Ishibutai Kofun

6 Destinasi di Nara yang Eksotis dan Penuh Daya Tarik

Kota Nara terkenal sebagai kota budaya di Jepang. Pasalnya, ada banyak tempat bersejarah di kota ini, misalnya Kuil Todaiji. Nara juga sangat mudah diakses dari Osaka atau Kyoto. Daya tarik Nara lainnya adalah pada suasana syahdu yang terasa di tiap sudut kota. Ritme kehidupan di daerah ini seakan lebih lambat dan tenang.

Untuk menuju ke Nara, Anda dapat menggunakan transportasi udara dan tiba di Bandara Kansai. Ada pula pilihan transportasi kereta dari Kyoto atau Kobe. Ingin lebih santai menikmati perjalanan, gunakan bus dari Tokyo. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 7-8 jam. Lalu, apa saja tempat wisata di Nara yang wajib Anda kunjungi? Simak ulasannya berikut ini.

Gunung Yoshino

Berkunjung ke Jepang tidak akan afdal jika belum melihat sakura bermekaran. Nah, tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan bunga-bunga ini adalah Gunung Yoshino. Ada sekitar 30.000 batang sakura dari 200 jenis yang ada di area ini. Pada musim semi, seluruh bunga dari pepohonan ini akan mekar sehingga menghasilkan pemandangan yang sangat cantik.

Gunung Yoshino
Gunung Yoshino

Waktu mekar sakura di Gunung Yoshino tidak sama. Berdasarkan waktu tersebut, area gunung ini dibagi atas 4 kelompok, yaitu shimosenbon atau area bawah, kamisenbon atau area atas, nakasenbon atau area tengah, dan okusenbon atau area dalam. Sakura akan mulai mekar dari shimonsenbon. Sakura yang mekar terakhir adalah yang tumbuh di area okosenbon.

Selain menikmati keindahan sakura, Anda juga dapat menyaksikan berbagai festival seru seperti Kaerutobi Gyoji atau kompetisi lompat kodok, Festival Tanabata, dan Yoshino Cherry Lantern Festival. Pemandangan di sekitar Gunung Yoshino pada musim gugur pun tampak sangat cantik. Anda bisa menyaksikan dari dekat dengan menumpang ropeway.

Ishibutai Kofun

Tempat menarik lain yang terletak di wilayah Nara adalah Ishibutai Kofun. Ini merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Asukamura. Awalnya tempat ini merupakan gundukan tanah yang hancur dan hanya menyisakan pondasi kofun (makam) yang berasal dari batu. Ada lebih dari 30 batu yang tertumpuk dengan berat sekitar 2.300 ton.

Ishibutai Kofun
Ishibutai Kofun

Oleh masyarakat setempat, kofun ini diyakini sebagai makam Soga no Umako, yaitu seorang tokoh penting dan pemegang kekuasaan di Nara pada zaman dahulu. Keunikan tempat ini membuat para turis berdatangan ke Ishibutai Kofun. Nah, jika Anda berlibur ke Jepang, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan langsung tempat ini.

Naramachi

Naramachi berada di area bekas Kuil Gangoji. Kuil ini adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Jepang. Sebagian genteng yang menyusun kuil Gangoji masih asli sehingga diperkirakan sebagai genteng berusia paling tua saat ini di Jepang.

Para pengunjung dapat melihat langsung eksotisme kuil di Naramachi. Bukan hanya melihat langsung struktur bangunan yang sempit dan panjang, Anda pun bisa merasakan suasana pada masa lampau di Nara. Namun, ada pula kafe, toko, dan studio kerajinan yang telah dibangun di kawasan wisata ini untuk mendukung kegiatan pariwisata.

Naramachi
Naramachi

Uniknya, Anda bisa melihat sebuah boneka berwarna merah di tiap atap rumah di Naramachi. Ternyata, boneka merah ini dipercaya dapat menghindarkan penghuni rumah dari musibah kebakaran.

Heijo-Kyo

Anda bisa menyaksikan hasil rekonstruksi bangunan pemerintahan ibu kota Jepang pada zaman dahulu di Heijo-Kyo. Ada sejumlah bangunan yang masih berdiri saat ini, yaitu Daigokuden Hall, Gerbang Suzakumon, dan Taman Toin-teien.

Heijo-Kyo
Heijo-Kyo

Anda juga bisa melihat langsung arsip-arsip yang menjelaskan proses rekonstruksi Heijo_kyo. Bangunan yang menyimpan dokumen tersebut adalah Heijo Palace Site Museum dan Excavation Site Exhibition Hall. Di tempat ini, suasana pada masa lampau terasa sangat kental.

Taman Nara

Objek wisata yang tak boleh dilupakan saat berlibur ke Nara adalah Taman Nara. Kawasan wisata ini sangat luas dan mencakup sejumlah tempat bersejarah, seperti Kuil Todaiji, Kuil Kasuga Taisha, Kuil Shosoin, dan Kuil Kofukuji. Kuil-kuil ini telah terdaftar dalam Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Taman Nara
Taman Nara

Kuil Todaiji merupakan bangunan bersejarah yang telah ada sejak abad ke-8. Kuil ini terdiri atas beberapa bangunan, yaitu Daibutsu-den, Hokke-do Hall, dan Nigatsu-do Hall. Daibutsu-den adalah bangunan kayu yang disebut-sebut paling besar di dunia. Hokke-do Hall adalah pahatan yang menakjubkan. Sementara itu, Nigatsu-do Hall adalah tempat yang biasanya menjadi arena omizutori atau water drawing.

Selain itu, Anda pun bisa mengunjungi Ukimi do Hall dan Taman Asajigahara yang sangat indah. Bahkan, di kawasan ini juga terdapat Nara National Museum. Jangan lupa, Anda juga dapat menikmati pemandangan unik dari ribuan rusa yang hidup di area taman. Itulah sebabnya, berkunjung ke Taman Nara dalam waktu singkat pasti akan kurang memuaskan.

Patung Miroku Bosatsu

Di Kuil Chuguji, Anda bisa menyaksikan patung Miroku Bosatsu yang berasal dari kayu. Patung ini tampak seperti “The Thinker” hasil karya Rodin. Ada pula yang menyebutnya “Penyair dari Timur”. Patung ini sangat unik terutama karena bagian wajah patung memiliki senyum khas yang dikenal sebagai “archaic smile”. Karena kelebihannya itu, patung Miroku Bosatsu dinilai sebagai pahatan terbaik pada masa itu.

Nah, inilah sejumlah tempat wisata di Nara yang menarik untuk Anda kunjungi. Supaya liburan di Nara semakin seru, ikuti pula sejumlah acara atau festival menarik yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu, seperti The Burning of Mount Wakakusa, Festival Kasuga, atau Festival Nara Tokae. Selamat menikmati!

Add comment