“Gemuruh Pemecah Kesunyian yang Indah Nan Memikat Hati, Air Terjun  Sri Gethuk Selalu Membuat Hati Ingin Kembali”

   Yuni Astutik, Travel Blogger, Content Writer

Air Terjun Sri Gethuk memiliki keelokan panorama yang sering kali disandingkan dengan Grand Canyon Arizona, Amerika Serikat. Seperti halnya Grand Canyon yang sepaket dengan Sungai Colorado, Air Terjun Sri Gethuk ini juga dihiasi oleh Sungai Oya. Keelokan khas tebing-tebing tinggi yang seakan dibelah oleh adanya sungai membuat Air Terjun ini sangat istimewa. Jika dilihat dari kejauhan, keelokan yang dimiliki oleh Air Terjun Sri Gethuk ini bak lukisan hidup.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Nama Gethuk sendiri berasal dari kata Kethuk, yaitu merupakan salah satu alat musik gamelan yang berasal dari Jawa. Konon pada zaman dahulu, Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan lokasi yang angker dan tidak terjamah karena merupakan sebuah kerajaan jin. Dan pemimpin dari jin tersebut adalah Anggo Menduro yang konon sangat menyukai berbagai kesenian, terutama musik.

Di Air Terjun Si Gethuk inilah konon mereka suka mengadakan pagelaran musik dan memainkan alat-alatnya seperti gamelan. Suara musik tersebut konon masih terdengar hingga sekarang sampai ke Desa Bleberan yang terdapat di sekitarnya. Namun, jika didekati suara keramaian tersebut akan menghilang.

Nah, pada suatu hari terjadi huru-hara yang menyebabkan alat musik mereka yang bernama Kethuk hilang tidak tahu kemana. Dan sejak saat itulah, daerah ini disebut sebagai Kethuk. Lalu untuk penambahan kata Sri ini hanya untuk mempermudah pemanggilannya saja. Nama daerah tersebut aslinya adalah Sri Kethuk namun masyarakat sekitar lebih senang menyebutnya sebagai Sri Gethuk lantaran jauh lebih mudah pelafalannya.

 Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter, sehingga gemuruhnya menggelegar bisa didengar dari jarak yang cukup jauh. Air Terjun Sri Gethuk ini sendiri mulai resmi dibuka pada tahun 2007. Sejak dibukannya sampai sekarang ini, Air Terjun Sri Gethuk masih ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya pemandangannya saja yang sangat indah, harga tiket masuknya juga murah meriah hanya Rp. 5.000 saja.

Kegiatan Ketika Berada di Air Terjun Sri Gethuk

Pemandangan di sini memang sangat indah, hal tersebut memang menjadi daya tarik utama yang dimiliki oleh Air Terjun Sri Getuk. Tak hanya alamn indah saja yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini, Anda bisa menjajal berbagai ativitas seru di sini. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Menyusuri Sungai dengan Menggunakan Rakit

Susuri Air Terjun Sri Gethuk dengan Rakit

Susuri Air Terjun Sri Gethuk dengan Rakit

Hal pertama akan sangat menarik perhatian Anda adalah menyusuri sungai dengan menggunakan rakit sederhana. Rakit ini sudah disediakan oleh pihak pengelola. Anda akan menyusuri Sungai Oya dengan rakit ini untuk bisa datang ke Air Terjun Sri Gethuk yang memang lokasinya berada di tebing sungai.

Menyusuri sungai dengan rakit tentu saja menjadi pengalaman tersendiri bukan? Apalagi jika airnya sedang jernih, Anda akan bisa melihat pemandangan bawah sungai yang mempesona. Perpaduan bebatuan dan rumput di dasar sungai akan mambuat jiwa serasa tentram dan tenang. Ditambah lagi tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadi pemandangan tersendiri.

Tantang Nyali dengan Mencoba Cliff Jumping

Cliff Jumping di Air Terjun Sri Gethuk

Cliff Jumping di Air Terjun Sri Gethuk

Bagi Anda yang gemar menantang adrenalin, ada aktivitas seru yang bisa untuk dicoba yaitu Cliff Jumping. Anda akan bisa merasakan sensari ‘terbang’ dari tebing atau bebatuan untuk menceburkan diri ke sungai Oya. Di sini ada beberapa ketinggian berbeda, tentu saja bagi pemula dan yang sudah mahir ada levelnya sendiri ya. Bagi pemula, bisa melompat dari tebing yang tidak terlalu tinggi. Tapi, bagi yang sudah mahir bisa menjajal melompat dari tebing dengan ketinggian 3-5 meter.

Untuk naik ke bagian atasnya, Anda harus memanfaatkan tali. Tetapi tunggu, Anda harus memakai pelampung terlebih dahulu sebagai jaga-jaga. Tapi, kalau merasa sudah mahir berenang tidak memakai pelampung juga tidak apa-apa. Hap, sekali melompat Anda akan ketagihan mencobanya lagi dan lagi.

 

Mencicipi Derasnya Air Terjun Sri Gethuk dengan Canyoning

Selain melakukan Cliff Jumping, Anda juga bisa menantang nyali dengan canyoning. Anda bisa menuruni tebing dengan menggunakan tali dibawah derasnya guyuran air terjun. Kelegaan tersendiri bagi Anda yang bisa menyelesaikan aktivitas yang sangat seru ini.

Bagi Anda yang ingin menjajal keseruan canyoning di sini, hal yang utama adalah lapor ke pengelola dan menyiapkan perlatan secara lengkap. Jika tidak membawa perlatan, pengelola menyewakannya. Selain cliff jumping, Anda juga bisa mencoba body rafting ataupn river tubing. Sama-sama menyenangkan dan akan membangkitkan jiwa muda.

 

Trekking Seru Menunju ke Air Terjun Sri Gethuk

Tidak hanya menggunakan rakit saja, Anda juga bisa trekking untuk ke lokasi dengan start tempat parkir. Menggunakan rakit akan sampai di Air Terjun secara langsung, namun ketika menempuh jalur trekking Anda akan langsung ke sumber air yang bearada di atas air terjun. Meskipun begitu, Anda tetap bisa bermain di bawah air tejun dengan menuruni anak tangga yang berada di tebing hingga air terjun.

Mencoba Kenikmatan Kuliner Khas Air Terjun Sri Gethuk

Tiwul merupakan kuliner khas dari Gunungkidul yang bisa Anda coba saat berkunjung. Tiwul sendiri merupakan makanan pengganti nasi yang terbuat dari singkong batang. Biasanya, tiwul disajikan dengan urap sayur sambal dan dilengkapi dengan lauk ikan asin atau bakar. Harganya sangat murah dan rasanya begitu wah. Aktivitas yang sangat seru dan sayang jika dilewatkan ya.

Cara Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota, destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 36 km yang bisa ditempuh kurang lebih 1, 5 -2 jam. Rute termudah yang bisa untuk Anda ambil,

Jalan Wonosari ke Piyungan selanjutnya ke Bukit Bintang sampai Pertigaan Gading belok ke kanan lanjut ke Playen dan beberapa saat akan sampai di Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk Anda bisa memilih menggunakan rakit atau trekking.

 

Tips Berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk

Tujuan traveling memang sangat bermacam-macam, mulai dari menghilangkan penat, hobi, sekedar jalan-jalan dan lain sebagainya. Tetapi tentu saja semua orang ingin merasakan traveling yang menyenangkan bukan? Untuk itu akan diberikan beberapa tips yang bakal memudahkan Anda saat berencana traveling atau bepergian ke Air Terjun Sri Gethuk ini.

  • Pelangi di air terjun sering kali terlihat, bagi Anda yang ingin menyaksikannya datanglah di atas pukul 1 siang ketika matahari sedang terik-teriknya
  • Waktu yang paling tepat datang ke sini adalah musim kemarau, arus air tidak terlalu deras dan kondisinya jernih
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti agar Anda bisa bermain air
  • Siapkan dry bag atau kantong plastik untuk membawa baju basah
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman
  • Sebaikya berhati-hati dengan bebatuan karena cukup licin dan bisa membuat Anda tergelincir
  • Jangan membuang sampah sembarangan

 

Air Terjun Sri Gethuk: Berkunjung ke Green Canyon-nya Jogja5 min read
5 (100%) 1 vote

About the author

Yuni Astutik

Anak sastra yang tidak puitis apalagi romantis. Suka menulis, pecinta gerimis tapi gak suka yang manis-manis.