Ternyata Kalibiru merupakan dataran tinggi terindah untuk menikmati pemandangan Kulon Progo

kiki Kiki, Travel Blogger

Yogyakarta sepertinya tak habis menciptakan tempat wisata untuk para penikmatnya. Tiap tahun ada saja alasan untuk mengunjungi kota ini karena akan ada sesuatu yang baru dan akan menjadi viral di sosial media. Salah-satunya adalah Kalibiru. Nampaknya bagi semua orang yang memiliki instagram, tempat wisata ini sudah tidak asing lagi. Jika kita mencari informasi mengenai betapa cantiknya tempat ini juga tidak susah karena di berbagai media sosial sudah ramai untuk di bicarakan.

Dulu Aku mengira Kalibiru merupakan tempat wisata sepeti Danau Kaolin di Bangka Belitung, namun ternyata Kalibiru merupakan dataran tinggi terindah untuk menikmati pemandangan Kulon Progo, terutama Waduk Sermo. Namun seperti kata pepatah, untuk menikmati sesuatu yang indah memang tidak bisa didapatkan dengan mudah. Bagi kalian yang ingin kesana diharuskan mempunyai ketrampilan menyetir diatas rata-rata karena medan yang dilewati sangat terjal dan berkelok. Maklum saja karena sebenarnya kita sedang menaiki bukit.

Pengalaman Seruku di Kalibiru Jogja

Pengalaman Seruku di Kalibiru Jogja

Dari ucapan “Selamat Datang di Kulon Progo” sampai di Kalibiru, medan yang kita lewati adalah jalan berkelok dan tanjakan. Jalan yang dilalui juga sempit tidak selebar jalan di perkotaan. Tidak jarang kita akan menemukan jalan yang langsung berbatasan dengan jurang. Maka dari itu untuk para pemula yang baru bisa mengendarai mobil sebaiknya tidak memaksakan untuk kesana karena akan berbahaya dan mengancam keselamatan. Bukan hanya itu saja, mobil yang kita kendarai juga tidak bisa sembarangan. Hanya mobil manual yang diperbolehkan untuk naik ke kalibiru, mobil matic tidak bisa. Banyak wisatawan yang harus menelan kecewa ketika mobil nya tidak memenuhi kualifikasi dan tidak diperbolehkan oleh para penjaga untuk melihat Kalibiru dikarenakan menggunakan mobil matic.

Sesampainya di lokaksi Kalibiru kita juga harus berjalan ditanjakan setapak. Untuk pengunjung yang tidak mau berjalan bisa menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan ojek yang disediakan dari tempat parkir, namun melihat kondisi jalan yang menanjak seperti itu Aku menyarankan untuk percaya akan kekuatan kaki kalian masing-masing saja. Ngeri!

Pemandangan nan Indah di Kalibiru

Pemandangan nan Indah di Kalibiru

Untuk menikmati keindahan alam Kulon Progo dari sini tidaklah gratis. Kita harus membayar tiket retribusi sebesar Rp 5000. Namun tiket retribusi tersebut hanya untuk memasuki kawasan Kalibiru saja bukan untuk menaiki beberapa spot cantik yang tersedia. Untuk menaiki spot-spot cantik yang memang disediakan kita harus membayarnya lagi. Harga dari setiap spot berbeda-beda, harga disesuaikan dengan tinggi nya lokasi tempat spot tersebut. Semakin tinggi maka akan semakin mahal harga yang harus kita bayar karena dengan jaminan kita akan melihat pemandangan dengan spot yang jauh lebih bagus daripada dibawah. Namun bagi Aku semuanya sama-sama bagus, hanya saja saya tidak tahan untuk menuruni anak tangga yang jumlahnya ribuan itu.

Harga yang dipatok untuk spot-spot ini dimulai dari 35.000. Di spot ini para wisatawan bisa bermain flying fox juga! Untuk spot-spot lainnya tidak disediakan flying fox, hanya seperti rumah pohon tapi tidak beratap sayangnya kita harus menuruni anak tangga yang cukup jauh juga. Tiap spot dibatasi 100-150 meter, jadi pastikan fisik kamu lagi bagus ya!

Flying Fox Seru di Kalibiru Jogja!

Flying Fox Seru di Kalibiru Jogja!

Dari sana kalian bisa menyaksikan waduk sermo yang dikelilingi oleh hutan-hutan yang hijau dan rindang. Cantik! Untuk sampai di atas kita memang harus menaiki pohon yang sangat tinggi, walaupun ada perasaan takut karena anginnya cukup kencang tapi disini standar keselamatan yang disediakan sudah cukup mumpuni dan berlabel SNI. Menurut penuturan petugasnya setiap 3 bulan sekali dilakukan pengecekan agar alat-alat yang digunakan tetap aman digunakan oleh pengunjung. Ingat ya keselamatan tetap nomor satu. Masih takut untuk menaikinya? Ingat aja usaha kalian kesini yang tidak mudah terlebih lagi tidak setiap hari kalian bisa mempunyai kesempatan kesini. Dijamin rasa takutnya hilang!

Di setiap spot yang disediakan juga ada fotografer dengan alat-alat lengkap (sampai ada lampu seperti di studio foto) yang  dapat mengabadikan momen kamu saat menikmati pemandangan tersebut. Memang untuk memakai jasa mereka tidaklah gratis. Kalian diharuskan membayar Rp 5000 untuk 1 foto. Namun jika kalian pandai menawar kalian bisa mendapatkan potongan harga dan ditambah bonus. Bawa flashdisk ya untuk menyimpan foto-fotonya.

Tips untuk kalian yang ingin mengunjungi Kalibiru :

  1. Pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang bagus karena disini tidak ada bengkel mobil. Pengemudi juga harus yang jam terbangnya banyak ya, mengingat medan yang dilalui cukup rumit dan pastikan kendaraan kalian adalah manual karena di setiap pos-pos ada penjaga yang akan mengulang pertanyaan yang sama sebelum sampai di Kalibiru yaitu “Mobil yang digunakan manual atau matic”. Keselamatan tetap nomor satu ya!
  2. Waktu yang paling bagus untuk mengunjungi Kalibiru adalah weekdays alias hari biasa bukan hari sabtu dan minggu terlebih hari libur nasional ya. Wisatawan bukan hanya datang dari wisatawan lokal namun juga mancanegara dan bisa membludak saat hari libur. Petugas setempat mengatakan bahwa pada hari libur bahkan jumlah pengunjung bisa sampai 1000an lebih. Gak ingin berdesak-desakan untuk menikmati pemandangan dan ngantri lama untuk menaiki rumah pohonnya kan?
  3. Datanglah di pagi hari, niscaya semua keindahan akan kalian nikmati. Semua spot di sini hanya buka sampai jam setengah 5 sore.
  4. Bawa bekal karena hanya sedikit kedai makanan yang ada disini dan kedia hanya tersedia sebelum loket masuk dan juga bawa tissue. Ingat kalian disini bukan hanya ingin berwisata tapi juga olahraga karena harus naik turun tangga yang banyak J
  5. Bawa kamera yang mumpuni ya agar dapat mengabadikan keindahan Kulon Progo dari dataran tinggi. Kenapa harus mumpuni? Karena letak Kalibiru yang terlalu terkespose sinar matahari akan membuat berbagai spot terlihat gelap jika memakai kamera yang “biasa-biasa” saja.

Selamat berlibur!

Jejak Kalibiru dengan Pemandangan Terpapar Hijau nan Spektakuler4 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Rizky Permata Najatafani

Menyukai petualangan dengan menikmati keindahan alam. A Part time smile maker.