Ketenangan dan keindahan alam berbaur menjadi satu kesatuan yang sangat menyejukkan jiwa, hutan Pinus Imogiri jadi surga para pecinta ketenangan.

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Hutan Pinus Imogiri atau yang disebut juga dengan Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang digemari oleh muda-mudi dan para traveler. Keindahan alamnya yang berhiasakan dengan jajaran pohon pinus yang tegak menjulang menjadi spot selfie yang sangat Instagram-able. Lokasi yang sangat indah nan mengagumkan, cocok untuk jadi destinasi saat ingin jalan-jalan.

 

Sejarah Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Sebelum menjadi destinasi wisata yang sangat hits seperti sekarang ini, Hutan Pinus Imogiri dahulunya merupakan tanah tandus. Lalu pemerintah setempat mengadakan upaya reboisasi untuk menanam pohon, beberapa pohon yang ada di sini antara lain mahoni, kemiri, kayu putih, akasia dan yang paling mendominasi adalah pinus ini.

Luas lahan yang direboisasi ini kurang lebih 500 Ha. Tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung, hutan ini jadi sebuah destinasi wisata. Hingga akhirnya seperti sampai sekarang ini, Hutan Pinus Imogiri jadi lokasi yang sangat hits untuk berwisata. Banyak muda mudi yang datang ke sini karena mendengar kabar keelokannya di berbagai sosial media.

Tidak hanya untuk berwisata saja, banyak pasangan yang akan menikah menjadikan lokasi yang sangat cantik ini sebagai loksi pre-wedding. Ada juga mereka yang menjadikan lokasi ini untuk syuting layar lebar ataupun juga FTV. Beberapa photographer juga sering menjadikan lokasi ini sebagai tempat berburu potret-potret yang cantik jelita.

Semakin ke sini, hutan pinus yang dahulunya sangat biasa sekarang menjelma menjadi destinasi wisata yang mempesona. Ada gazebo, hammock, gardu pandang, panggung pertunjukan dan beberapa diantaranya. Fasilitas di sini memang dibilang sederhana, namun meski begitu hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang.

 

Kegiatan Ketika Berada di Hutan Pinus Imogiri

Hutan pinus selalu berhasil menyuguhkan pesona yang tak terlupakan oleh para pengunjungnya. Dekorasi alam yang tertata amat sempurna, tak pelak membuat Hutan Pinus Imogiri ini jadi favorit para wisatawan yang berdatangan. Inilah hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika memutuskan untuk jalan-jalan ke Hutan Pinus Imogiri.

Hunting Foto Instagram-genic di Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Suasana di Hutan Pinus Imogiri

Memang, satu hal yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang ke sini adalah hunting foto. Dengan pemandangan bak nirwana, Hutan Pinus Imogiri ini memang memberikan hasil foto yang sangat cantik. Apalagi saat pagi hari, kabut-kabut yang terlihat akan menghasilkan foto yang bernuansa gothic. Hutan-hutan Pacific Northwest akan terasa di sini.

Anda akan tetap bisa mendapatkan foto yang bagus dengan gaya apapun. Karena pemandangan di sini memang sangat mendukung dan rekomended. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak hanya untuk selfie-selfie saja, lokasi wisata ini juga digunakan untuk keperluan berbau komersil, contohnya saja iklan.

Menelusuri Sejarah pada Masa Lampau, Mata Air Bengkung

Masih berada dalam satu lokasi dengan Hutan Pinus Imogiri, sayang sekali untuk dilewatkan berwisata sejarah di Mata Air Bengkung. Konon, sumber mata air ini dahulunya merupakan lokasi pertapaan yang digunakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Pada tahun 1925-1930, Belanda menemukan situs mata air ini dan sempat melakukan pembangunan.

Ada mitos yang sampai sekarang ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar, yakni bagi siapa saja yang membasuh muka atau meminum air dari sumber ini wajahnya akan berseri-seri dan awet muda. Soal percaya atau tidak itu tergantung pada Anda ya.

Bersantai di Hammock yang Terdapat di Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Habiskan waktu seru di Hutan Pinus Imogiri

Di dalam hutan pinus ini, hammock bisa dimanfaatkan untuk besantai. Menikmati suasana hutan yang sangat tenang dan menyejukkan jiwa. Tidak jarang, hammock ini menjadi lokasi pelepas lelah para wisatawan yang telah menyusuri hutan pinus. Tidak ketinggalan jua, para wisatawan yang datang ke sini memanfaatkan hammock ini sebagai spot untuk berfoto. Hammock yang sangat multiguna bukan?

 

Berburu Fajar di Sela-Sela Reirimbunan Hutan Pinus

Hutan Pinus Imogiri

Best view Hutan Pinus Imogiri

Suasanan pagi hari yang magis, bisa Anda dapatkan di lokasi ini. Saat fajar mulai menyingsing, teriknya menyelinap di sela-sela hutan pinus yang lebat. Sinar-sinar matahari yang jatuh ke tanah ini menjadikan pemandangan yang sangat eksotis dipadu dengan kabut yang seakan hendak pergi. Suasana yang muncul sangat menentramkan jiwa.

Sunrise yang sangat indah dikombinasikan dengan hutan pinus yang sangat cantik, menjadikan lokasi ini jadi hits dan semakin digemari. Bagi yang membawa kamera, pemandangan ini sangat mubazir jika dilewatkan. Fajar yang syahdu dan membuat orang yang datang jadi merindu.

 

Menyaksikkan Keindahan Hutan dari Gardu Pandang

Gardu Pandang di Hutan Pinus Imogiri

Gardu Pandang di Hutan Pinus Imogiri

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan di Hutan Imogiri ini, yaitu naik ke gardu pandang. Dari atas gardu pandang, Anda akan bisa menyesapi keindahan hutan dari atas ketinggian. Dari atas, Anda juga bisa berburu foto-foto cantik nan memikat dari hutan pinus ini. Meski bisa dibilang gardu pandang sederhana, tidak akan mengurangi keeksotisan dari pemandangan yang ditawarkan oleh Hutan Pinus Imogiri.

 

Cara Menuju ke Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri ini berlokasi di Desa Imogiri, Dling, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan wisata Kebun Buah Imogiri. Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Jogja. Sayangnya, belum ada transportasi umum untuk menjangkau destinasi ini. Jadi, mau tidak mau Anda harus memakai kendaraan pribadi ataupun menyewanya.

Rutenya, dari pusat kota Jogja selanjutnya ambil jalur ke Terminal Yogyakarta lalu ke Jalan Imogiri Timur dan di pertigaan Imogori belok ke arah Makam Raja Imogiri, setelah itu ke Imogiri langsung menuju ke Hutan Pinus Imogiri. Buka setiap hari tanpa terkecuali. Tidak ada tiket yang ditarik, hanya saja Anda diminta untuk membayar parkir kendaraan.

 

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri

Karena ini merupakan lokasi hutan lindung yang sekaligus tempat wisata, Anda perlu tahu beberapa tipsnya agar bisa menikmati jalan-jalan tanpa ada hambatan.

  • Wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan di kawasan hutan ini
  • Dilarang menyalakan api agar keamanan hutan tetap terkendali. Bagi para perokok diharap waspada dan tidak membuat puntung rokok sembarangan, bisa mengakibatkan kebakaran hutan
  • Sebaiknya, bawalah makanan atau bekal dari rumah karena memang jarang ditemui penjual di sekitar lokasi. Mungkin yang ada hanya beberapa camilan kecil seperti cilok dan juga siomay. Dan para penjual ini tidak selalu ada.
  • Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi karena memang tidak dilewati oleh kendaraan umum
  • Bawalah sepatu yang nyaman agar perjalanan tetap aman
  • Jangan lupa membawa jaket atau baju hangat karena udara di pagi hari cukup dingin
  • Isi penuh baterai smartphone atau kamera karena Anda tidak akan kehabisan spot yang bagus untuk sekedar berfoto.
5 min readTrip ke Spot Selfie Instagramable di Bantul, Hutan Pinus Imogiri
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.