Keseruan yang tak terlupakan, bermain air, jejeritan seru, dan canda tawa menjadi satu, memang tempat ini seperti itu.

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Jogja selain memiliki tempat wisata alam dan budaya yang banyak, ternyata juga memiliki wisata air yang sangat seru. Wisata air ini adalah Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark atau yang biasa disebut dengan Jogja Bay Waterpark. Taman wisata air ini merupakan waterpark yang terbesar di Indonesia dengan luas lahan sekitar 7,7 hektar. Tidak sangka bukan Jogja punya wahana wisata air yang canggih dan terluas?

Sejarah Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark baru saja diresmikan pada Minggu, 20 Desember 2015 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X. Wahana wisata air ini dioperasikan oleh PT. Taman Wisata Jogja. Lokasi Jogja Bay Waterpark ini terdapat di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman. Awalnya, tanah untuk wahana air ini merupakan tanah kas Desa Maguwoharjo.

Di dalamnya terdapat wahana wisata air yang diklaim tercanggih dan terluas di Indonesia. Jogja Bay Waterpark ini di dalamnya terdapat kurang lebih 19 wahana air berbeda. Termasuk juga di dalamnya atraksi 8 jenis ombak besar yang akan membuat liburan makin seru dan menyenangkan. Dengan luas dan kecanggihan berbagai wahana di dalamnya, tidak mengherankan jika meski baru dibuka 1 tahun yang lalu, Jogja Bay Waterpark ini menjadi salah satu destinasi favorit para pengunjung.

Fasilitas yang terdapat di dalamnya sangat lengkap sekali sehingga mampu memanjakan para pengunjung yang datang. Fasilitas yang ditawarkan antara lain, spa, VVIP Cabana, panggung, gazebo, mini pool bar, penyewaan loker, layanan foto, resto, musholla, kamar mandi, shopping center dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Kegiatan Ketika Berada di Jogja Bay Waterpark

Dengan luasnya lahan yang disediakan, tentu saja banyak wahana wisata yang bisa untuk Anda coba di sini. Apa saja yang paling seru untuk dilakukan? Yuk lihat beberapa wahana yang sangat direkomendasikan untuk dijajal keseruannya.

1. Menyaksikan Ikon Karakter Jogja Bay Waterpark di Pertunjukkan Spektakuler

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark menyuguhkan pertunjukan spektakuler yang menampilkan ikon karakter tersendiri yang dimilikinya. Ikon karakter ini bisa disaksikan di Drama Musikal Jose and The Guardians Past In the Future. Drama musikal tersebut menceritakan tentang Story of Jogja Bay dan dapat disaksikan hanya setiap Sabtu dan Minggu pukul 15:00-16:00 WIB.

Karakter-karakter khas dari destinasi wisata ini antara lain Bekti, Gonzo, Lawana, Jose dan masih banyak lagi yang lainnya. Wahana ini sangat cocok sekali untuk anak-anak, wisata dipadu dengan edukasi yang pantas dipilih. Jadi, jika Anda sedang mencari tempat wisata keluarga di Jogja, jangan lupa pilih Jogj Bay Waterpark ini.

 

2. Menjajal Keseruan Berbagai Wahana di Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, taman wisata air ini memiliki kurang lebih 19 wahana yang sangat mengasikkan. Beberapa contoh wahana yang ditawarkan di sini adalah Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo-Timo Rider, Jolie Raft River, Brando Boomeranggo, dan masih banyak yang lainnya.

Ada satu wahana yang paling banyak digemari yakni How to Survive in Tsunami and Earthquake. Wahana ini Anda akan bisa merasakan ganasnya tsunami dan menjajal sendiri tertelan di ombak yang dahsyat. Berbahaya? Tidak sama sekali karena wahana yang terdapat di sini sudah aman dan telah dilakukan pengujian sebelumnya. Bukan hanya menjadi tempat wisata saja, lokasi ini juga bisa menjadi ajang edukasi untuk pengunjung yang datang.

Setiap wahana tentu saja memiliki keseruan tersendiri, jadi sayang sekali jika Anda tidak mencobanya satu per satu. Wahana di Jogja Bay ini sangat seru dan menantang adrenalin, Anda juga tidak perlu was-was dengan keamanannya, semuanya sudah terjamin. Kapan rencananya Anda akan berkunjung?

 

3. Jejeritan Bersama dengan Acara Kelompok di Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Tidak hanya wahana atau permaianan untuk individu saja, di Jogja Bay Waterpark menyediakan acara kelompok yang bisa dinikmati bersama dengan rombongan. Anda bisa berombongan bersama dengan teman-teman, keluarga, ataupun juga rekan kerja. Contoh acara kelopok yang bisa untuk Anda pilih adalah, outbond, corporate, study tour, birthday party, school, edutainment, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Cara Menuju Jogja Bay Waterpark

Untuk bisa berkunjung ke Jogja Bay Waterpark ini, ada rute yang sangat mudah untuk dilalui. Rute ini dimulai dari pusat kota lalu ambil arah Ringroad kemudian ke UPN dan Casagrande. Selanjutnya, setelah sampai di pertigaan ke arah Sanata Dharma, ambil jalan belok arah kiri dan lurus hingga bertemu Universitas Sanata Dharma. Lalu, ambil jalan ke kiri dan jalan lurus sampai kira-kira 300 meter dan Anda akan sampai di tempat tujuan.

Namun jika Anda datang dari arah Klaten atau Solo, arahkan kendaraan ke barat sampai pertigaan Jembatan Layang Janti, kemudian belok kanan pada pertigaan hingga Stadion Maguwoharjo, dan Jogja Bay Waterpark sudah berada di sebelah utara Stadion Maguwoharjo.

Sedangkan untuk Anda yang datang dari arah barat seperti Purworejo, arahkan kendaraan ke Ringroad Utara sampai bertemu dengan Stadion Maguwoharjo. Dari situ, Anda sudah melihat Jogja Bay berdiri dengan kokohnya. Tidak terlalu sulit mencarinya karena bangunannya yang sangat luas dan besar.

Jam buka, weekdays 09:00-18:00 WIB
Jam buka, weekends 08:00-18:00WIB

Tips Berkunjung ke Jogja Bay Waterpark

Agar wisata Anda tetap nyaman dan menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa untuk dilakukan. Apa saja itu,

  • Jangan lupa untuk membawa pakaian renang berbahan nylon/lycra untuk kenyamanan saat bermain air
  • Tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman dari rumah, jadi ada baiknya untuk makan terlebih dahulu agar pengeluaran tidak boros
  • Ingat, bagi yang merokok perhatikan tanda baik-baik karena tidak semua lokasi diperbolehkan untuk merokok
  • Karena akan lama bermain di bawah terik matahari, lebih baik pergunakan sunblock atau tabir surya
  • Selalu perhatiakn syarat wahana yang akan dicoba. Setiap wahana biasanya memiliki peraturan sendiri-sendiri yang harus dipenuhi
  • Pilih wahana yang sesuai, contohnya saja jika Anda belum mahir berenang ada baiknya untuk bermain yang tidak terlalu dalam
  • Ketika datang saat hari libur, usahan untuk berangkat lebih pagi untuk menghindari antrian yang mengular
  • Jangan membawa barang berharga saat berkunjung pada hari libur

 

Harga Tiket Update Terbaru di Jogja Bay Waterpark

Saat muai beroperasi, tiket untuk anak-anak Rp 60.000 sedangkan untuk dewasa Rp. 90.000. Sementara untuk anak-anak di bawah 2 tahun masih gratis. Namun, update terbaru menyebutkan jika harga sudah mencapai Rp 100.000 untuk anak-anak di atas dua tahun, dan Rp 135.000 untuk dewasa. Harga naik mulai dari tanggal 1 Juli 2016 yang lalu. Harga bisa dibilang relative mahal, namun keseruan dan keceriaan yang akan Anda dapatkan sepadan dengan yang dibayarkan.

Jajal Keseruan Taman Air Terbesar di Indonesia, Jogja Bay Waterpark5 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.