangunan

Karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Kebun Buah Mangunan, cara satu-satunya untuk pergi adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu nyewa, pinjam, atau milik sendiri sah-saja untuk dibawa. Jarak Kebun Buah Mangunan ini dari kota Jogja sendiri sekitar 35 km.

Sedangkan untuk rute termudah yang bisa untuk Anda ambil,

Dari Terminal Giwangan selanjutnya ke selatan dengan melewati jalan Imogiri Timur, lalu mentok sampai pertigaan. Setelah sampai di pertigaan, akan ada papan penunjuk  untuk belok ke kanan (selatan) dari sini Anda bisa mengikuti papan-papan penunjuk yang tersedia. Di sepanjang perjalanan, Anda tidak akan pernah bosan karena pemadangannya yang sangat apik.

 

Tips Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan

Seperti tempat wisata lainnya, agar perjalanan Anda jadi mudah dan murah, ada beberapa tips yang perlu untuk diterapkan . Simak tips berikut ini agar traveling ke Kebun Buah Mangunan jadi tak terlupakan.

  • Lebih disarankan menggunakan motor bisa sampai ke puncak
  • Supaya bisa berwisata lebih puas dan lega, datang saja saat weekdays. Saat weekends, orang-orang memadati setiap sudut Kebun Buah Mangunan, jadi Anda tidak akan bisa leluasa
  • Siapkan kamera, baik itu DSLR ataupun juga kamera dari smartphone
  • Pastikan, baterai kamera terisi penuh, banyak objek foto cantik yang sayang untuk dilewatkan
  • Perhatikan waktu kunjungan, saat yang paling rekomended adalah di pagi buta atau sore, sedangkan bagi pecinta buah lebih baik pada musimnya saja
  • Jangan lupa mampir ke beberapa destinasi yang terdapat di sana, contohnya Puncak Becici, Tebing Watu Mabur, Bukit Pangkuk, dan lain sebagainya
  • Jangan datang sendiri, keseruan di Kebun Buah Mangunan harus dibagi-bagi dengan orang-orang terdekat

 

5 min readBerwisata Seru di Surga Buah Bantul, Kebun Buah Mangunan
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.